Sponsors Link

Penyebab Motor Kurang Tarikan

Sponsors Link

Penyebab motor kurang tarikan sama juga halnya seperti dengan Cara menghilangkan Baret Motor, motor adalah jenis kendaraan yang paling banyak digunakan di Indonesia pada saat ini. Sebagian dari kita lebih memilih motor sebagai mode transportasi harian, karena penggunaan motor lebih hemat dan praktis dibandingkan mode transportasi lainya. Berbagai inovasi dan terobosan dilakukan untuk meningkatkan daya tariknya. Beberapa motor bahkan telah dilengkapi oleh tekhnologi terbaru untuk meningkatkan performanya.

ads

Meskipun sudah dilengkapi beberapa inovasi canggih juga tidak menutup kemungkinan tarikan motor menjadi terasa berat. Apa saja sih penyebab tarikan motor menjadi terasa berat? berikut adalah 15 Penyebab tarikan motor menjadi terasa berat:

1. Oli

Apakah penggantian oli dilakukan secara rutin? Mungkin pertanyan ini dapat menjawab salah satu pertanyaan dari penyebab tarikn motor terasa berat. Penggantian oli yang tidak teratur menyebabkan mesin kurang pelumas dan hal ini akan membuat mesin menjadi lebih cepat panas dan wajib diketahui apasaja  Penyebab Motor Cepat Panas agar anda juga bisa mengetahui solusi yang tepatnya. Selain itu ada hal lain yang harus diperhatikan saat penggantian oli yaitu jenis oli dan volume oli yang disarankan untuk motor anda.

2. Filter Udara

Filter udara adalah salah satu komponen penting bagi motor, karena motor memerlukan asupan udara untuk proses pembakaran. Pastikan filter udara pada motor tidak ditutupi debu dan air, lakukan pengecekan rutin untuk memastikan filter udara berfungsi dengan baik.

3. Busi

Pastikan busi pada motor anda masih berfungsi dengan baik dan lakukan penggantian busi secara rutin agar pengapian pada motor berjalan dengan baik dan tarikan motor terasa ringan. Cara Membersihkan Busi Motor juga harus diketahui karena sering sekali tidak diketahui bagaimana cara membersihkan nya.

4. CDI

CDI adalah komponen motor yang berfungsi untuk melakukan suply pengapian yang diperlukn motor dalam proses pembakaran. Untuk itu pastikan CDI berfungsi baikl, jika CDI tidak berfungsi dengan sempurna disarankan untuk melakukn penggantian agar tarikan motor tidak terasa berat.

5. Rantai atau V-Belt

Rantai atau V-Belt Pada matic berfungsi untuk meneruskan gerakan dari mesin ke roda. Lakukan pengecekan dan perawatan pada rantai atau v-belt untuk mendapatkan tarikan motor yang lebih ringan. Selain yang sudah dijelaskan diatas, dimana rantai juga sering bermasalah karena kotor sehingga bagaimana Cara Membersihkan Rantai Motor agar motor tetap bertenaga dan bisa awet seperti baru.

6. Knalpot Tersumbat

Saluran knalpot yang tersumbat oleh kotoran/ sisa pembakaran dapat menyebabkan motor terasa berat, untuk itu lakukan pembersihan saluran pembuangan sisa pembakaran secara rutin. Anda juga harus mengetahui Fungsi Knalpot Pada Kendaraan Bermotor karena ini juga komponen yang penting.

7. Saluran Bahan Bakar

Pastikan saluran bahan bakar tidak tersumbat agar suply bahan bakar ke mesin tidak tersendat dan menyebabkan tarikan motor menjadi berat dan bisa jadi Penyebab Motor Boros karena saluran bahan bakarnya.

8. Kompresi

Cek rasio kompresi pada motor karena kompresi memegan peranan penting menentukan tarikan motor kesayangan anda.

9. Kampas Kopling

Semua motor dilengkapi dengan kampas kopling untuk menjaga gigi-gigi motor tetp stabil untuk itu lakukan pengecekan dan perawatan kampas kopling secara rutin.

10. Jarum Skep

Jarum skep adalah salah satu komponen penting yang terdapat dalam karburator motor. untuk itu pastikan posisi atau stelan jarum skep tepat agar pembakaran optimal.

11. Klep Kotor

Kotoran yang menumpuk pada klep menyebabkan posisi klep bergeser dan suply bahan bakar tidak sempurna atau bahkan menyebabkan klep bocor.

12. Piston

Piston yang sudah lama atau piston yang sering bergesekan dengan block mesin dikarenakan mesin kekurangan oli akan menyebabkan piston mejadi rusak. Hal ini dapat menyebabkan tarikan motor menjadi berat bahkan menyebabkan motor menjadi mati.

13. Rem

Rem yang tidak berfungsi dengan baik dapat menyebab tarikan motor terasa berat. Perhatikan kepakaman rem dan pastikan kampas rem tidak melekat pada piringan cakram agar tarikan motor terasa lebih ringan. Manfaat Rem Hidrolik yang sangat penting bagi kendaraan motor anda juga harus anda ketahui.

14. Kondisi Ban

Perhatikan teknan angin pada ban motor, kondisi ban motor yang kempis akan menyebabkan motor terasa berat dan lebih boros bahan bakar.

15. Perawatan Yang Tidak Teratur

Perawatan yang teratur sangat penting untuk memastikan seluruh komponen pada motor berfungsi dengan baik. Cara Merawat Motor Matic yang baik agar tetap bertenaga juga harus anda perhatikan dengan sedetail mungkin.

Berikut adalah pembahasan tentang Penyebab Motor Kurang Tarikan yang wajib anda ketahui lengkap dengan bagaimana cara mengatasinya agar motor tetap bertenaga dan nyaman digunakan.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis

Leave a Reply