Categories
Masalah Teknis

Penyebab Motor 2 Tak Kurang Bertenaga dan Cara Mengatasinya

Salah satu permasalahan yang sering terjadi pada sepeda motor adalah kurangnya tenaga ketika di gas. Ada berbagai masalah teknis yang menyebabkan sepeda Penyebab motor 2 tak tidak bertenaga. Masalah sepeda motor yang kurang tenaga pada motor supran merupakan salah satu penyebab motor supra ngeden.

Masalah tenaga berkurang ini sangat mengganggu keselamatan di jalan raya. Ketika kita menarik gas untuk mempercepat kendaraan namun kecepatan tidak sesuai akan rentan mengakibatkan masalah. Hal ini juga rawan menyebab kecelakaan di tanjakan ketika sepeda motor kita kurang tenaga akan menyebabkan sepeda motor mundur.

Selain tenaga berkurang, masalah penting yang juga perlu diketahui juga adalah penyebab motor berasap hitam dan penyebab motor cepat ngebul. Hal ini karena merupakan indikasi motor sedang dalam kondisi tidak baik dan bisa juga mempengaruhi tenaga sepeda motor.

Penyebab Motor 2 Tak Kurang Bertenaga

  1. Busi

Ketika busi sudah aus maka akan menjadi salah satu penyebab tenaga sepeda motor berkurang. Hal ini dikarenakan busi tidak bisa menghasilkan percikan api yang tidak optimal. Masalah ini biasanya dikarenakan busi kotor. Selain itu juga kerenggangan udara yang tidak tepat juga menyebabkan percikan api tidak bagus.

Busi yang kotor juga merupakan salah satu penyebab motor mati mendadak saat jalan. Sehingga ketika tenaga berkurang maka perlu penanganan yang tepat. Jika permasalahan pada busi terjadi, lakukan hal-hal berikut

  • Bersihkan busi dengan menggunakan amplas
  • Amplas bisa membersihkan kerang serta bisa mengatur sela-sela udaranya
  • Jika tidak berhasil ada baiknya busi di ganti dengan yang baru.
  1. Filter udara

Bagian penting sepeda motor 2 tak yang juga bisa bermasalah adalah filter udara. Filter udara berfungsi untuk menyaring udara yang masuk dari debu serta kotoran. Jika pada bagian filter ini banyak kotoran yang menempel akan menghambat jumlah udara yang dibutuhkan dalam proses pembakaran. Hal ini yang menyebabkan tenaga sepeda motor yang dihasilkan berkurang.

Waspadai juga kerusakan sepeda motor akibat oli yang buruk dengan mengenali ciri-ciri motor harus ganti oli. Hal ini dikarenakan oli juga bisa mengganggu proses pembakaran dalam menghasilkan tenaga.

  1. Karburator

Karburator merupakan tempat terjadinya proses pembakaran dari hasil pertemuan campuran bahan bakar dengan udara. Hasil inilah yang akan menghasilkan tenaga sepeda motor. Oleh karena itu ketika terjadi penurunan tenaga, maka yang perlu di cek kebaikan karburator. Jika kerusakan pada karburator dibiarkan terus-menerus juga merupakan salah satu penyebab motor turun mesin.

  1. Jarum Skep

Jarum skep merupakan salah satu komponen yang terdapat pada karburator. Apabila pemasangan jarum skep kurang pas bisa mengakibatkan tenaga sepeda motor berkurang. Oleh karena itu, ketika tenaga kurang perlu di periksa posisi jarum skep. Perbaiki posisinya dengan benar.

Agar sepeda motor nyaman digunakan, selain perhatikan hal-hal yang berhubungan dengan tenaga kita juga perlu memperhatikan aki. Sebagai sumber listrik sepeda motor, kita perlu memperhatikan penyebab aki tidak mengisi dan juga penyebab aki motor tekor. Karena kerusakan pada aki juga merupakan penyebab ampere motor tinggi.

  1. Knalpot

Apabila knalpot berkerak akibat proses pembakaran, juga bisa menyebabkan tenaga motor berkurang. Terlebih lagi jika knalpot motor 2 tak, biasanya kotoran knalpot biasanya lebih kotor.

  1. Kampas Kopling

Kampas kopling berfungsi untuk mempertahankan gigi-gigi motor agar bisa menghasilkan tenaga. Jika kampas kopling rusak, maka gigi-gigi akan bergesekan dan aus. Hal ini karena mengakibatkan onderdil gigi harus bekerja keras dalam melakukan proses pembakaran.

Demikian informasi tentangPenyebab Motor 2 Tak Kurang Bertenaga, bagi anda yang berencana membeli motor antik seperti RX King, anda perlu mengetahui perbedaan RX-King dan RX Spesial.

Leave a Reply