Categories
Masalah Teknis

5 Penyebab Knalpot Nembak pada Saat Lepas Gas yang Harus Diketahui

Pada waktu sekarang ini sudah banyak sekali orang yang memiliki kendaraan dan para pemiliknya sudah tentu mengharapkan kendaraanya disetiap saat untuk memenuhi kepentingannya. Dapat membawa ke tempat tujuan dengan cepat dan selamat, serta terlepas dari adanya faktor kecelakaan yang bukan menjadi kesalahannya, jadi kendaraan nya itu selalu diharapkan dapat memenuhi fungsinya dengan baik. Namun hal tersebut tidak akan memenuhi harapan yang dimaksud apabila kendaraan tersebut tidak pernah mendapatkan perawatan sebagaimana mestinya. Baca Efek Samping Motor Injeksi Tidak Dirawat.

Sebuah  sepeda motor adalah hasil rangkaian dari bagian – bagian mekanis yang bekerja sama sehingga kendaraan itu dapat bergerak dengan membawa penumpang/pengemudinya. Bagian – bagian dari mekanis tersebut setelah jangka waktu pemakaian tertentu perlu diperiksa, dibersihkan, diberi pelumas, disetel kembali kedudukannya dan yang rusak (aus) diganti baru.

Demikian banyak bagian – bagian mekanis yang ada sehingga semuanya itu kelihatan seperti suatu pekerjaan yang sukar dan berat untuk melakukkan perawatan yang teratur pada kendaraannya. Hal tersebut ditambah lagi kekurang pengetahuan dari bagian – bagiannya. Baca Tips Aman Berkendara di Medan Ekstrim.

Sekarang akan kita bahas efek nembak yang sering di keluhkan oleh sebagian pengendara sepeda motor pada saat lepas gas, kondisi tersebut dimana bisa kita sebut dengan nama backfire / afterburn, artinya ada gejala bahwa mesin kendaraan yang dipakai sedak tidak layak jalan / rusak sehingga menghasilkan suara ledakan dan menyebabkan kedaraan kurang maksimal.

Adapun penyebab dan solusi dari permasalahan tersebut adalah pada essensinya mesin pada bagian pembakaran kurang bekerja optimal, adapun beberapa kemungkinan yang terjadi  untuk permasalahan knalpot yang nembak saat lepas gas adalah sebagai berikut :

  1. Setelan Karburator

Karena stelan karburator tidak sesuai adalah bongkarlah karburator dan segera bersihkan menggunakan carbu cleaner, liat secara teliti dan detail pada bahian yang dinamakan main jet yang ada salauran udaranya, kemudian setelah itu lakukanlah pengecekan pada membrane karet, jika ada hal yang aus atau keadaan bocor sebaiknya ada ganti dengan yang baru. Baca Ciri Ciri Laher Motor Rusak.

Disarankan jika tidak mempunyai keahlian di bidang perbengkelan janganlah membongkarnya sendiri, lebih baik cari bengkel yang resmi agar kendaraan kita di service dengan baik sesuai dengan standar dari pihak bengkel resmi

  1. Kondisi pada Busi

Lihat kondisi pada bagian busi untuk tahap selanjutnya bisa kita bongkar keadaan busi pada kendaraan, keadaan busi yang mati ataua rusak akan mempengaruhi pada perapian motor, kemungkinan akan menyebabkan percikan api yang kecil, hal ini bisa mengakibatkan pembakaran yang tidak sempurna dan mempengaruhi kepada bensin yang tidak akan terbakar, dan hal ini menyisakan sisa bensin yang tidak keluar dan berakibat suara ledakan tersebut.

Gunakanlah busi yang sesuai dengan standar agar kendaraan lebih layak jalan, kemudian cek secara rutin 1 – 2 bulan keadaan busi lihatlah dengan detail di bagian spark plug bila sudah terlalu tebal maka disarankan segeralah mengganti busi tersebut, bila kita memaksakan memakai busi yang rusak akan mengganggu mesin kendaraan, bukan menjadi baik malah akan menjadi semakin parah bila tetap memaksakan.

  1. Banyaknya Campuran pada Bahan Bakar Campuran

Yang dimaksud disini adalah bercampuranya udara berbanding dengan bahan bakar yang tersedia, agar pembakaran ada pada tahap maksimal maka pihak pabrikan biasanya menyarankan perbandingan antara udara dan bahan bakar harus pas, setiap pabrikan mempunyai standar yang berbeda – beda.

Ada istilah yang kita namakan combustion chamber dimana kondisi tersebut telah bersatu antara bahan bakar dan udara secara baik, sedangkan dalam keadaan yang tidak baik padasaat terjadi pembakaran maka hal tersebut bisa menyebabkan bunyi ledakan, biasanya masalahnya ada di ujung knalpot atau bisa disebut muffler dan bisa juga pada bagian pipa bahan bakarnya. Baca Cara Memperbaiki Rem Cakram.

  1. Periksa Penyaring Udara Kotor

Kemudian kita bisa melihat kondisi pada saringan filter, hal ini sangatlah penting dilakukan, karena saringan udara ini pengaruhnya sangat lah besar terhadap bunyi ledakan yang dikeluarkan oleh motor, saringan udara yang tidak bersih akan menyebabkan suara ledakan yang meledak – ledak, dan dengan waktu yang sangat lama bila hal ini tidak segera diperbaiki akan menyebabkan motor tidak bisa langsam, bisa mengakibatkan keadaan pada seher lebih cepat aus. Fungsi utama saringan filter ini adalah untuk menyaring udara kotor yang masuk, sehingga udara yang bersihlah yang akan masuk karena sudah tersaring oleh filter tadi.

  1. Kondisi AIS yang Tidak Baik

Fungsi yang paling utama dari ais ini sendiri adalah, mengantar udara yang bersih ke saluran buang demi menurunkan emisi agar tidak membahayakan lingkungan dan orang sekitar. Dan ais ini adalah bertindak sebagai pemersatu yang meledakan sisa campuran dari bahan bakar.

Tentunya kita harus merawat kendaraan kita dengan sangat baik, agar keselamatan dan kenyamanan kita dalam berkendara bisa berjalan dengan baik, hal ini harusa ada kepedulian dari kita sebagai pemilik kendaraan bukan hanya sebagai pemakainya saja melainkan dirawat dengan baik, proses perawatan bisa kita lakukan sendiri andaikan punya kemampuan di dunia perbengkelan ataupun bisa melalui bengkel resmi yang sudah ditunjuk oleh pabrikan motor tersebut, demikian lah pembahasan tentang ini dibuat semoga bermanfaat. Baca juga Motor Ngempos di RPM Tinggi.

Leave a Reply