Sponsors Link

7 Penyebab Motor Brebet Di RPM Rendah

Sponsors Link

Bagi pengendara motor, pasti menginginkan motor yang nyaman dipakai. Akan tetapi yang sering terjadi pada saat mengendarai motor adalah motor brebet ketika kita gas di RPM rendah maupun di RPM tinggi. Masalah ini sering terjadi, karena kerusakan pada sistem dari komponen mesin motor. Sehingga dibutuhkan untuk menangani motor yang bermasalah dengan cara membawanya ke dealer atau bengkel terdekat anda.

Memang banyak kerusakan yang sering terjadi pada motor dan cara memperbaikinya juga mudah kok. Yah, kondisi pada motor kita harus dijagalah. Apabila anda tidak bisa menjaga atau memperbaiki motor yang sedang mengalami kerusakan. Ini kemungkinan besar anda akan mengalami kecelakaan pada saat dijalan dan bisa terjadi membahayakan orang lain juga, seperti menabrak orang disekitar anda.

Ketika motor anda brebet dan anda memakainya untuk bepergian di suatu tempat, bahkan anda mengendarai motor dengan kecepatan yang tidak dibawah rata-rata, ini akan membahayakan keselamatan anda. Nah, bagi anda yang ingin cari tahu dari penyebab motor brebet di RPM rendah, anda bisa membacanya yang kami sudah uraikan dibawah ini.

1. Penyetelan yang Kurang Tepat Pada Karburator

Mungkin bagi anda sudah tahu atau sudah tak asing lagi kalau mendengar dengan kata karburator. Pada karburator terdapat dua sekrup dan memiliki fungsi yang sama, fungsinya untuk mengatur suatu kecepatan pada mesin. Apabila putaran dari sekrup berubah sedikit saja, dengan begitu, RPM motor akan berpengaruh terhadap posisi idle. Baik lebih tinggi maupun lebih rendah, bahkan motor bisa brebet dan kemudian mati.

Dengan demikian, penyetelan pada karburator motor sangat perlu diperhatikan. Karena penyetelan pada karburator mempunyai peran pada performa mesin ketika posisi idle. Begitu juga dengan mesinnya terjadi brebet, dikarenakan penyetelan pada karburator yang tidak tepat. Pada umumnya masalah ini karena adanya bensin yang terlalu sedikit.

2. Pilot Jetnya yang Mampet

Pilot jet merupakan sebuah saluran yang berada didalam karburator dan berfungsi sebagai tempat untuk mengeluarkan bensin ke dalam intake pada saat posisi RPM idle. Wajib bagi anda untuk mengetahui kalau pilot jet memiliki saluran yang agak kecil. Ketika pada saluran yang kecil itu tersumbat, dikarenakan adanya kotoran yang kecil saja. Maka, motor anda akan brebet pada saat anda gas.

3. Busi Rusak Atau Kotor

Pada komponen busi motor seringkali juga kita sering terjadi kerusakan. Ini mungkin salah satu penyebab motor tidak bisa di gas tinggi, karena kerusakan dari busi motor atau busi motor yang kotor. Bahkan kerusakan dari busi motor atau kotor akan membuat motor kita juga terjadi brebet saat RPM rendah atau RPM tinggi. Sehingga ini salah satu yang harus diperhatikan ketika motor kita tidak bisa jalan.

Karena busi berfungsi untuk memercikan api dan juga membakar suatu campuran udara. Pada saat posisinya dalam keadaan ruang bakar, ini akan terjadi dampak dari pembakaran yang ada di dalam mesin. Sehingga tak heran kalau busi akan hitam atau bisa dikatakan busi kotor/rusak. Apabila busi terjadi kesalahan seperti ini akan menimbulkan mesin terjadi brebet. Maka dari itu kami sarankan untuk merawat busi motor anda dan membersihkan busi motor anda, cara membersihkan busi motor cukup mudah kok.

4. Bahan Bakar yang Tidak Sesuai

Penyebab motor anda yang brebet, mungkin bahan bakar yang anda pakai tidak sesuai dari standar yang sudah ditetapkan oleh pabrikan. Biasanya pabrikan sudah menetapkan untuk memilih bahan bakar yang disesuaikan terhadap mekanisme pada mesin, sehingga performa dari mesin sepeda motor akan semakin powerfull.

Terus bagaimana untuk cara mengetahuinya? Cara mengetahui anda bisa melihat di salah satu buku manual, ketika anda membeli motor baru anda akan mendapatkan buku tersebut. Seringkali banyak juga tidak sesuai dengan bensin yang diinginkan oleh motor anda. Mungkin anda memilih bensin yang murah, seperti premium atau pertalite.

Padahal motor yang anda pakai, sudah diterapkan oleh buku tersebut atau yang sudah diterapkan oleh pabrikannya, bisa jadi pertamax. Karena beberapa motor yang terbaru memiliki sudut pandang yang berbeda untuk pengisian bahan bakar, sehingga mesin yang ada pada motor akan lebih dioptimalkan. Nah, ketika anda salah memilih bahan bakar, ini akan menyebabkan motor anda knocking di bagian mesin motor. Sehingga motor anda akan terjadi brebet.

5. Fuel Pump yang Kotor

Fuel Pump ini sangat bermanfaat bagi pemompa bahan bakar menuju tempat pembakaran mesinnya. Apabila pada fuel pump motor anda kotor, ini akan mengakibatkan motor anda akan terjadi brebet saat rpm yang rendah maupun RPM tinggi. Ini juga dampak kebiasaan tangki motor kosong. Ketika motor anda sering sering terdapat bahwa tangki motor anda kosong, ini juga akan berdampak pada fuel pump kotor dan mengakibatkan motor brebet.

6. Injektor yang Kotor

Injektor bisa dikatakan sebagai salah satu pengganti dari karburator motor injeksi, dimana motor yang injeksi hanya memiliki katup gas dan tanpa karburator. Karena injektor akan berperan sama persis dengan karburator, karena untuk mengeluarkan bensin yang ada didalam intake.

Pada masalah ini sangat jarang untuk ditemui, karena masalah hanya terjadi ketika jarang dibersihkan. Karena masalah yang paling sering terjadi ketika injektor yang tersumbat, karena adanya kotoran yang dibawah dari aliran bensin. Nah, dengan demikian efek ini akan berdampak pada motor anda yang akan brebet.

7. Air Masuk ke Dalam Tangki

Selain penyebab-penyebab diatas yang membuat motor anda brebet, ini juga mungkin salah satu penyebab motor brebet yang terakhir. Motor brebet salah satunya terjadi ketika air masuk kedalam tangki motor anda, sehingga bensin dengan air akan tercampur dan akan mengakibatkan bensin hanya sedikit untuk masuk ke ruangan pembakaran dan pada proses pembakaran yang akan berlangsung tidak sempurna. Dengan demikian, motor anda akan brebet pada saat RPM rendah.

Bagaimana dengan pembahasan kita pada kali ini? Semoga bisa bermanfaat bagi anda semua lewat pembahasan kita mengenai dengan penyebab motor brebet di RPM rendah’. Lewat dari pembahasan ini anda juga akan mengetahui penyebab dari motor anda yang brebet pada RPM rendah.

Sponsors Link
, , , , ,

Leave a Reply