Sponsors Link

6 Penyebab Motor 2 Tak Tidak Bertenaga dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Pentingnya peran dan popularitas sepeda motor di masyarakat Indonesia menjadikan bebagai macam jenis sepeda motor di seluruh dunia diproduksi dan dipasarkan oleh berbagai macam pabrikan otomotif di Indonesia untuk memenuhi berbagai macam keinginan dan kebutuhan akan sepeda motor yang berbeda selera. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya sepeda motor berbagai jenis dengan teknologi baru muncul hampir setiap bulannya dengan varian baru.

ads

Meskipun berbagai macam teknologi dan fitur serta jenis sepeda motor baik motor matic maupun motor manual selalu baru, ada segelintir orang yang masih menyukai sepeda motor bermesin lama dan berdesign klasik. Salah satu motor yang mungkin hanya dicari oleh beberapa orang adalah motor bermesin 2 tak. Motor dengan mesin 2 tak merupakan salah satu jenis motor yang beberapa merknya masuk ke dalam 11 motor paling cepat dan kencang. Oleh karena alasan itulah masih banyak orang yang mencari motor bermesin 2 tak meskipun sudah tidak lagi diproduksi dan diedarkan dalam kondisi baru di Indonesia.

Meskipun beberapa merk sepeda motor bermesin 2 tak termasuk daftar motor klasik di indonesia yang sudah tidak diproduksi namun karena alasan kecepatan masih banyak yang mencarinya. Mesin motor 2 tak dikenal memiiki komponen yang berbeda dengan mesin motor 4 tak. Tarikan motor 2 tak akan lebih kencang dan cepat dikarenakan proses pembakaran pada mesin sepeda motor lebih cepat dan lebih sedikit proses yang dijalani. Kondisi ini yang menjadikan motor 2 tak  lebih kencang dan cepat dibandingkan motor lainnya. Akan tetapi mesin motor 2 tak memiliki kondisi yang lebih rawan dan sering menjadikannya tidak bertenaga. Penyebab mesin motor 2 tak tidak bertenaga akan dijelaskan seperti uraian dibawah ini.

  1. Faktor usia sepeda motor

Sepeda motor bermesin 2 tak sudah sangat lama sekali sudah tidak diproduksi dan dipasarkan. Karena peraturan standard emisi pada sepeda motor yang dikeluarkan oleh pemerintah pada tahun 2005 menjadikan banyak sepeda motor 2 tak yang tidak diproduksi karena tidak sesuai dengan standard tersebut. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa banyak sepeda motor 2 tak yang saat ini ada memilki usia tua sehingga kondisi mesin pasti akan berkurang dan dapat menjadi penyebab motor 2 tak tidak bertenaga.

  1. Pilot jet bermasalah

Komponen lain yang dapat menjadi penyebab motor 2 tak tidak bertenaga adalah komponen pilot jet yang bermasalah. Pilot jet merupakan komponen yang berfungsi mengalirkan bahan bakar pada saat rpm rendah menuju rpm menengah. Masalah yang timbul dalam pilot jet ini adalah kondisi terjadinya kebuntuan pada pilot jet yang disebabkan oleh kotoran. Untuk menangulanginya adalah dengan membersihkan bagian pilot jet ini serta mengantinya apabila diperlukan. Harga pengantian pilot jet tersebut cukup murah, kurang lebih sekitar 30 ribu-an ditambah dengan biasaya bongar dan pasang yang mencapai kisaran harga antara 60 rb sampai dengan 80 ribu.

  1. Filter udara mesin yang kotor.

Kondisi filter udara pada mesin yang kotor dapat menyebabkan tertutupnya lubang saluran udara kedalam mesin, kondisi ini dapat menyebabkan mesin kekurangan udara yang merupakan salah satu kebutuhan dalam proses pembakaran. Terganggunya proses pembakaran dapat menyebabkan mesin kekurangan sumber tenaga yang dibutuhkan sehingga apabila mesin dipacu menimbulkan kondisi yang tidak bertenaga selain itu dapat juga memicu kondisi mesin motor cepat panas.

Sponsors Link

  1. Kurang perawatan.

Kondisi tanpa tenaga yang terjadi pada motor 2 tak secara umum selain karena faktor usia juga disebabkan oleh kurangnya perawatan yang diberikan pemiliknya terhadap motor tersebut. Motor 2 tak termasuk jenis motor yang memiliki usia tua sehingga proses perawatannya harus intensif agar tidak timbul masalah teknis yang menganggu pada berbagai komponen mesin yang langsung bertanggung jawab terhadap tenaga motor.

  1. Sepul yang sudah lemah.

Komponen mesin lainnya yang dapat bermasalah dan menjadikan motor 2 tak tidak bertenaga adalah sepul. Sepul merupakan komponen mesin yang berperan dalam proses pembakaran yang terjadi pada mesin sepeda motor. Sepul bertindak sebagai pusat api, sehingga apabila sepul melemah dapat menyebabkan api pembakaran menjadi kecil yang berakibat pada proses pembakaran yang tidak sempurna. Tidak sempurnanya proses pembakaran yang terjadi pada mesin motor 2 tak dapat menyebabakan pasokan sumber energi pada mesin berkurang sehingga mesin akan kurang tenaga bahkan tidak bertenaga sama sekali apabila dibiarkan terus tanpa diperbaiki.

Sponsors Link

  1. Oli mesin motor tidak diganti.

Oli mesin motor merupakan komponen yang melumasi serta melindungi berbagai komponen mesin agar tidak aus. Oli yang berbentuk cairan memiliki masa pakai tertentu akibat pemakaian. Pengantian oli mesin yang tidak teratur dapat menyebabkan jumlahnya tidak tercukupi serta fungsinya terhadap mesin tidak berjalan dengan baik.

Jumlahnya yang kurang dari oli mesin dapat menjadi penyebab motor cepat panas dan performa tarikannya akan berkurang atau menjadi lambat. Bila hal ini terus diabaikan maka kondisi mesin bukan hanya mengalami tarikan yang berat tetapi juga dapat terjadi masalah teknis lain yang lebih merugikan. Perlu diperhatikan bahwa dalam motor 2 tak terdapat dua oli yakni oli samping dan oli mesin itu sendiri.

Itulah beberapa penyebab yang menjadikan mesin motor 2 tak tidak bertenaga yang secara umum sumbernya berasal dari faktor usia dan proses perawatan yang kurang baik. Agar kondisi motor 2 tak tidak bertenaga tersebut dapat pulih cobalah untuk membawanya ke teknisi ahli mesin 2 tak agar setidaknya dilakuakan cara mengecek mesin motor terlebih dahulu untuk memastikan penyebabnya.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis

Leave a Reply