Categories
Masalah Teknis

15 Penyebab Motor Berasap Hitam dan cara mengatasinya

Sepeda motor adalah perangkat mesin yang membantu manusia untuk melakukan segala aktifitas baik itu sebagai kendaraan untuk bepergian baik juga sebagai alat untuk mencari rezeki. Hampir semua yang memiliki mesin sudah di pastikan akan ada masalah-masalah yang timbul apabila dalam perawatannya salah ataupun malah tidak ada perawatan yang baik.

Beberapa jenis motor yang populer di indonesia sampai saat ini adalah motor matic . selain motor matic mudah di kendarai motor matic memang lebih effisien dan fleksibel karena di depan motor kita bisa menyimpan berbagai macam barang bawaan kita. Beberapa masalah yang timbul biasanya beragam dan dalam timbulnya masalah teknik setidaknya kita tahu beberapa penyebab seperti Penyebab Aki Motor Cepat Drop atau juga Penyebab Motor Tidak Bisa Diengkol. Oleh karena itu kita sebagai pemilik kendaraan yang terlebih pemilik kendaraan bermesin injeksi mengetahui juga Cara Merawat Motor Injeksi yang Benar.

Penyebab Motor Berasap Hitam

Seperti yang sudah di jelaskan di atas masalah soal  motor berasap hitam memiliki banyak penyebab yang meliputi masalah sparepart mesin atau juga bisa masalah yang di timulkan karena beberapa kesalahan manusia . Berikut adalah beberapa penyebabnya motor berasap hitam dan cara mengatasinya.

1. Filter udara yang sudah kotor

Penyebab motor berasap hitam yang pertama adalah filter udara yang kotor. Seperti yang kita ketahui peran filter udara sendiri yaitu untuk menyaring udara yang akan masuk kedalam ruang bakar. Apabila filter udara kotor akan menghambat masuknya udara alias udara yang masuk akan kurang. Cara mengatasinya yaitu dengan cara membersihkan filter udara dengna cara menyemprotkan angin bertekanan tinggi atau juga bisa dengan cara mengganti filter udara.

2. Stelan langsam yang tidak tepati

Penyebab motor berasap hitam yang kedua adalah stelan langsam motor yang keliru atau tidak tepat. Stelan langsam yang terlalu kecil membuat angin atau udara yang masuk lewat carbu akan kurang. kurang nya angin yang masuk juga akan mempengaruhi pembakaran di ruang bakar. Cara mengatasinya yaitu stel ulang langsam  pada motor anda di putaran yang pas.

3. Spuyer yang aus

Spuyer memiliki fungsi untuk mengatur bahan bakar yang akan masuk kedalam ruang pembakaran , apabila spuyer yang sudah aus atau bocor akan mengakibatkan bahan bakar yang masuk akan berlebihan atau tidak sesuai proporsinya. Cara mengatasinya adalah mengganti dengan yang baru.

4. Busi yang sudah tidak layak

Meskipun bentuknya kecil akan tetapi peran nya dalam membantu pembakaran di ruang bakar sangatlah penting. Bisa di bayangkan apabila pembakran yang kurang maksimal akan membuat banyaknya bahan bakar yang terbuang secara percuma. Cara mengatasinya yaitu ganti busi dengan yang lebih prima

5. Klep in yang bocor

Penyebab motor berasap hitam nomer lima adalah klep ini yang bocor. klep ini ini adalah jalur yang membantu masuknya bahan bakar kedalam ruang bakar. yang dimana apabila terjadi kebocoran akan membuat bahan bakar yang masuk kedalam ruang bakar di luar dari takaran biasanya. Cara mengatasinya yaitu dengan cara diskir klep itu sendiri.

6. Kerak di dalam ruang bakar

Penyebab motor berasap hitam nomer lima adalah banyanya timbunan kerak di dalam ruang bakar . Timbunan yang banyak dalam ruang bakar akan membuat proses pembakaran tidak maksimal dan terkesan akan membuang keraknya keluar. Cara mengatasinya yaitu dengan cara membersihkan timbunan kerak menggunakan cairan pembersih kerak bekas pembakaran yang di jual di banyak tempat otomotif.

7. Knalpot yang kotor

Hampir  sama dengan penyebab motor berasap putih , faktor dari knalpot juga bisa jadi salah satu penyebab motor berasap hitam . bisa jadi oli atau zat-zat lain yang menempel di knalpot ikut tersembur keluar dari knalpot. Cara mengatasinya yaitu degan membersihkan knalpot kita dari kerak atau zat apapun yang beresiko akan mengeluarkan asap hitam.

