Categories
Masalah Teknis

Penyebab Knalpot Nembak pada Motor Injeksi dan Cara Memperbaikinya

Sejalan dengan kemajuan ilmu dan teknologi di dunia ini, maka akan banyak hasil penemuan dan penelitian teknologi baru dimanfaatkan pada sepeda motor, terutama teknologi dan yang menyolok salah satunya  adalah pada bidang elektronika, seperti contoh yang sekarang diterapkan pada sepeda motor adalah pada system pengapian elektronika, system injeksi bahan bakar secara elektronika atau disingkat namanya EFI (Elektronic Fuel Injection) dan sebagainya. Baca Cara Memperbaiki Rem Cakram Motor Masuk Angin.

Beberapa tahun  silam sepeda motor buatan eropa dan amerika banyak terlihat di jalan – jalan dengan ukuran sedang, akan tetapi untuk dasa warsa ini sepeda motor buatan pabrikan jepang sangat merajai sekali di Indonesia dan bahkan bukan hanya di negeri ini akan tetapi mencakup pasaran international.

Terlepas dari kemajuan teknologi  diatas maka prinsip kerja dari motor yang digunakan pada sepeda motor, scooter, injection adalah tetap sama dengan menggunakan bahan bakar atau mesin yang digunakan adalah menggunakan mesin 4 tak (4 langkah) dengan bahan bakar menggunakan bensin premium/pertalite

Tipe mesin tersebut diatas dapat menghasilkan tenaga dengan jalan membakar campuran bensin dan udara di dalam ruangan yang tertutuprapat di bagian dalam mesin tersebut. Campuran bensin dan udara ini dinyalakan dengan jalan di berikan percikan api yang dihasilkan akibat loncatan listrik arus tegangan tinggi pada busi (spark plug), jadi secara teknik membahas mesin jenis ini adalah sama dengan membahas mesin dengan system pengapian pada busi. Baca Tanda dan Ciri Fisik Busi Harus Ganti.

Dari beberapa sekian banyak tipe dan jenis sepeda motor yang ada di Indonesia, ada beberapa yang akan kita bahas permasalahannya, salah satunya adalah tipe injeksi dimana kadang kita sering menjumpai pada knalpot yang sering berbunyi nembak atau “dar” dan membuat laju kendaraan yang kita tunggangi tidak nyaman, penyebab nya sama saja dengan permasahan pada motor lainnya, pada sebagian orang ada yang beranggapan bahwa hal ini adalah hal yang sangat ringan, akan tetapi bisa berakibat fatal jika kita biarkan terus menerus.

Kebanyakan suara atau bunyi yang dihasilkan dari bunyi tersebut terjadi ketika selongsong pada bagian gas yang kita kemudikan di tarik dan di ulur secara mendadak, contoh lainnya adalah seperti ketika kita menggunakan rem kita yang mendadak, tiba – tiba saja tarikan gas menjadi turun drastic, ini lah yang menjadi pemicunya yang biasa di kenal dalam dunia perbengkelan adalah “knocking”. Baca Efek Buruk Jika Kenalpot Tidak Standart.

Knocing adalah adanya pembakaran yang berjalan secara tidak normal dengan ditandai dengan adanya suara ledakan pada bagian knalpot yang kita pakai, ada beberapa hal lainnya yang menyebabkan knalpot mengeluarkan bunyi nembak, bisa jadi pada bahan bakar oktan yang ignition timingnya kurang tepat, pre ignition dan detonationnya, dimana knocking ini akan mempengaruhi secara besar pada sepeda motor andaikan saja kita biar kan.

Kemudian dari bunyi ledakan biasanya akan diikuti oleh getaran yang menggetarkan sepeda motor dan akan sangat merusak pada bagian mesin, khususnya di piston dan pada beberapa bagian lainnya. Saking seringnya bunyi yang di hasilkan oleh knalpot tadi maka secara tidak langsung akan merusak kenyamanan pada pengendara dan orang – orang di sekitar, selain hal tadi di atas penyebab lainnya juga sangat banyak bisa kita contohnya misalnya pada bagian knalpot yang sudah menurun nilai ekonomisnya dan stelan pada karburator juga kadang mempengaruhi pada system perapian sepeda motor. Baca Efek Samping Motor Pakai Knalpot Racing.

Cara Memperbaiki

Berikut adalah beberapa cara untuk memperbaiki knalpot yang nembak :

  1. Periksa kembali secara rutin kelayakan busi yang di pakai , usahakanlah periksa secara berkala atapun bisa kamu lakukan setiap perawatan, jika sudah tidak layak segeralah ganti dengan budi yang baru, pada sebuah penelitian sebuah busi harus diganti setiap 6000 km, dan atur ulang gapnya menjadi 0.7 mm menggunakan alatnya
  2. Kemudian periksa bagian filter udara, agar berfungsi secara baik, usahakan hal ini dilakukan secara rutin agar tidak menghambat pada perapian di bagian karbutor. Ada 2 tipe pada beberapa jenis kendaraan motor, ada yang memakai filter kering dan ada juga memakai elemen basah, bersihkan lah filter tersebut dengan memakai kompresor atau dengan mengganti yang baru bila seandainya sudah sangat kotor sekali
  3. Lakukan lah pengecekkan pada AIS, karena pada bagian ini biasanya banyak kesalahan dimana mengakibatkan knalpot nembak, jalan keluar yang paling baik adalah dengan menutup selang pada bagian AIS yang dimana pembuangan tersebut menuju lubang buang angin.
  4. Periksa pilot screw pada motor, kemudian lakukanlah pengecekan pada angin – angin di karburator, lakukan pengecekan dengan baik, biasanya dilakukan 2 – 3 kali putaran untuk standarnya, bisa juga lakukkan sesuai dengan kebutuhan motor anda
  5. Lakukan pengecekkan rutin di bengkel resmi, agar semua fungsi pada berjalan dengan baik.

Kesimpulannya adalah kita harus lebih sering rutin dalam memeriksa kendaraan yang dipakai, agar kendaraan tersebut nyaman dan mesin menjadi awet, seandainya motor tidak pernah kita rawat tentunya akan sangat cepat merusak mesin kendaraan, bila ada keinginan untuk memodifikasi pada knalpot, sebaiknya lakukan dengan standar agar bunyi yang dikeluarkan bukan mengeluarkan suara nembak. Baca juga Penyebab Lampu Led Motor Redup.

Leave a Reply