Sponsors Link

15 Penyebab Motor Berasap Putih dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Motor adalah kendaraan roda dua yang masih menjadi pilihan utama masyarakat indonesia dengan berbagai keperluan . Baik hanya untuk bepergian saja , atau juga di era modern ini motor di jadikan alat untuk mencari uang dengan adanya ojek online.

ads

Dengan memiliki kendaraan motor sudah di pastikan juga setiap pemilik kendaraan wajib membekali dirinya dengan pengetahuan otomotif mendasar seperti Fungsi oli samping motor 2 tak  atau Cara Membersihkan Rantai Motor yang dimana akan bermanfaat apabila ada kendala  pada kendaraan kita atupun bisa menjadi salah satu tips atau cara untuk merawat motor.

Selain masalah yang di sebutkan di atas , ada beberapa masalah teknis yang biasanya masalah yang timbul karena umur motor  yang sudah lama dan beberapa spare part yang sudah aus karena masa pakainya sudah habis. Contohnya adalah motor kita mengeluarkan asap berwarna putih. Penyebab Motor Berasap Putih sebetulnya bervariatif dan banya faktornya , oleh karena itu di artikel ini kita bahas Penyebab Motor Berasap Putih.

Penyebab Motor Berasap Putih

Seperti yang di bahas di atas penyebab motor berasap putih bisa sangat beragam mulai dari faktor teknis maupun non teknis. Berikut adalah beberapa penyebab motor berasap putih.

1. Ruang Bakar di masuki Oli

Dalam kasus ini membuktikan bahwa ruang bakar motor kita telah di masuki oli yang ikut terbakar di dalam ruang bakar. Zat yang terdapat dalam oli tidak dapat terbakar dengan baik malahan hasil dari terbakarnya oli itu mengeluarkan asap berwarna putih. Itulah yang jadi penyebab motor berasap putih yang berasal dari masuknya oli kedalam ruang bakar.

Jika di biarkan ini akan menjadikan masalah yang sangat serius selain volume oli yang terus berkurang , bekas pembakaran oli pun akan berkerak di dalam ruang bakar yang tidak menutup kemungkinan akan adanya kemacetan dalam ruang bakar atau bahkan piston. Cara mengatasinya adalah mengecek sumber oli yang masuk kedalam ruang bakar. Oli yang rembes dari skat ataupun rumah oli bisa kita lihat dan apabila ada part yang longgar lebih baik di perkencang kembali

2. Ring piston yang sudah aus

Seperti yang sudah di jelaskan di atas tadi hampir semua motor memiliki kendala yang sama ketika sparepartnya sudah aus meski motor kita menyandang gelar Motor Bebek Terbaik dan Tercepat di tahunnya. Penyebab yang nomor dua ini adalah ring piston yang sudah mulai aus. ke ausan ini mengakibatkan oli dari dalam ruang engkol bisa masuk ke dalam ruang bakar yang otomatis biasanya oli yang bertugas untuk melumuri engkol habis dan membuat salah satu Penyebab Motor Tidak Bisa Diengkol.

Selain itu juga apabila ring piston mengali ke ausan akan di barengi dengan tenaga motor yang ikut menurun ataupun sulit menghidupkan motor di pagi hari.
Cara mengatasinya hanya satu yaitu mengganti satu set ring piston karena kausan pada ring piston tidak dapat di perbaiki.

 3. Linner/silinder mesin mengalami keausan

Penyebab nomer tiga adalah linner / silinder mesin mengalami keausan . Kasus ini sama percis seperti ring piston yang sudah aus. keausan linner dan silinder mesin akan lebih sering karena ke dua sparepart ini  selalu mengalami gesekan yang sangat cepat dan ketika adanya keausan di mesin membuat satu celah yang membuat oli bisa masuk.
Cara mengatasi nya ada dua cara antara mengganti linner/silinder dengan yang baru atau juga bisa dengan cara membubut ulang linner silinder atau bore up. Dalam hal ini sudah di pastikan akan turun mesin untuk melakukannya.

Sponsors Link

4. Seal Katup bocor

Penyebab selanjutnya adalah bocornya seal katup. seal katup atau valve memiliki tugas yaitu pengatur masuknya gas kedalam ruang bakar dan juga pengatur gas sisa pembakaran mesin. posisi dari valve ini berdekatan dengan kepala silinder yang dimana di penuhi dengan oli. Dan dalam memisahkanya di gunakan seal sebagai pembatas dan juga penyumbat agar si oli tidak masuk. Jadi apabila seal katup bocor sudah di pastikan oli akan rembes masuk kedalam ruang bakar. Cara mengatasinya cukup cek seal katup di bengkel resmi , apabila memang seal katup longgar atau bocor bisa ganti dengan seal katup yang baru.

ads

5. Knalpot

Penyebab lainnya adalah soal pemakaian knalpot racing. Untuk beberapa jenis dan tipe tertentu terdapat fasilitas dimana knalpot akan di semprotkan oli agar mampu bertahan dalam suhu yang sangat panas. Dan sudah bisa di pastikan oli yang menempel pada knalpot akan terbakar dan mengeluarkan asap berwarna putih.
Cara mengatasinaya hanya cukup dengan mengganti knalpot kalian dengan knalpot bawaan alias standart karena memang cukup beresiko juga apabila volume oli motor berkurang gara-gara semprotan oli ke knalpot

6. Pengaruh Botol Klep

Penyebab selanjutnya adalah pengaruh botol klep yang longgar atau sudah tidak bekerja secara maksimal atau juga tidak padat saat di pasang payung klep. selain longgar terkadang dalam pemasangan antara botol klep dan payung klep yang tidak pas atau salah juga bisa menjadi penyebab motor berasap putih.
cara mengatasinya yaitu pastikan pemasangan botol klep dengan payung klep di pasang dengan benar dan pada posisinya apabila memang sudah aus lebih baik ganti dengan yang baru.

