Sponsors Link

2 Penyebab Komstir Motor Rusak

Sponsors Link

Salah satu komponen yang terdapat pada kendaraan roda dua adalah komstir. Adapun komstir ini merupakan komponen batang stir motor yang berfungsi sebagai penyelaras agar kendali motor anda tetap terjaga. Atau dengan kata lain istilah komstir   ini kurang lebih bisa dibilang adalah komponen atau piranti pengendali. Pada umumnya komponen atau suku cadang ini dijual 2 set yang terdiri dari rumah komstir dan juga race ball nya.

ads

Oleh karena pentingnya peranan suku candang yang satu ini sobat, maka anda perlu melaluakn pengecekan dan perawatan secara rutin dan berkala terhadap komponen tersebut, karena jika komstir atau pun komponen stang motor pada motor anda bermasalah, tentunya akan membuat handling sepeda motor anda akan terganggu dan membuat anda tidak nyaman menggunakannya.

Bukan hanya itu sobat, hal yang lebih penting adalah akan berpotensi menimbulkan bahaya terhadap pengendaraan anda dan juga orang yang kebetulan ada di sekitar anda. Lantas apa sebenarnya penyebab komstir motor rusak. Yuk sobat langsung saja kita simak ulasan berikut ini. Cekidot.

1. Penggunaan Motor yang Kurang Baik

Penyebab yang pertama adalah karena penggunaan komstir motor anda yang kurang baik. Sebut saja pada saat anda melewati jalanan berlubang dan area yang terjal, sehingga dudukan bola – bola atau pelor akan menjadi mudah aus. Pada saat terjadi keausan pada bagian ini, maka secara otomatis akan merusak power handle atau komstir pada motor anda. Oleh karena itu perhatikan kembali pengunaan komstir anda secara teratur. Selain itu ketahui cara mencegah stang motor bengkok agar tetap nyaman saat berkendara.

2. Komstir Kurang Grease

Penyebab yang kedua adalah karena komstir  kekurangan grease. Pada saat komponen pada komstir anda kekurangan grease, misalnya saja komponen bola – bola pada motor anda, maka hal ini akan membuat komstir motor anda akan cepat rusak, dimana pada saat bola – bola komstir tersebut kering, maka setang motor anda akan terasa berar oleh karena pelor pada setang tersebut sudah aus, sehingga putaran mur pengikat komstir tersebut akan semakin kencang seiring pergerakan setang tersebut.

Lantas, kapan anda sebaiknya mengganti komstir  tersebut agar berkendara anda aman sobat? Beriktu ulasannya untuk anda.

  • Yang pertama, apabila anda merasa ada sesuatu yang aneh dan membuat anda tidak nyaman pada saat memegang atau menggunakan komstir tersebut. Sebut saja pada saat komstir tersebut terasa kaku pada saat anda melewati jalanan lurus sekalipun, terlebih lagi pada saat anda melewatu jalanan tikungan. Seperti antara setang dengan roda depan yang tidak sinkon.
  • Yang kedua, adanya getaran yan lebih besar pada setiap kali anda melewati lobang, bahkan kadang terasa membal. Selain itu kadang keluar pula suara yang kasar yang berasal dari sekitar garpu depan. Jika anda sudah merasakan tanda –  tanda seperti ini sobat, ada baiknya anda segera melakukan penggantian pada komponen komstir.
Sponsors Link

Karena tergolong komponen atau suku cadang yang berhubugan langsung dengan keselamatan anda, maka anda baiknya jika anda melakukan perawatan secara berkala agar pengendaraan anda tetap aman. Kenali kerusakan yang terjadi pada motor anda terlebih dahulu sebelum mulai mencoba cara yang penulis berikan untuk anda. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis

Leave a Reply