Sponsors Link

5 Penyebab Motor Bebek 4Tak Ngebul Saat Dipanaskan

Sponsors Link

Memang dari setiap perbedaan pada motor baik itu motor 4tak maupun 2tak hampir mirip, paling tidak memiliki performa mesin yang berbeda. Bahkan dalam kelebihan dan kekurangan motor matic dan bebek terlihat perbedaannya. Pasti kita menginginkan sebuah motor dengan kemampuan yang tinggi, tentu saja anda harus menggunakan motor yang berjenis 4tak. Walaupun didunia ini terdapat sepeda motor tercepat, akan tetapi lebih baik anda membeli motor 4tak, seperti Kawasaki Ninja dan motor lain yang sejenisnya. Karena beberapa motor tersebut lebih murah dibandingkan dengan motor yang tercepat di dunia.

Tapi disetiap motor pasti akan mengalami sesuatu yang dapat membuat kita merasa jengkel, hal tersebut adalah kerusakan pada komponen mesin motor. Mungkin salah satu yang sering terjadi pada motor kita pasti ngebul pada saat baru dipanaskan, apalagi ini terjadi pada motor 4tak tersayang kita. Jika masalah ini terjadi pasti hal utama yang akan dilakukan oleh anda adalah dengan mencari suatu pembuat masalah sehingga anda akan melakukan pengecekan pada motor. Untuk cara mengecek mesin motor sangat mudah dilakukan apabila anda mengikuti cara-caranya dengan baik dan benar sehingga anda akan memahami apa yang membuat masalah ini.

Motor 4tak anda ngebul saat dipanaskan? Tentu saja ini sudah menjadi hal yang paling buruk ketika anda mendapatkannya. Mungkin pada waktu yang sebelumnya anda tidak melakukan pemanasan motor dengan baik atau tidak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh motor kita. Maka dari itu anda harus melakukan cara memanaskan motor agar aki awet yang tepat dan benar. Nah jika anda sudah melakukannya dengan baik dan benar, ada kemungkinan besar juga pada komponen aki motor akan menjadi lebih terlihat awet. Mungkin ada yang bertanya apa penyebab motor 4tak ngebul ketika dipanaskan? Tenang saja kami akan membahasnya disini.

Motor berasap pada umumnya sudah dipastikan kalau pelumas oli terikut kebakar bersama bensin didalam ruang pembakaran. Jika motor anda 2tak mengeluarkan asap pada saat dipanaskan mungkin menjadi tanggapan yang positif. Kok bisa? Ini dikarenakan salah satu jenis oli motor sudah tercampur dengan bensin secara baik. Nah bagaimana jika motor 4tak keluar asap? Ini merupakan sebuah pertanyaan yang dapat membingungkan. Ini dikarenakan semua tergantung pada sistem kerja motor itu sendiri, seperti yang sudah dibahas diatas kalau rata-rata motor juga memiliki perbedaan.

Motor bebek bisa dibedakan menjadi dua jenis motor, yaitu motor bebek yang berkemampuan pada gigi dan berkemampuan pada kopling. Perbedaan motor kopling dan motor gigi sangatlah berbeda dan hanya sama ketika anda melihat dari kedua jenis motor tersebut yang merupakan salah satu komponen motor bebek. Bahkan tak hanya dilihat dari perbedaan tersebut, anda juga dapat melihat dari performa mesin motor bebek dimana ini terlihat berbeda, misalnya motor bebek 4tak tentu saja penampilannya akan menjadi lebih keren ketika dibandingkan dengan motor bebek yang 2tak.

