Categories
Masalah Teknis

3 Penyebab Motor Matic Ngempos Saat Digas yang Perlu Diperhatikan

Motor matic merupakan salah satu jenis motor yang memang sangat populer sekarang ini dibandingkan dengan jenis motor di seluruh dunia lain yang beredar di pasaran Indonesia. Motor matic menjadi sangat populer dan diminati oleh masyarakat karena kelebihan kelebihan yang dimilikinya dibandingkan dengan motor jenis lain seperti motor manual maupun motor sport atau motor kopling. Mudah digunakan, bentuknya yang menarik, tidak perlu oper gigi, lebih simpel dengan design futuristik merupakan sebagai kelebihan dan alasan masyarakat menaruh minat lebih pada jenis motor matic dibanding yang lain.

Sama halnya dengan jenis sepeda motor lainnya, motor matic tentu pernah mengalami kondisi yang menjadikan motor tersebut tidak nyaman untuk digunakan sehingga sangat mengganggu bagi pengendaranya. Salah satu permasalahan yang kerap kali terjadi pada motor matic adalah kondisi dimana motor menjadi ngempos saat gas ditarik. Kondisi tersebut bukan hanya menyebabkan keadaan tidak nyaman namun juga dapat membahayakan pengendaranya sehingga harus segera diatas. Berikut penjelasan mengenai penyebab motor matic ngemos saat digas dan beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait permasalahan pada motor matic tersebut dalam ulasan di bawah ini.

1. Vainbelt mengalami kerusakan

Penyebab pertama yang paling mudah dicek dari kondisi motor matic ngempos saat digas adalah Vainbelt yang bermasalah. Pada motor matic, vanbelt adalah kabel berbahan karet yang digunakan sebagai pengerak untuk menghubungakan mesin motor matic dengan roda dan menjadi bagian motor yang bertanggunjawab terhadap konversi energi serta performa mesin kepada putasan roda motor. Fungsi vanbelt tersebut sama dengan fungsi dari rantai pada motor manual. Kondisi vanbelt yang bermasalah seperti putus atau aus dapat menjadi penyebab tarikan motor ngempos karena tugas utama kabel pengerak tersebut tidak berlangsung dengan normal.

2. Kompresi mesin berkurang

Kompresi motor yang berkurang merupakan penyebab selanjutnya mengalapa motor matic mengalami kondisi ngempos. Kompresi mesin secara definsi, merupakan sebuah tekanan yang dihasilkan oleh piston mesin motor matic ketika gas dan udara dipadatkan volumenya menjadi sangat kecil dalam proses yang terjadi di dalam mesin. Proses kompresi motor matic tersebut sangat berpengaruh pada tenaga yang dihasilkan oleh motor matic. Dengan kondisi hilangnya kompresi pada motor matic akan memicu muculnya kondisi tarikan motor menjadi ngempos dan berat terutama di tarikan atas, motor di gas ngeden, hingga tiba tiba motor matic menjadi mati seketika.

3. Masalah pada komponen pembakaran

Jika dalam pemeriksaan, pemicu yang disebutkan diatas bukan penyebabkan maka keadaan utama yang dapat menjadikan motor matic mengalami kondisi ngempos ketika digas terutama untuk motor motor matic usia kuat adalah karena adanya masalah pada komponen pembakaran di dalam mesin motor. Masalah pada komponen pembakaran motor tersebut menyebabkan Sistem pembakaran yang tidak optimal di motor matic sehingga tenaga yang dihasilkan menjadi oleh motor pun menjadi tidak maksimal. Beberapa komponen pembakaran yang sering mengalami masalah sehingga memicu motor matic ngempos diantaranya seperti :

  • Karburator

Beberapa motor matic lama yang sering mengalami kondisi ngempos masing menggunakan sistem karburator dan belum menerapkan injeksi pada mesinnya. Masalah yang dapat terjadi pada komponen karburator motor matic diantaranya seperti seperti kemasukan air dan tersumbat kotoran sehingga dapat menyebabkan fungsi utama karburator menjadi terganggu. Fungsi karburator adalah mencampur bahan bakar dengan udara pada jenis mesin sehingga dapat terjadi proses pembakaran. Dengan adanya masalah pada karburator maka pembakaran tidak akan berlangsung secara maksimal sehingga menjadikan motor matic ngempos.

  • Fuel Pump

Bagian dalam komponen pembakaran lain yang juga dapat menyebakan motor menjadi ngempos adalah fuel pump. Komponen tersebut merupakan bagian dari mesin motor matic injeksi yang memiliki fungsi untuk memompa bensin ke bagian injektor yang akan diteruskan ke bagain pembakaran sehingga proses pembakaran berlangsung dengan baik. Masalah pada fuel pump seperti tekanan yang kurang dapat menyebabkan mesin menjadi kekurangan bahan bakar untuk dibakar sehingga tekanan motor berkurang dan menyebabkan motor matic ngempos.

  • Pilot Jet

Pada sistem motor matic, kita juga mengenal adanya komponen plot jet dalam bagian pembakaran yang bertanggung jawab terhadap penyaluran bahan bakar ke dalam mesin motor untuk selanjutnya dibakar. Permasalahan pada pilot jet juga dapat menyebabkan motor matic mengalami kondisi ngempos. Masalah yang kerap kali terjadi pada bagian tersebut diantaranya seperti pilot jet yang buntu ataupun rusak. Rusaknya komponen pilot jet yang merupakan bagian dari sistem pembakaran tersebut juga menjadi salah satu penyebab motor boros.

  • CDI dan Busi

Komponen mesin lain yang sebaiknya diperiksa ketika motor matic mengalami kondisi ngempos adalah bagian CDI dan Busi. Kedua bagian tersebut berfungsi untuk menyediakan pengapian pada proses pembakaran di dalam mesin. Rusaknya kedua komponen tersebut dapat menyebabkan pembakaran menjadi tidak maksimal sehingga motor kurang tenaga meskipun gas sudah ditarik penuh.

  • Filter Udara

Filter udara merupakan bagian yang berfungsi menyaring udara yang masuk kedalam mesin dalam peruntukannya untuk proses pembakaran. Masalah pada filter udara seperti tersumbatnya dapat menyebabkan proses pengapian menjadi tidak maksimal sehingga energi dan tenaga yang dihasilkan pun juga tidak kuat. Selain filter udara, bagian lain yang juga dapat menyebabkan motor matic menjadi ngempos ketika bermasalah adalah jarum skep yang berfungsi mengatur suplai gas dan bahan bakar ke mesin maupun spul yang berperan untuk proses pengapian.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab motor matic ngempos saat digas yang perlu dipahami dan diperhatikan untuk dapat mengatasi keadaan tersebut menjadi normal kembali.

Leave a Reply