Sponsors Link

8 Penyebab Gear Depan Motor Depan Bunyi dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Penyebab gear depan motor depan bunyi bisa karena berbagai kemungkinan. Untuk itu sangat diperlukan perhatian khusus dan perawatan secara rutin agar kondisi gear depan motor anda tetap dalam kondisi dan peforma yang baik.

ads

Aktivitas dan kebiasaan menggunakan motor dengan cara kasar dan tidak baik akan menyumbang berbagai masalah pada motor yang anda gunakan. Sebagai pengendara sebaiknya anda memahami bagaimana menggunakan motor yang baik. Anda juga harus lebih peka jika saat mengendarai terasa ada bagian yang kurang enak, segera ditindak lanjuti. Pahami juga penyebab aki motor cepat drop

Penyebab Gear Depan Motor Depan Bunyi

Pada dasarnya bagian ini berhubungan dengan bagian lain karena merupakan satu kesatuan dalam satu paket. Gear depan termasuk dalam paket yang saling berhubungan dengan gear belakang dan juga rantai. Satu paket yang berisi tiga komponen ini mempunyai satu fungsi untuk menggerakkan roda bagian belakang.

Permasalahan yang ada pada bagian gear tidak hanya disebabkan karena lama pemakaian (usia gear), namun bisa juga diketahui dari bunyi yang ditimbulkan dari bagian gear itu sendiri. Ketika bunyi gear sudah mulai berisik, artinya anda harus segera mengambil tindakan sebelum terjadi masalah yang lebih serius.

Pada artikel kali ini akan membahas mengenai penyebab gear depan motor depan bunyi yang nantinya diulas lebih dalam sehingga bisa anda jadikan sebagai bahan referensi, yuk kita simak bersama – sama penjelasan berikut ini :

1. Kebiasaan Melakukan Pengereman Mendadak (Stop and Go)

Terlalu sering melakukan pengereman mendadak akan mempengaruhi kondisi gear depan motor. Hal ini seringkali dilakukan oleh para pengendara jika jalanan dipenuhi dengan polisi tidur dengan jarak terlalu dekat.

Apalagi pengendaranya anak – anak remaja, saat sedang mengendara pasti mereka inginnya selalu tancap gas atau berkecepatan tinggi sehingga mau tidak mau akan melakukan pengereman secara mendadak (stop and go). Jika kejadian seperti ini dibiarkan secara terus menerus, maka akan berpengaruh pada bagian gear.

Kemudian penggunaan gear akan menjadi cenderung lebih cepat untuk diganti karena kerusakan akan terasa lebih cepat akibat perilaku ugal – ugalan tersebut. Pahami juga mengenai tips membuat motor kencang dengan biaya murah sehingga bisa mengurangi stop and go.

2. Sering Tergenang Air Hujan

Banjir yang seringkali membuat motor anda menjadi tergenang, secara langsung akan merusak bagian – bagian motor yang tergenang. Sisa kotoran banjir yang menempel tersebut jika tidak segera dibersihkan akan menimbulkan karat.

Gear pun akan menjadi kotor dan mengering karena pelumasnya sudah bercampur dengan air banjir serta kotoran. Sebaiknya langsung anda bersihkan dan beri pelumas pada bagian motor yang diperlukan seperti halnya rantai atau pun gear.

Sponsors Link

Biasakan untuk langsung melakukan pencucian bagian – bagian yang terkena genangan air banjir. Selain untuk melakukan perawatan, hal ini juga untuk mencegah kerusakan sebelum waktunya sehingga membuat kita mengeluarkan biaya tambahan untuk perbaikan. Bisa anda pelajari cara membersihkan rantai motor agar tetap terjaga kebersihannya.

3. Jarang Diberi Pelumas

Penyebab gear depan motor depan bunyi berikutnya ialah karena jarang diberi pelumas. Pemberian pelumas pun juga harus diperhatikan waktu idealnya. Jika sudah terasa tidak enak lagi saat dikendarai, segeralah lakukan penanganan. Lakukan pengecekan terlebih dahulu apakah bagian gear sudah mengering.

ads

Jangan lupa lakukan pelumasan seperlunya saja jika memang kondisinya sudah terlihat kering. Pelumasan secara berlebihan juga akan menimbulkan masalah pada rantai gearnya seperti misalnya rantai akan mudah lepas karena kondisinya terlalu licin.

Gunakan pelumas khusus yang memang diperuntukkann sebagai pelumas rantai. Jangan gunakan pelumas sembarangan. Dikhawatirkan akan menyebabkan hal – hal tidak diinginkan yang bisa mengancam kapan saja dan dimana saja.

Bisa juga anda memperhatikan waktu service motor. Dalam proses service motor, pelumasan terhadap gear set merupakan satu kesatuan paket komplit pada saat service. Paling tidak rasa khawatir yang anda rasakan bisa terkurangi karena dipegang oleh ahlinya. Pelajari juga cara menghilangkan karat pada motor karena efek dari proses pengeringan seperti halnya pada gear set.