Sebenarnya melalui pembahasan di atas sudah saya cungkil-cungkil sedikit yang menjadikan sebagai suatu penyebab dari motor ngebul ketika dipanaskan. Namun ada juga beberapa penyebab motor bebek 4tak ngebul saat dipanaskan yang harus diperhatikan oleh anda. Bagi yang ingin mencari tahu penyebabnya, anda dapat menyimak ulasan yang sudah kami susun dibawah ini:

1. Oli yang Merembet

Untuk yang pertama mungkin terjadi karena oli yang merembet. Pada motor 4tak maupun 2tak tetap saja mereka menggunakan oli samping. Jadi, apabila motor 4tak ngebul saat dipanaskan kemungkinan besar ini terjadi karena oli motor yang merembet didalam ruang bakar. Oli motor yang merembet terjadi karena adanya penyebab, seperti dibawah ini.

  • Mungkin salah satu piston yang sudah menjadi oblak di dinding silinder.
  • Tak hanya itu saja Piston yang aus akan membuat kebocoran pada oli.
  • Oli merembet ini juga merupakan penyebab dari Ring Oli yang sudah aus.
  • Selain itu, ini juga terlihat pada sebuah komponen seal klep yang telah mengeras atau mungkin juga sobek. Maka dari itu oli motor dapat merembet.
  • Packing diantara blok dengan kop silinder memungkinkan ini akan membuat oli merembet di dinding silinder hingga menuju ke bahan bakar.

2. Oli Kebakar dan Booring Tergores

Apabila motor 4tak anda ngebul dengan warna putih agak kebiruan ketika baru dipanaskan, maka ini menunjukkan kalau ada oli yang telah ikut kebakar, bahkan ini akan mengakibatkan veer zuiker yang menjadi lemah. Selain itu, ini juga dapat disebabkan karena adanya booring yang sudah tergores.

3. Uap Air pada Knalpot Motor

Nah pada saat anda ingin memanaskan motor 4tak yang dimiliki oleh anda dan terjadi ngebul dengan warna putih yang tipis, maka ini akan menunjukkan kalau ada uap air pada knalpot motor. Ini dikarenakan ketika kita ingin melakukan pemanasan di pagi hari dan terdapat cuaca hujan, dengan begitu knalpot akan memiliki uap air didalamnya atau mungkin motor anda kemasukan air pada knalpot. Tapi tenang saja penyebab yang satu ini merupakan penyebab yang sangat ringan dan untuk mencegah serta mengatasi knalpot motor kemasukan air bisa dibilang cukup mudah untuk dilakukan bagi anda yang mengikuti cara-caranya dengan baik dan benar.

4. Setting Karbu yang Tidak Tepat

Salah satu penyebab dari motor 4tak ngebul pada saat dipanaskan adalah ketika anda melakukan penyetingan karbu yang tidak tepat. Memang pada umumnya Piston yang sudah aus akan mengeluarkan asap ketika mesin motor sudah bekerja. Namun bagi anda yang memiliki motor 4tak yang baru, ini merupakan hal yang wajar ketika baru dipanaskan dan terjadi ngebul pada motor kita. Bahkan bisa saja terjadi karena kotoran pada karbu akan membuat motor 4tak menjadi ngebul ketika dalam perjalanan. Ini juga bisa terjadi motor 4tak yang dimiliki oleh anda menjadi ngebul pada saat ingin dipanaskan.

5. Silinder Sudah Aus

Apakah motor 4tak anda ngebul pada saat dipanaskan? Mungkin silinder pada motor 4tak sudah aus, tetapi ini bukan berarti anda harus melakukan kolter. Ini dikarenakan jika anda melakukan kolter pada motor 4tak, ini dapat menjadikan motor kita lebih cepat boros bensin, namun untuk cara agar motor irit bensin sangat mudah untuk dilakukan oleh anda.

Itu dulu dari kami semoga anda bisa mendapatkan manfaat dari pembahasan yang ada diatas. Penyebab motor bebek 4tak ngebul saat dipanaskan yang ada di atas sudah menjadi penyebab yang tidak asing lagi, sehingga anda dapat mengatasinya.

Sponsors Link
, , , , ,

Leave a Reply