Sponsors Link

6 Penyebab Motor Beat Injeksi Mati Mendadak

Sponsors Link

Sepeda motor matic masih menjadi jenis sepeda motor di seluruh dunia yang sangat populer dan memiliki nilai penjualan tertinggi di masyarakat dibandingkan dengan motor manual atau motor sport. Kelebihan dari motor matic yang menjadikannya sangat diminati oleh masyarakat sehingga banyak yang menjatuhkan pilihan pada berbagai merek motor matic sebagai kendaraan pribadinya. Motor matic lebih ringan, lebih mudah digunakan, lebih sylist dan modern serta futuristik designnya yang menjadi alasan kenapa motor matic banyak diminati dibandingkan lainnya.

Salah satu merek motor matic yang sampai saat ini cukup populer adalah motor dari pabrikan Honda dengan naman brandnya Honda Beat yang tentunya memiliki keunggulan motor Honda. Sejak pertama kali diperkenalkan pada tahun 2008, salah satu sepeda motor matic terbaik di Indonesia itu terus mendapatkan respon yang positif dari masyarakat sehingga sampai saat ini sepeda motor matic Honda Beat masih diproduksi dan terus diperbarui dengan perkembangan teknologi terbaru dari pabrikan otomotif asal Jepang yang termasuk dalam jajaran paling besar di Indonesia.

Meskipun memiliki kelebihan dalam berbagai teknologi termasuk sekarang dengan sistem injeksi, setiap sepeda motor yang sudah digunakan beraktifitas pastinya dapat mengalami masalah teknis tertentu terutama jika jarang diservis secara rutin dan cara merawat motor matic beat tidak dilakukan dengan benar. Salah satu masalah yang dapat terjadi pada motor Honda Beat tersebut adalah motor yang tiba tiba mati mendadak. Untuk dapat mengatasi dan memahami masalah yang ada tersebut, berikut penjelasan mengenai penyebab motor Beat Injeksi mati mendadak dalam ulasan di bawah ini.

1. Motor kehabisan bahan bakar

Penyebab pertama yang mungkin saja terjadi dan sebaiknya dicek terlebih dahulu adalah kondisi motor yang kehabisan bahan bakar. Habisnya bahan bakar pada motor beat tentu dapat menyebabkan tidak adanya bahan bakar yang diproses pembakaran untuk diubah menjadi tenaga pada motor sehingga motor tiba tiba mati secara mendadak.

2. Kompresi mesin motor yang bocor

Penyebab lainnya yang lebih kompleks dari hanya sekedar kehabisan bahan bakar adalah karena kompresi mesin motor yang bocor. Kompresi yang bocor dapat disebabkan oleh karena kotoran yang bersumber dari bahan bakar. Adanya kotoran tersebut dapat menyumbat piston dan dinding silinder yang akan mengakibatkan motor matic beat menjadi mati mendadak. Membiasakan untuk membeli bahan bakar yang sesuai di pom bensin merupakan langkah pencegahannya.

3. Kabel spul yang putus

Penyebab motor beat injeksi mati mendadak lainnya adalah karena adanya masalah pada kabel spul. Putusnya kabel sensor tersebut dapat menyebabkan tidak adanya sinyal pengisian bahan bakar ke dalam mesin pembakaran motor sehingga menyebabkan motor menjadi mogok tiba tiba. Putusnya kabel sensor tersebut banyak disebabkan oleh karena panas dari mesin, kabel yang mengenai bagian mesin yang tajam, hingga karena kabel tertarik saat shock breaker berayun.

4. Kabel bodi ke mesin yang konslet

Kondisi kabel bodi ke mesin yang mengalami konsleting juga dapat menjadi penyebab mengapa mesin motor beat injeksi tiba tiba mati secara mendadak. Masalah konsleting ini sering terjadi pada motor beat baru dengan teknologi eSP. Selain menyebabkan motor mati mendadak, konsleting kabel tersebut juga dapat beresiko menjadikan motor terbakar. Akan tetapi, resiko terbakar tersebut sudah diantisipasi oleh sistem pada motor beat yang akan memutus seluruh kelistrikan pada motor secara otomatis.

5. Mesin motor yang terlalu panas

Overheating atau mesin motor yang terlalu panas merupakan penyebab selanjutnya yang juga dapat menjadikan motor beat injeksi mati secara mendadak. Kondisi overheating tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal diantaranya seperti :

  • Sikulasi oli yang tidak baik, Kondisi pertama yang dapat menjadi penyebab overheat pada motor adalah karena sirkulasi oli yang tidak lancar. Sebagai komponen mesin motor yang penting, oli dapat  mendinginkan suhu kendaraan agar tidak cepat panas dalam pemakaiannya. Sirkulasi yang bermasalah dapat menyebabkan fungsi oli tidak maksimal dan menjadikan motor cepat panas.
  • Jumlah oli tidak cukup, Penyebab selanjutnya yang masih berakiatan dengan oli motor adalah jumlah oli yang terlalu sedikit atau tidak cukupdapat menyebabkan bagian dari komponen tidak terlindungi oleh dan menjadi mudah panas. Untuk menghindari kondisi oli yang kurang maka perhatikan ciri ciri motor harus ganti oli dan segera lakukan pengantian.
  • Beban terlalu berat, Beban berat dan kondisi medan jalanan yang sering menanjak dapat menjadikan motor menjadi gampang panas karena besarnya energi yang harus dikeluarkan untuk dapat menggerakan motor dengan beban yang berat ditambah jalanan yang harus dilalui banyak tanjakannya.
  • Clearance piston yang terlalu rapat, Selain beberapa penyebab yang disebutkan diatas, clearance piston terlalu rapat juga dapat menyebabkan motor matic beat menjadi overheat. Clearance piston yang rapat dapat menyebabkan gerakan piston terbatas dan tidak optimal sehingga memicu overheating.

6. Beberapa penyebab lainnya

Selain penyebab yang sudah dijelaskan secara detail diatas, ada beberapa kondisi lain yang juga dapat memicu mesin motor menjadi mati secara tiba tiba diantaranya seperti mesin yang kebanjiran bahan bakar karena adanya masalah pada komponen pengisian bahan bakar ke mesin, serta kondisi injektor yang terlalu kotor.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyebab motor Beat injeksi mati mendadak yang perlu diperhatikan dengan baik. Melalui pemahaman yang ada maka tentunya akan ada upaya yang tepat demi mengembalikan motor Honda beat untuk dapat berfungsi secara normal kembali. Untuk lebih jelasnya terkait kondisi motor yang sedang dialami, menghubungkan service motor Honda resmi terdekat merupakan jalan yang dapat ditempuh dalam mengatasi kondisi motor yang tiba tiba mati mendadak tersebut.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis

Leave a Reply