Sponsors Link

6 Penyebab Motor Matic Mati Mendadak yang Harus Diperhatikan

Sponsors Link

Ada berbagai macam jenis sepeda motor di seluruh dunia yang bisa membantu aktivitas anda sehari-hari atau anda yang ingin bepergian. Memang pada umumnya kendaraan yang bisa membantu kita untuk bepergian adalah kendaraan beroda dua atau motor. Apalagi perjalanan anda yang selalu terkena macet, maka dari itu kami mengatakan bahwa motor sangat menunjang untuk aktivitas kita sehari-hari.

Ini dikarenakan motor memiliki ukuran yang kecil, sehingga anda bisa mengambil jalan yang sempit. Walaupun demikian, pasti anda juga merasa takut ketika mengendara motor pada saat motor mati mendadak. Namun bagi anda yang menggunakan motor persneling, anda bisa manfaat penggunaan persneling pada motor agar motor anda tidak akan mendadak mati.

Berbicara tentang motor yang sering mati, kini kami akan membahas penyebab dari motor matic yang mendadak mati. Mungkin anda bertanya “kok motor matic saya mendadak mati”, penyebabnya apa ya? Hal yang pertama anda harus mengetahui beberapa komponen motor matic yang paling mudah rusak. Sehingga anda bisa mengerti dengan keadaan motor matic yang mendadak mati.

Apakah anda menggunakan motor matic? Kalau iya, pasti anda sudah tahu komponen motor matic beserta penjelasan dan fungsinya. Bagi anda yang belum mengetahui, kami sarankan kepada anda mempelajari terlebih dahulu komponen motor matic. Sehingga ketika sudah masuk dalam pembahasan mengenai penyebab motor matic mendadak mati, anda bisa mengerti dengan gangguan/kerusakan pada komponen-komponen motor matic. Nah dibawah ini merupakan penyebab-penyebab dari motor matic yang mendadak mati.

1. Bahan Bakar yang Tidak Sesuai

Memang pada umumnya jenis kendaraan memerlukan bahan bakar agar bisa berjalan atau kendaraan akan bekerja. Mungkin anda telah merawat motor matic anda dengan berhati-hati dan tiba-tiba saja motor matic anda mendadak mati. Ini biasanya hal yang pertama anda selalu memakai bahan bakar yang tidak sesuai, sehingga membuat motor matic anda mendadak mati.

Mungkin motor matic anda menggunakan premium anda isi pertalite, begitu juga sebaliknya. Untuk mengetahui bahan bakar apa yang digunakan oleh motor matic, anda bisa membaca pada buku panduan yang diberikan kepada anda pada saat anda membeli atau menerima motor matic anda.

2. Ring Piston Kering

Untuk penyebab berikutnya karena salah satu komponen mesin motor yang rusak atau gangguan. Mungkin terdapat pada bagian Ring Piston yang sudah kering, sehingga motor matic anda mati secara mendadak. Ring piston yang kering terjadi karena mesin motor anda overheat dan membuat sirkulasi oli yang ada didalam sebuah mesin tersumbat. Maka dari itu, ini akan membuat ring pistonnya menjadi kering dan mengakibatkan motor matic anda mendadak mati. Nah ketika ring piston anda sudah kering, sebaiknya anda langsung menggantikan yang baru.

3. Kerusakan Pada Kompresi

Kompresi yang rusak atau bocor juga akan membuat motor matic kita mendadak mati pada saat berkendara atau dalam perjalanan. Ketika masalah ini terjadi sebaiknya anda langsung saja ke bengkel atau dealer terdekat anda. Jangan dibiarkan ketika kompresi motor anda bocor atau rusak. Kemungkinan besar ini akan berisiko tinggi pada komponen motor lainnya, akibat anda membiarkan kompresi motor anda bocor.

Kompresi motor yang bocor juga bisa terjadi karena adanya pemakaian motor yang tidak berhati atau ugal-ugalan. Selain itu, kompresi motor yang sering bocor karena motor matic anda yang sudah tua, sehingga motor matic anda akan mendapatkan kebocoran pada kompresi motor matic anda dan membuat motor matic anda akan mendadak mati pada saat anda dalam perjalanan.

4. Ruang Bakar Kotor

Selain kompresi yang rusak motor matic yang mendadak mati terjadi juga pada ruang bakar yang kotor atau ruang bakar pada motor anda sudah berkarat. Ini terjadi ketika sisa pada pembakaran yang tidak sempurna, sehingga menimbulkan kerat atau kotoran pada ruang bakar. Mungkin juga terjadi seperti di poin yang pertama tadi “bahan bakar yang tidak sesuai” atau bahan bakar yang tidak berkualitas pada mesin motor matic kita.

Selain itu, ruang bakar kotor juga terjadi karena ada banyak unsur sulfur dan parafin yang masuk ke ruang bakar, sehingga terjadinya ruang bakar yang penuh dengan kerat atau kotor. Uap oli atau oli dan juga debu pada ruang bakar akan menimbulkan kerat yang datang dari isapan pada intake. Ketika ruang bakar kotor, ini akan membuat motor matic anda mendadak mati.

5. Mesin Motor Brebet

Mesin motor matic anda brebet? Ini berarti tanda-tanda motor matic anda akan mati. Karena mesin motor matic yang brebet akan menjadi salah satu gejala dari motor matic anda yang mendadak mati. Motor yang brebet bisa terjadi penyebab mesin motor bunyi klotok dan cara mengatasinya sangat mudah. Bahkan ini bisa terjadi motor matic anda akan mendadak mati.

Pada saat suara mesin dari motor matic anda akan brebet, pembakaran tidak akan terjadi dengan sempurna. Ini disebabkan karena power yang rendah akan mengakibatkan piston serta kompresi tidak berjalan atau terhenti. Makanya motor matic anda selalu mendadak mati pada saat dinyalakan atau dalam perjalanan.

6. Penyumbatan Pada Karburator

Penyebab motor matic anda yang mendadak mati, bisa saja terjadi ketika karburator motor yang tersumbat. Karena salah satu penyebab motor matic anda mendadak mati, disebabkan oleh tersumbatnya saluran bahan bakar pada mesin yang menuju ke karburator. Penyumbatan pada karburator terjadi karena terdapat kotoran pada bagian selang bensin yang menuju karburator, sehingga bahan bakar tidak berjalan dengan normal dan mengakibatkan motor matic kita mendadak mati.

Itulah yang bisa kami berikan kepada anda semua dan untuk kesimpulan dari pembahasan kali ini, bahwa kita memang perlu merawat motor matic dan beberapa cara merawat motor matic agar awet juga sangat simpel atau mudah. Memang sangat sulit untuk merawat motor matic, tapi mau gimana lagi namanya juga ingin motor matic anda terjaga dan nyaman pada saat dikendarai, tentu saja kita harus merawatnya.

Kemungkinan besar juga akan terjadi mesin motor anda yang rusak karena tidak dirawat sepenuhnya. Sebaiknya anda juga harus cepat mengecek mesin motor yang rusak agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan ketika berkendara. Cara mengecek mesin motor yang benar memang harus diperhatikan, sehingga motor kita bisa diperbaiki dengan mudah.

Sponsors Link
, , ,

Leave a Reply