Categories
Masalah Teknis

2 Penyebab Knalpot Nembak Pada Motor Matic dan Cara Mengatasinya

Umumnya sebuah knalpot kendaraan selalu dibuat memanjang dengan arah ke belakang, bentuk yang demikian itu ideal, lebih memberikan keleluasaan untuk memasang muffler (saringan), disamping untuk menghindari sisa – sisa pembakaran (gas buang) yang beracun. Secara teoritis makin panjang sebuah knalpot akan makin baik fungsinya untuk meredam bunyi, namun hal terssebut sudah tentu akan menghilangkan segi estetik kendaraan dan pembuatannya. Dengan dibuat lebih lebar maka persoalan tersebut telah dapat ditanggulangi dengan baik. Seperti knalpot megaphone misalnya. BacaPenyebab Motor Sering Mogok.

Fungsi lain dari knalpot adalah sebagai keseimbangan kerja karburator pada putaran tinggi sehingga didapat tenaga mesin yang maksimal. Bentuknya secara keseluruhan terbuat dari metal (besi) mempunyai kegunaan sebagai pembantu pendingin mesin. Panas dari silindernya sedikitnya akan merambat pada knalpot. Gas – gas buang selain bertekanan juga membawa panas pada silinder. Dengan lajunya kendaraan dan bertiupangin, seluruh dinding knalpot akan menjadi dingin. Gas – gas buang yang didalamnya pun ikut menjadi dingin dan tekanannya berkurang. Jadi dinding – dinding knalpot perlu dijaga kebersihannya dari kotoran minyak, lumpur atau debu agar dapat membantu mendinginkan mesin sehingga kendaraan bisa berjalan dengan nyaman.

Terlepas dari bentuknya serta ukuran yang di tentukkan oleh pabrik pembuatnya, fungsi sebuah knalpot adalah ternyata tidak sederhana. Dimulai sebagai alat pembuang sisa – sisa pembakaran. Pada waktu di dalam selinder terjadi ledakan, gas – gas sisa dari pembakaran masih mempunyai tekanan cukup tinggi.

Sekitar 2 – 4 Atmosfir. Tekanan sebesar itu kalau lepas begitu saja keluar akan menghasilkan ledakan, karena terjadi benturan dengan udara. Dalam hal ini mesin pada 2 tak (2 langkah) akan mempunyai suara yang lebih keras dibandingkan dengan mesin 4 tak (4 langkah) sisa pembakaran mesin 4 tak akan melewati dulu klep yang membuka perlahan secara mekanis, dengan demikian akan terjadi peredam bunyi walaupun hanya sebagian. Suara ledakan itu sudah tentu demikian menganggu apabila dibiarkan begitu saja. Baca Cara Merawat Busi Agar Tidak Cepat Lepas.

Untuk mengurangi sisa – sisa gas buang yang bertekanan itu disalurkan di dalam pipa knalpot sepeda motor  terbatas seperti telah disebutkan diatas, maka didalamnya dibutuhkan sekali saringan knalpot. Sebuah pipa berkubang – lubang dan di bagian ujungnya di pasang glasswool untuk lebih menyempurnakan peredam. Adanya glaswool di dalam knalpot selain untuk menyadap juga menyaring gas – gas beracun (mengurangi polusi)

Selain dari hal tersebut diatas bisa kita lihat dari packing knalpot yang sudah tidak layak lagi dipakai dan pada mur pengikat yang tidak kuat dalam mengikatnya, sehingga bisa mengakibatkan kebocoran pada bagian gas buang dan membuat bunyi pada knalpot menjadi nembak

Sedangkan untuk kasus pada motor matic yang sering terjadi suara letupan atau biasanya pada masyarakat umum lebih dikenal dengan sebutan “nembak” , ada beberpa faktor yang mempengaruhinya, yaitu.

  1. Terjadinya kerusakan pada penyuplai udara yang bersih ke dalam suatu pembakaran, bisa dicontohkan pada bagian air srew di karburator yang sudah habis (aus) atau bisa juga dengan setelah karburator yang kurang baik. Baca Penyebab Aki Motor Tekor.
  2. Selain dari pada itu ada hal lain yang mempengaruhi bunyi letupan atau nembak tadi, yaitu pada bagian busi yang sudah tidak dalam kondisi baik sehingga sudah tidak layak untuk dipakai lagi, apabila kita memaksakan bunyi tersebut akan mempengaruhi pada kenyamanan kendaraan yang dipakai.

Ada beberapa cara dan langkah yang dilakukkan untuk memperbaiki dan memeriksa suara nembak pada kendaraan matic sehingga suara tersebut bisa hilang, mungkin banyak cara yang lain di luar sana, mungkin cara di bawah ini bisa membantu untuk menghilangkan suara knalpot nembak pada motor matic :

  • Untuk langkah awal bisa anda lakukan adalah mengecek setelan karburator, aturlah setelan karburator tersebut yang sesuai dengan motor atau pada standar 2.5 – 3 putaran penuh, atau bisa disesuaikan dengan kebutuhan motor anda.
  • Langkah berikutnya adalah dengan memeriksa selang pada vakum bakan bakar yang menuju pada bagian tangki, periksa kembali dan pastikan selang tidak bocor
  • Pada bagian ini cobalah memeriksa filter udara pada motor, karena bisa jadi ada yang menghambat pada bagian filter yang menyebabkan penghambatan pada aliran udara, sedangkan aliran udara tersebut mempengaruhi pada komponen yang lain seperti karburator, sehingga bersatunya udara dan bahan bakar, gantilah filter udara pada jarak kendaraan di 15.000 km karena pada motor matic menggunakan element basah sehingga perlu sekali pergantian menggunakan yang baru agar kendaraan menjadi nyaman.
  • Cek keadaan busi, bila busi sudah tidak layak pakai segeralah mengganti dengan yang baru sehingga perapian pada kendaraan berfungsi dengan baik. Baca Cara Mengecat Velg Motor Tanpa Melepas Ban.
  • Untuk bagian akhir cobalah periksa bagian AIS (air conduction system), biasanya kebanyakan dari sini lah yang banyak kesalahannya, tutuplah memakai apapun agar ketutup, essensinya ais sendiri adalah menginjeksi udara bersih ke udara yang menyebabkan pembuangannya menjadi ramah lingkungan.

Demikian beberapa  analisa yang bisa diberikan terkait perihal tentang penyebab knalpot pada mesin matic mengeluarkan bunyi nembak, semoga bermanfaat bagi para pembaca. Baca juga Penyebab Engkol Motor Keras.

Leave a Reply