Sponsors Link

6 Penyebab Mesin Motor Ngelitik dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Berbagai macam masalah teknis pada sepeda motor dapat terjadi dan penyebab paling besarnya adalah proses perawatan yang kurang baik dan usia motor sudah mulai usang serta cara penggunaan sepeda motor tidak benar dan terkesan memaksakan kinerja dari motor tersebut. Bagian perawatan motor yang kurang baik sepertinya masih merupakan penyebab terbesarnya sepeda motor mengalami permasalah teknis tersebut karena dengan perawatan yang baik meskipun sepeda motor memilik usia yang usang tetap saja masih bisa dicegah terjadinya kerusakan teknis tersebut.

ads

Sepeda motor biasanya akan memberikan beberapa tanda seperti bunyi bunyian ketika terjadi masalah didalam mesinnya. Mulai dari mesin motor bunyi klotok sampai dengan mesin motor yang berbunyi berisik yang pastinya disebabkan oleh adanya kerusakan motor. Dalam artikel ini, hargamotor.co.id akan membahas mengenai mesin motor ngelitik saat panas. Suara ngelitik merupakan kondisi dimana munculnya suara kasar dan berisik yang terus menerus. Kondisi suara tersebut dapat lebih terdengar ketika kondisi mesin panas. Berikut beberapa penyebab motor ngelitik berserta penjelasan dan cara mengatasinya.

  1. Tensioner Bermasalah

Kerusakan tensioner mesin sepeda motor merupakan penyebab pertama yang dapat menjadikan mesin motor ngelitik saat panas. Tensioner merupakan komponen pada mesin motor yang berfungsi untuk menjaga ketegangan rantai agar sesuai dengan yang dibutuhkan oleh mesin. Kerusakan pada komponen ini dapat menyebabkan munculnya bunyi berisik pada mesin sepeda motor dan yang terparah dapat mengakibarkan pergeseran posisi gear noken yang dapat menyebabkan piston dan payung klep bertabrakan. Terjadinya tabrakan inilah yang menyebabkan munculnya bunyi kasar dan berisik atau mesin yang ngelitik.

Bila sudah diangap tidak layak pakai maka solusi terbaik adalah dengan menganti tensioner motor yang bermasalah tersebut. Mengantinya menjadi tensioner manual dapat meningkatkan range penegangan timming chain sehingga bunyi berisik dari mesin juga dapat diatas, namun jangan telalu keras melakukan penegangan karena dapat menyebabkan timming chain menjadi putus. Tensioner bermasalah ini juga merupakan salah satu penyebab mesin motor berisik saat panas.

  1. Kerusakan Pada Piston

Penyebab motor ngelitik saat panas lainnya adalah adanya permasalahan pada piston. Piston merupakan komponen mesin yang sangat penting karena bertindak sebagai ruang bakar dari proses pembakaran bahan bakar. Kondisi piston yang berbenturan dengan klep masuk maupun klep keluar dapat menyebabkan bunyi ngelitik yang cenderung keras terjadi pada sepeda motor terutama ketika motor dalam kondisi panas. Untuk mengatasi kondisi piston yang bermasalah ini, sebaiknya bawalah motor ke bengkel dengan tenaga teknisi handal karena perlu pemeriksaan dan perbaikan yang mendalam.

  1. Jumlah Oli Mesin Kurang dan Kualitasnya yang Buruk

Penyebab lainnya yang menjadikan mesin motor berbunyi ngelitik pada saat panas adalah kondisi oli motor yang kurang dan bahkan sudah jenuh karena sudah lama tidak diganti. Oli berfungsi sebagai pelumas yang melapisi setiap komponen mesin agar tidak bergesekan secara kasar.

Kondisi oli yang sudah rusak dan dalam jumlah kurang dapat menyebabkan gesekan pada komponen mesin ketika digunakan menjadi sangat kasar sehingga akan memunculkan suara berisik pada sepeda motor dan dapat menyebabkan mesin cepat panas. Jika oli tidak segera ditambah atau diganti maka kemungkinan komponen mesin mengalami keausan dan saling melekat satu sama lain akan membuat kondisi mesin yang tidak bisa digunakan. Cara mengatasinya cukup sederhana yakni dengan menganti oli dengan oli baru dalam jumlah yang cukup.

  1. Stang Seher yang Bermasalah

Kondisi permasalah lainnya yang juga dapat menyebabkan munculnya suara kasar atau bunyi ngelitik pada mesin sepeda motor yang panas adalah kondisi dimana ring dan stang seher bermasalah. Ring dan stang seher merupakan komponen mesin yang berfungsi sebagai penahan kompresi yang terjadi pada mesin. Adanya masalah pada komponen tersebut menyababkan kompresi motor tidak teratur sehingga muncul bunyi berisik dari mesin sepeda motor.

Sponsors Link

  1. Timming Chain yang Kendor

Selain stang seher, kendornya timing chain juga merupakan salah satu penyebab munculnya bunyi ngelitik saat motor dalam kondisi panas. Timming chain merupakan komponen mesin berupa rantai yang terletak di bagian samping kiri pada mesin sepeda motor. Rantai ini berfungsi sebagai penghubung antara poros engkol dan poros nok.  Timming yang ada pada mesin ini dapat mengalami kekendoran sehingga menimbulkan masalah bunyi ngelitik pada sepeda motor yang dengan mudah ditandai apabila bunyi tersebut berasa dari sebelah kiri mesin dan dalam kondisi mesin yang panas.

Untuk mengetahui kondisi timming chain ini apakah bermasalah maka dibutuhkan cara mengecek mesin motor yang benar dan dilakukan oleh ahlinya. Cara mengatasi masalah timming chain ini adalah dengan menganti komponen timming chain tersebut.

  1. Permasalahan Pada Komponen Lainnya.

Penyebab lain adalah Ausnya komponen komponen penyusun sepeda motor. Kondisi tersebut umumnya ditandai dengan suara mesin berisik seperti ngelitik pada bagian motor sebelah kanan. Penyebab munculnya suara tersebut diantaranya adalah rumah kopling yan aus serta leher pada gearbox yang juga aus. Sepatu ganda dan mangkuk kopling juga dapat menjadi penyebab munculnya suara klotok klotok pada mesin dan biasanya disertai dengan kondisi motor kurang tenaga serta penurunan performa dari mesin. Solusi untuk mengatasi keausan ini adalah dengan menganti komponen yang aus menjadi komponen yang lebih baru.

Kondisi kondisi diatas merupakan penyebab yang bertanggung jawab terhadap keadaan motor ngelitik saat panas.Untuk menghindari kondisi seperti ini, selalu perhatikan perawatan motor dan gunakan dengan baik serta gantilah komponen bila memang sudah mengalami kerusakan.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis

Leave a Reply