4. Pemakaian Terlalu Kasar

Menggunakan motor dengan cara ugal – ugalan juga memicu kerusakan pada sejumlah bagian – bagian dari motor. Kebiasaan seperti ini sebenarnya bisa dihindari dimulai dari factor internal yakni kemauan dari dalam diri sendiri.

Biasanya masalah pada gear depan bisa ditandai dengan adanya bunyi kretek – kretek. Mungkin saja bagian rantainya juga sudah mulai kendor sehingga menyebabkan suara dan ketidaknyamanan saat anda berkendara.

Jika anda tidak menghiraukannya karena memang tidak paham mengenai permasalahan tersebut, bisa jadi anda akan mengalami hal buruk seperti halnya kecelakaan karena akibat dari rantai yang putus dan kemungkinan akan membelit roda anda sehingga pada akhirnya kecelakaan tidak bisa dihindari.

5. Bagian Rantai Sudah Kendur

Bagian rantai yang mulai kendur biasanya menimbulkan bunyi – bunyian yang tidak enak untuk didengar. Bunyi – bunyi yang dihasilkan ini merupakan awal dari masalah yang mungkin saja bisa muncul, seperti halnya rantai bisa lepas kapan saja.

Saya sarankan untuk segera menindaklanjuti dengan membawanya ke bengkel agar bias dikencangkan kembali. Jika anda memperbaikinya sendiri justru lebih bagus akan mengurangi pengeluaran dan tentu saja sangat membantu menghemat keuangan pribadi.

6. Bagian Rantai Sudah Dalam Keadaan Kering

Penyebab gear depan motor depan bunyi selanjutnya ialah rantai sudah mongering. Kondisi bagian rantai yang sudah mulai kering akan menyebabkan benturan antara bagian besi gear dan juga bagian besi rantai sehingga menciptakan bunyi krek – krek. Ketika bagian – bagian ini mulai mongering, biasanya ditandai dengan timbulnya karat pada permukaan – permukaan besinya.

Solusi terbaiknya adalah tidak hanya membersihkannya saja, melainkan berilah pelumas pada keseluruhan rantai dan juga bagian gearnya. Kondisi seperti ini akan sangat membantu menjaga gear set anda sehingga tidak menimbulkan bunyi kembali. Bisa anda pelajari mengenai cara memperbaiki aki kering motor

Kondisi kering yang dibiarkan tanpa adanya perhatian khusus mempunyai resiko besar terhadap keselamatan para pengendara. Bunyi – bunyi rantai dan gear yang kering, seiring berjalannya waktu berpeluang besar akan bisa putus karena adanya benturan antar gear set.

7. Bagian Gear Sudah Kotor

Percuma saja jika anda rajin memberikan pelumas pada bagian gear anda namun malas membersihkan atau pun mencucinya. Perjalanan yang anda lakukan setiap hari pastinya tidak akan bisa terhindar dari debu yang beterbangan dimana – mana.

Debu yang menempel sedikit demi sedikit setiap hari lama kelamaan akan menumpuk di berbagai bagian motor anda dan seringkali mengganggu peforma dari motor itu sendiri. Debu juga bisa membuat gear menjadi berbunyi.

Sponsors Link

Gesekan antara gear dengan rantai disertai dengan adanya tumpukan debu inilah yang menyebabkan bunyi – buyian tersebut. Jika dibiarkan saja gear set anda mempunyai peluang besar untuk mengalami kerusakan.

8. Sering Melewati Jalanan Ekstrim atau Rusak

Guncangan yang setiap saat bisa anda alami sepanjang hari saat mengendarai sepeda motor, tentu akan berpengaruh dan berakibat terjadinya kekendoran dari bagian – bagian motor secara umum. Guncangan tersebut membuat rantai menjadi begitu cepat kendur.

Mengapa bisa terjadi seperti demikian? jalanan yang berlubang parah dan dalam membuat rantai dan gear bekerja sangat keras. Tarik ulur karena guncangan tersebut menyebabkan benturan – benturan antara gear set yang memicu percepatan terhadap kerusakan.

Dapat diambil kesimpulan bahwa artikel mengenai penyebab gear depan motor depan bunyi yang sudah diulas di atas secara detail dan dikemas dengan baik diharapkan bisa membantu memudahkan anda dalam mempelajari serta memahaminya lebih dalam lagi sehingga layak dijadikan sebagai sumber referensi.

Sampai disini dulu ya artikel kali ini yang membahas mengenai penyebab gear depan motor depan bunyi. Semoga bisa bermanfaat bagi sobat sekalian dan terima kasih sudah meluangkan sedikit waktunya untuk membaca artikel saya ini. Sampai jumpa di artikel lainnya.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 12th, October 2017 / 08:29 Oleh :
Kategori : Masalah Teknis

Leave a Reply

Your email address will not be published.