Categories
Masalah Teknis

Penyebab Knalpot Motor Keropos dalam Waktu yang Cepat

Jika kita berbicara mengenai sepeda motor atau kendaraan roda dua ini sobat, tentunya perananya serta jam terbangnya sangat tinggi untuk mendukung kelancaran aktivitas kita sehari –  harinya. Knalpot ini merupakan salah satu komponen atau piranti yang tergolong cukup penting dari sebuah motor serta memiliki kelengkapan komponen knalpot motor. Hal ini tentunya sudah kita ketahui bersama ya sobat.

Adapun knalpot tersebut merupakan komponen atau piranti yang berfungsi untuk meredam suara hasil proses pembakaran yang terjadi pada ruang mesin anda sebab itu harus sellau dirawat agar terhindar dari penyebab knalpot motor mudah lepas. Selain itu, knalpot ini juga berfungsi sebagai saluran yang membuang gas emisi sisa dari hasil pembakaran yang terjadi pada mesin anda. Oleh karena hal tersebutlah, komponen yang satu ini memang sangat penting keberadaanya dalam kendaraan anda.

Namun meski perannya sangat penting sobat, ada begitu banyak yang menyepelekan kondisi knalpot ini dalam kendaraanya. Sebut saja knalpot yang keropos atau penyebab knalpot mudah lepas. Masalah seperti ini kerap sekali terjadi dan disepelekan oleh para pemilik motor tersebut.  Namun ada bainya sobat semua mengetahui Penyebab Knalpot Motor Keropos dalam Waktu yang Cepat tersebut agar anda bisa melakukan pencegahan sejak dini. Untuk ulasan selanjutnya, langsung saja kita simak ulasan berikut ini sobat.

1. Karena Karatan

Penyebab yang pertama adalah karena knalpot tersebut karatam. Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, salah satu penyebab dari knalpot keropos adalah karena faktor karat yang terdapt pada knalpot tersebut. Karat tersebut lama kelamaan akan menggerogoti knalpot tersebut sehingga berakhir pada knalpot yang keropos. Nah untuk menghindari hal ini, sebaiknya perhatikan kebersihan dari knlapot motor anda jangan sampai karatan yang nantnya akan berdampak pada keropos ya sobat.

2. Pemakaian Motor Dengan Jam Terbang Yang Tinggi

Penyebab yang kedua adalah karena pemakaian motor dengan jam terbang yang tinggi. Jika pemakaian motor anda terlalu tinggi, maka sudah otomatis knalpotnya pun akan panas akibat dari panas yang dikeluarkan oleh mesin dari motor anda. Jika hal ini terus menerus terjadi, maka akan berdampak buruk pada knalpot motor anda, yakni  akan berdampak pada knalpot yang keropos meskipun pemakaiannya masih belum lama.

3. Terkena Air Pada Saat Kondisi Panas

Penyebab yang ketiga adalah knalpot anda terkena air pada saat kondisi panas. Pada saat kondisi knalpot anda panas, kemudian terkena oleh air, nah ini akan berdampak buruk apda knalpot  anda. Pada awalnya memang kondisi seperti ini , dampaknya tidak langsung terlihat,

namun jika terjadi dalam waktu yang lama akan berpotensi membut knalpot nada mejadi karatan. Jika sudah karata dan berlangsung secara terus menerus, akan membuat knalpot anda menjadi keropos  dalam waktu yang cepat. Oleh karena itu, perawatan sejak dini sangatlah dibutuhkan oleh knalpot ini agar kondisinya tetap awet.

Itulah ulasan singkat mengenai penyebab knalpot motor keropos dalam waktu yang cepat yang bisa penulis sajikan buat sobat semua pada postingan kali ini. Terima kasih buat anda yang sudah berkunjung dan membaca artikel ini, semoga bermanfaat buat anda semua. Salam otomotif selalu.

Leave a Reply