8. Setelan tingkatan jarum piston Gas Karburator

Penyebab selanjutnya adalah Setelan tingkatan jarum piston Gas Karburator terlalu banyak atau membuat boros. Set tingkatan pada standart yang berarti jangan terlalu banyak putarannya. Cara mengatasinya adalah dengan stel ulang Setelan tingkatan jarum piston Gas Karburator agar kembali ke stelan awal.

9. Bahan bakar yang tercampur minyak tanah atau lainnya

Penyebab di nomer sembilan adalah Bahan bakar yang tercampur minyak tanah atau lainnya. Memang akan jarang sekali terjadi untuk kalian yang biasa mengsi bahan bakar di Spbu resmi . akan tetapi apabila kalian mengsi bahan bakar secara sembarang , penyebab ini akan menjadi mungkin untuk motor kalian. Cara mengatasinya adalah dengan mengganti bahan bakar dengan yang baru alias menguras bahan bakar yang sebelumnya sudah tercampur zat-zat yang memang bukan peruntukannya.

10. Klep Minyak kemungkinan bocor

Kemungkinan klep minyak bocor juga bisa membuat motor mengeluarkan asap berwarna hitam . Cara mengetahui klep minyak bocor atau tidak bisa dengan coba nyalakan motor. Apabila kondisi motor masih bisa untuk langsam kemungkinan untuk klep minyak bocorberarti tidak terjadi. Akan tetapi jika setingan langsam sudah benar dan tetap tidak mau langsam , ada kemungkinan klep minyak bocor. Cara mengatasinya yaitu hanya dnegan cara skir klepnya atau jalan terkahirnya yaitu dengan mengganti klep minyak yang bocor.

11. gasket yang rembes oli

Kemungkinan gasket yang sudah aus dan di rembesi oleh oli juga bisa jadi penyebab motor mengeluarkan asap berwarna hitam. Cara mengatasinya yaitu dengan mengganti gasketnya dengan yang baru asalkan dengan catatan gasket benar benar rusak / sudah aus.

12. Stelan carbu yang kurang tepat

Untuk motor yang masih menggunakan carburator untuk membantu penyemprotan bahan bakar bisa juga kemungkinan stelan carbu yang kurang tepat bisa membuat motor mengeluarkan asap berwarna hitam.
Cara mengatasinya adalah dengan menyetel ulang stelan karbu dengan benar sesuai dengan proporsi motor kita dan juga kebutuhan motor kita.

 13. Kerusakan pada Sensor MAF/IAT (EFI)

Penyebab motor mengeluarkan asap warna hitam selanjutya adalah kerusakan pada sensor injeksi , mungkin ini berlaku bagi motor yang menggunakan sistem injeksi. peran carburator untuk membuatkan setting supply bahan bakar yang masuk kedalam ruang bakar dan udara yang masuk di gantikan perannya oleh sensor MAF/IAT jadi apabila sensor ini rusak akan membuat supply kedalam bahan bakar yang kurang tepat alias tidak dalam proporsinya. Cara mengatasinya yaitu dengan cara menset ulang apabila setting sensorya terdapat kekeliruan akan tetapi apabila terjadi error yang parah udah di pastikan kita harus mengganti sensor ini

14. Oli yang sudah lama 

Jarang di gantinya oli dalam waktu yang sangat lama mempengaruhi juga terhadap performa mesin dan sparepart yang ada di dalam mesin. Jadi apabila oli mesin yang jarang di ganti akan menimbulkan asap berwarna hitam karena oli tidak bekerja dengan baik atau bahkan supply oli tidak melumuri bagian-bagian yang penting. Cara mengatasinya yaitu dengan mengganti oli dengan oli yang baru.

15. Mesin yang sudah tua

Penyebab motor berasap hitam yang terakhir adalah umur dari sebuah mesin yang memang sudah tua , beberapa motor tua yang dimana perawatannya kurang baik biasanya mengeluarkan asap berwarna hitam. Semua itu kemungkinan beberapa part yang memang sudah aus dan juga kondisi mesin oli yang kotor atau penuh dengan  kerak ataupun kotoran lainnya. Cara mengatasinya , cukup dengan sering-sering menghidupkan mesin motor tua kita atau juga dengan membersihkan beberapa part yang penting seperti yang sudah di sebutkan di atas.

Diatas adalah beberapa Penyebab motor berasap hitam yang sering terjadi pada beberapa jenis motor baik itu moto bebek , matic ataupun sport. Intinya adalah perawatan yang baik dan berkesinambungan adalah tips yang terbaik agar motor kita tidak mengeluarkan asap berwarna hitam. Selain itu juga ganti oli dan seringlah mengecek kesehatan motor kita ke dealer dan bengkel resmi yang di tunjuk oleh produsen motor-motor anda. atau bisa juga dengan kita mempelajari Penyebab Gear Depan Motor Depan Bunyi.

Leave a Reply