Sponsors Link

Penyebab Honda Beat Hilang Tenaga dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Ketika sedang melakukan perjalanan, tiba – tiba motor Honda Beat kesayangan kita mengalami masalah, yaitu tiba – tiba saja kehilangan tenaga, yang membuat kita merasa gondok dan nyaris emosi. Bukan hanya tenaga dan pikiran yang terkuras , tetapi juga waktu kita pun akan tersita apabila mengalami kejadian seperti ini ya sobat. Apakah sobat semua adalah termasuk salah seorag yang pernah mengalami hal seperti ini? Tentunya sangat tidak enak ya sobat, apalagi sedang di perjalanan dan jarak dari bengkel ke tempat anda cukup jauh.

ads

Sebenarnya ada beberapa hal yang menjadi penyebab Honda Beat hilang tenaga sobat. Nah sobat bagi anda yang memang pernah mengalami hal seperti yang penulis sebutkan diatas, atau mungkin sobat yang ingin antisipasi agar tidak terjadi dikemudian hari pada Honda Beat kesayangan anda, ada baiknya sobat semua menyimak ulasan yang akan penulis jabarkan dibawah ini ya sobat. Yuk kita simak dengan seksama.

1. Setelan Karburator Motor Anda yang Tidak Tepat

Faktor utama yang menjadi penyebab Honda Beat hilang tenaga atau penyebab tenaga motor seperti tertahan adalah pada bagian karburatornya. Biasanya Honda Beat anda akan kehilangan tenaga apabila settingan atau setelan karburatornya tidak tepat sesuai dengan standar pabrikannya. Selain settingan yang kurang tepat, karburator yang kotor, pilot jet dan main jet yang dimodifikasi tetapi tidak sesuai dengan spesifikasi mesin dan jarum skep mengalami masalah adalah beberapa faktor yang menjadikan karburator anda tidak bekerja dengan maksimal.

2. Berbagai Kotoran Seperti Kerak yang Bersarang di Ruang Pembakaran

Penyebab Honda Beat hilang tenaga yang kedua dan tarikan motor ngeden ialah karena banyaknya kotoran yang sudah mulai berkerak di bagian ruang pembakaran. Selain masalah pada karburator, runag pembakaran pada motor anda yang sudah berkarat dengan kotoran juga merupakan salah satu penyebab Honda Beat anda kehilangan tenaga.

Ketika kerak bekas karbon pada pembakaran anda menumpuk, maka hal ini akan menghambat proses pembakaran pada motor anda. Nah sobat jika sudah ada masalah pada proses pembakaran sudah brang tentu tenaga pada mesin motor anda juga akan mengalami penurunan yang cukup signifikan tentunya.

3. Settingan ECU yang Kurang Tepat

Penyebab Honda Beat hilang tenaga selanjutnya ialah settingan pada ECU yang kurang tepat. Selain settingan karburator yang tidak tepat, settinagn ECu yang tidak tepat  juga tentu akan memengaruhi tenaga pada motor anda. Jenis injector ini merupakan perangkat atau komponen yang bertugas untuk mencampur udara dan juga bahan bakar yang nantinya akan diteruskan keruang pembakaran.

Nah sobat settingan ECU yang kurang tepat tentunya juga akan memengaruhi sistem pencampuran udara dan bahan bakar pada motor anda tentunya, yang dapat mengakibatkan penurunan atau menghilangkan sama sekali tenaga pada motor anda.

4. Sistem Pengapian yang Lemah

Berikutnya faktor yang dapat memengaruhi hilangnya tenaga pada mobil anda adalah sistem pengapian yang lemah pada motor anda. Apabila sistem pengapian pda motor anda sudah lemah, maka sudah pasti pembakaran yang terjadi pun tidak akan berjalan dengan sempurna.

Sponsors Link

Kemudian apabila sistem pengapian tidak berjalan dengan sempurna, sudah pasti tenaga pada motor anda akan mengalami penurunan yang cukup signifikan dan bisa juga akan menghilangkan tenaga pada motor Honda Beat anda sama sekali. Sistem pengapian merupakan hal utama dan hal yang penting terhadap kinerja atau performa mesin motor Hnda Beat kesayangan anda ya sobat.

ads

5. Rasio Final Gear yang Ada Pada Motor Anda Terlalu Kecil

Faktor yang lainnya yang bisa saja mengurangi atau menghilangkan sama sekali tenaga pada motor Honda Beat kesayangan anda adalah dikarenakan oleh rasio gear yang ada pada motor anda terlalu kecil atau tidak sesuai dengan spesifikasi dari pabrikan motor anda tersebut.

Final gear merupakan rasio atau final gear yang dapat kita peroleh dari pembagian antara ukuran atau jumlah mata gear belakang dibagi dengan jumlah mata gear apda bagian depan. Umumnya final gear pada motor berkisar antara 3.0 sampai dengan 2.6. Namun pada kenyataannya, seringkali pemilik motor tersebut mengganti final gear pada motornya.

Tetapi tidak melakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap final gear yang sebelumnya, sehingga mengakibatkan final gear yang digunakan tidak sesuai dengan spesifikasi motornya. Nah sobat, hal inilah yang merupakan salah satu faktor yang dapat memengaruhi hilangnya tenaga pada Honda Beat kesayangan anda. Untuk itu apabila anda ingin mengganti gear motor anda perhatikan juga spesifikasinya yang tepat ya sobat.

4. Busi Pada Motor Anda Sudah Aus

Busi merupakan salah satu kompnen yang sangat berpengaruh besar terhadap sistem pengapian pada kendaraan Honda Beat anda sobat. Untuk itu anda perlu tau mengenai cara membersihkan busi motor. Apabila busi anda mengalami masalah seperti sudah aus, berkarat, kotor atau berbagai jenis masalah lainya, maka dapat dipastikan sistem pengapian pada motor anda juga kana mengalami masalah, untuk itu sering – seringlah melakukan penegcekan terhadap bsui motor anda ya sobat, agar anda motor anda tidak mengalami hilang tenaga nantinya.

5. Filter Udara Pada Motor Anda Kotor

Penyebab Honda Beat hilang tenaga yang terakhir serta penyebab tarikan motor jadi berat ialah karena bagian filter udara pada motor kondisinya sudah sangat kotor. Filter udara ini juga merupakan salah satu komponen yang tidak kalah penting fungsinya pada sisitem pengapian pada kendaraan anda sobat. Seperti yang sudah kita ketahui bersama, pada sistem pengapian sudah barang tentu akan melibatkan udara didalmnya utnuk proses pembakaran bersamaan dengan bahan bakar kendaraan anda.

Nah sobat, yang sering terjadi adalah sistem filter udara pada kendaraan anda tidak berfungsi maksimal yang mengakibatkan udara yang disaring oleh filter udara ini tidak maksimal juga. Hal ini mengakibatkan udara yang kotor pun akan masuk ke ruang pembakaran pada kendaraan anda.

Jika udara yang masuk tidak bersih, maka bosa dipastikan proses pengapian dalam mesin anda pun akna bermasalah, yang nantinya kana berpengaruh pada kinerja mesin atau performa mesin anda, yang juga akan menurunkan tenaga mesin anda atau menghilangkan tenaga mesin itu sama sekali loh sobat.

Oke sobat, sampai disini dulu pembahsan kita tentang penyebab Honda Beat hilang tenaga ya sobat. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi sobat semua dan tentunya bisa menambah wawasan anda.  Terima kasih bagi sobat semua yang sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Sampai ketemu di artikel selanjutnya ya sobat. salam hangat selalu dan salam otomotif.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis

Leave a Reply