Categories
Masalah Teknis

Penyebab Motor 2 Tak Ngempos dan Cara Memperbaikinya

Dari 6 jenis sepeda motor di seluruh dunia yang paling canggih sekalipun pasti akan mengalami berbagai macam permasalahan teknis. Salah satu permasalahan yang biasa terjadi adalah tarikan sepeda motor ngempos. Tak terkecuali sepeda motor bebek atau cub yang mayoritas menggunakan mesin 2 tak.

Motor ngempos adalah kejadian di mana tenaga sepeda motor menghilang atau berkurang ketika di gas. Kejadian ini tidak bisa di anggap sepele. Motor ngempos sangat rentan mengakibatkan kecelakaan di jalan raya.

Kejadian ini biasanya terjadi saat pengendara ingin menyalip kendaraan lain, akan tetapi ketika menarik gas untuk mempercepat, tapi laju sepeda motor tidak cepat. Hal ini mengakibatkan kecelakaan lalu lintas.

Waspadai juga motor mogok dengan mengetahui penyebab motor mati mendadak saat jalan. Karena hal ini bisa menyebabkan masalah di perjalanan. Motor ngempos pada sepeda motor 2 tak bisa terjadi pada putaran atas dan juga putaran bawah.

Berikut ini adalah beberapa hal yang bisa menyebabkan tarikan motor 2 tak ngempos.

  1.  Filter Udara

Proses pembakaran dalam motor untuk menghasilkan energi memerlukan udara. Udara yang masuk akan melalui filter udara. Filter udara merupakan komponen yang berperan untuk menyaring udara yang masuk. Sehingga debu dan kotoran tidak termasuk ke dalam sistem pembakaran. Oleh karena itulah di filter udara sering banyak kotoran atau debu. Kotoran inilah yang menyebabkan udara yang seharusnya masuk tersumbat melalui filter ini.

Karena sumbatan inilah yang menyebabkan udara yang masuk ke dalam sistem pembakaran sangat sedikit. Hal ini yang menyebabkan energi yang dihasilkan sedikit dan mengakibatkan motor ngempos. Sangat penting untuk memastikan filter udara selalu dalam keadaan bersih dari kotoran yang mungkin menyumbat masuknya udara.

Untuk menjaga sepeda motor tetap nyaman digunakan, para pengguna sepeda motor wajib mengetahui penyebab ampere motor tinggi, penyebab aki tidak mengisi hingga penyebab aki motor tekor. Hal ini perlu dilakukan agar anda tetap bisa menggunakan electric starter.

2. Pilot Jet

Salah satu penyebab motor kurang tenaga dan ngempos adalah pilot jet yang kotor. Pilot jet merupakan komponen yang berfungsi untuk mengalirkan bahan bakar masuk ke dalam sistem pembakaran untuk menghasilkan energi. Sama seperti filter udara, jika pilot jet kotor akan mengakibatkan bahan bakar tersumbat masuk ke sistem pembakaran.

Jika bahan bakar yang masuk ke dalam sistem pembakaran sedikit, maka otomatis akan menghasilkan tenaga yang sedikit. Hal inilah yang memicu terjadinya tarikan motor ngempos.

Selain permasalahan bahan bakar ini, sangat penting bagi para pemilik sepeda motor untuk memperhatikan kinerja oli. Karena oli yang sudah tidak prima lagi bisa menjadi penyebab motor berasap hitam dan penyebab motor cepat ngebul. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui ciri-ciri motor harus ganti oli.

  1. Busi Aus

Sebagai yang di ketahui bahwa busi atau tenaga spul berfungsi untuk memercikkan api dalam proses pembakaran. Jika busi sudah aus, maka kemampuan untuk memercikkan api sangat lemah. Apabila percikan api yang dihasilkan sedikit, maka tenaga yang dihasilkan juga sangat sedikit. Tenaga yang sedikit inilah yang mengakibatkan motor ngempos. Oleh karena itu, jika busi sudah lama sebaiknya segera di ganti saja. Harga busi dan biaya penggantian mesin cukup terjangkau untuk tetap menjaga kondisi komponen mesin motor selalu dalam keadaan baik.

Demikian beberapa hal yang bisa menjadi penyebab terjadinya motor ngempos. Masalah motor ngempos juga sangat penting untuk diperhatikan. Karena motor ngempos juga bisa menjadi salah satu penyebab motor turun mesin.

Khusus bagi para pecinta motor antik, motor RX King bisa menjadi referensi anda untuk menambah koleksi. Jika anda memutuskan untuk membelinya,anda perlu mengetahui perbedaan RX-King dan RX Spesial. Hal ini dikarenakan RX King dan RX Spesial sangat mirip.

Leave a Reply