Sponsors Link

5 Penyebab Motor Beat Tidak Bisa Distarter dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Memilih motor sebagai moda transportasi utama untuk segala aktivitas sehari hari mulai dari bekerja, jalan -jalan, sekolah, sampai berjualan merupakan hal yang banyak dilakukan oleh sebagian besar masyarakat. Motor merupakan kendaraan roda dua yang masih menjadi favorit bagi cukup banyak orang.

Harga, kemudahan penggunaan, perawatan yang lebih mudah, kebutuhan lahan parkir yang sedikit, dan kelebihannya dalam melewati kemacetan dibandingkan moda transportasi lainya adalah alasan dibalik pilihan sebagian besar orang tersebut. Bila dijelaskan ada lebih banyak lagi kelebihan dan kekurangan motor matic dan bebek yang bisa diketahui.

Bila melihat dari pilihan mesin pada motor, motor matic merupakan motor yang lebih banyak dipilih. Motor matic beat merupakan salah satu motor matic keluaran pabrikan otomotif honda yang sampai saat ini menjadi pilihan dan digunakan banyak orang terutama wanita. Honda beat selain memiliki banyak peminat, motor matic ini juga termasuk 10 sepeda motor matic terbaik di indonesia. Pada hampir sebagian besar pengguna motor matic beat, setalah beberapa tahun pemakaian pasti akan muncul berbagai masalah teknis.

Masalah umum yang sering dihadapi dan paling tidak disukai oleh pengguna motor matic beat terutama ibu – ibu adalah motor matic tersebut tidak bisa distarter. Kondisi ini sering membuat ibu marah – marah sendiri dan menyalahkan motor yang dibawanya. Agar terhidar dari situasi tersebut, sebaiknya kita harus memahami penyababnya. Berikut penyebab motor matic beat tidak bisa distarter.

  1. Starting CVT bermasalah

Kondisi bagian starting CVT yang kotor dan banyak endapan dapat menghambar kinerjanya pada saat distarter sehingga mesin tidak dapat menyala baik dengan starter elektrik maupun manual. Kondisi ini biasanya ditandai dengan munculnya suara kasar pada saat tombol starter pada motor beat ditekan. Pembiaran terhadap kotoran dan endapan pada starting cvt dapat menyebabkan motor sama sekali tidak dapat distarter.

  1. Busi motor sudah tidak berfungsi

Busi merupakan komponen mesin yang berfungsi sebagai pengantar perapian bahan bakar kedalam mesin. Kondisi busi yang tidak berfungsi dapat menyebabkan mesin tidak mendapatkan pasokan dari bagian perapian bahan bakar sehingga motor tidak bisa distarter. Busi yang tidak berfungsi dapat dipicu oleh adanya air, berkarat, serta umur busi yang sudah sangat tua.

Agar mesin tetap dapat distarter, pengantian busi harus dilakukan apa bila busi sudah tidak berfungsi lagi dan merupakan penyebab dari gagalnya mesin motor matic dihidupkan. Cara membersihkan busi motor yang benar perlu diketahui bagi pemilik motor sebagai bentuk perawatan terhadap motor matic anda.

  1. Aki yang tekor dan mati

Aki adalah sumber energi listrik yang dipenting dalam sistem kelistrikan motor tak terkecuali motor matic beat.  Kondisi aki yang tekor dan mati dapat menyebabkan sebagian besar komponen kelistrikan motor tidak berfungsi salah satunya starter elektrik. Tidak berfungsinya starter elektrik akibat matinya aki menyebabkan motor tidak dapat dinyalakan.

Namun apabila hanya aki motor saja yang mati biasanya starter manual masih bisa digunakan untuk menyalakan motor. Jangan mudah untuk menganti aki langsung tanpa ada pemeriksaan lebih lanjut agar biaya yang dikeluarkan untuk pembelian aki baru tidak merugikan meskipun kerusakan pada aki merupakan salah satu penyebab motor tidak bisa distarter.

  1. Saklar kelistrikan starter bermasalah

Apabila dari pemeriksaan kelistrikan, seluruh komponen dasar dapat berfungsi dengan baik serta tidak ditemukan masalah pada aki, dapat diduga ada permasalahan pada saklar kelistrikan starter elektrik pada motor beat anda. Penyebab permasalahan saklar kelistrikan starer ini dapat dipicu pada putusnya kabel di tombol starter elektri, serta switch yang ada pada rem. Untuk mengetahuinya diperlukan pemeriksaan secara menyeluruh di bengkel resmi yang tersedia.

  1. Regulator rectifier rusak

Regulator rectifier atau yang secara umum disebut sebagai kiprok merupakan komponen yang berfungsi sebagai penstabil tekana dan arus yang masuk kedalam aki. Arus yang masuk kedalam aki perlu diatur agar tidak terlalu besar maupun terlampau kecil. Rusaknya regulator recifier akan mempengaruhi besaran arus yang masuk kedalam aki. Besaran arus yang tidak terkontrol menyebabkan AKI mudah soak  dan rusak.

Kondisi Aki yang mudah soak dan rusak ini akan mempengaruhi berbagai komponen yang membutuhkan listrik pada motor matic beat anda. Salah satu komponen yang akan bermasalah pada kerusakan regulator recifier ini adalah starter elektrik. Kondisi starter elektrik yang rusak menyebabkan motor beat hanya dapat dinyalakan dengan starter manual yang lebih sulit.

Berbagai kondisi diatas merupakan penyebab moto matic beat tidak bisa distarter baik dengan starter elektrik maupun starter manual. Agar terhindar dari permasalahan starter yang begitu menyiksa, pemahaman terhadap cara merawat motor matic perlu diperhatikan. Menjaga starter elektrik tetap berfungsi merupakan sebauh langkah agar motor tetap awet karena penggunaan starter manual yang terus menerus dan berlebihan dapat menimbulkan permasalahan teknis pada mesin.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis

Leave a Reply