7. Tiang payung klep yang aus

Penyebab selanjutnya yaitu tiang payung klep yang sudah aus yang membuat posisi payung klep tidak pada posisi yang seharusnya. Cara ceknya yaitu cukup menggoyangkan payung klep apakah longgar atau masih padat jika masih padat kemungkinan payung klep masih bagus dan ada penyebab lainnya. tapi apabila longgar lebih baik ganti payung klep dengan yang baru.

8. Klep yang bocor

Di nomor delapan adalah soal klep yang bocor ,  selain klep yang bocor bisa juga persoalan kerak yang sudah menumpuk di bibir klep. atau bisa juga karena klep sudah tidak rata. Cara mengatasinya yaitu dengan membersihkan bibir klep atau juga meratakan kembali klep menggunakan cara menyekir klep dengan mengikisnya dengan alat bantu amplas cair agar bisa meratakan kembali posisi klep dengan seting klep.

9. Seal Klep

Penyebab yang sering terjadi adalah persoalan seal klep yang sudah tidak berfungsi seperti seal klep yang keras atau mati atau bahkan robek. Cara mengatasinya hanya ada satu cara yaitu mengganti seal klep dengan seal klep yang baru.

10. Kerak di dalam ruang bakar

Penyebab selanjutnya adalah kerak di dalam ruang bakar , dengan berjalannya waktu sudah di pastikan terdapat banyak kerak di dalam ruang bakar dikarenakan bahan bakar yang di konsumsi oleh si motor kurang bersih dan juga perawatan yang kurang dalam merawat motor. Cara mengatasinya yaitu dengan cara membersihkan ruang bakar menggunakan pembersih khusus seperti carbon cleaner yang biasanya di sediakan oleh produsen motor atau juga kita bisa membersihkan sendiri.

11. Knalpot yang kotor dan penuh kerak

Selain faktor pemakaian knalpot racing , pemakaian knalpot standartpun tidak terlepas dari kemungkinan mengeluarkan asap putih.  jika kita menggunakan knalpot standart yang memang dalam jangka waktu panjang akan menimbulkan kerak ataupun kotoran yang menggumpal. Cara mengatasinya yaitu membersihkannya dengan dengan cairan pembersih khusus knalpot.

12. Leher knalpot yang bocor dan di masuki kotoran

faktor ini hampir sama dengan knalpot yang kotor , disini leher knalpot yang bocor dan mudah di masuki kotoran akan mepengaruhi keluarnya asap pada knalpot karena kotoran yang masuk knalpot akan terbakar dan menghasilkan asap. Cara mengatasinya yaitu dengan menambal atau membersihkan leher knalpot dengan cairan khusus pembesih.

Sponsors Link

13. Oli yang sudah lama tidak di ganti

Rekomendasi penggantian oli menurut produsen motor adalah setiap 1500 km ataupun 60 hari sekali dengan perkiraan masa aktif dari zat dalam oli sudah habis. sudah bisa di bayangkana apabila motor kalian tidak di ganti dalam waktu yang sangat lama , selain menimbulkan asap bisa juga membuat rusaknya sparepart lainnya di dalam motor. Cara mengatasinya sudah pasti kita harus mengganti oli motor kita dengan volume yang di tentukan oleh standart pabrikan.

14. Kerusakan pada piston

Kerusakan pada piston meski jarang menjadi faktor keluarnya asap putih akan tetapi bisa menjadi penyebab keluarnya asap putih , karena apabila kerja piston tidak maximal akan membuat pembakaran yang tidak maksimal dan terlalu banyak zat yang di buang lewat jalur buang.

15. Kesalahan setting bore up

Kesalahan dalam menyeting bore up demi menaikan performa mesin akan berpengaruh terhadap kinerja sparepart yang ada di dalam motor.  Dengan salah setting ada kemungkinan juga persentasi gas ataupun bahan bakar yang masuk tidak seimbang yang berakibat akan ada sisa-sisa zat bakar yang terbuang lewat knalpot yang berupa asap putih. Cara mengatasina sudah pasti menyeting ulang settingan motor kita dengan menggunakan setingan yang banar.

Diatas adalah beberapa penyebab yang membuat motor bisa mengeluarkan asap berwarna putih. Dan perlu di ingat apabila motor kita terlanjur mengeluarkan asap berwarna putih lebih baik segeralah memerikasakan keadaan motor karena apabila di diamkan secara terus menerus resikonya adalah menjalarnya kerusakan terhadap sparepart yang lain.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis

Leave a Reply