Sponsors Link

6 Penyebab Engkol Motor Bebek Keras

Sponsors Link

Saat ini, kemajuan dalam bidang transportasi sudah sangat pesat, terutama di bidang otomotif. Mayoritas masyarakat Indonesia menggunakan motor untuk kegiatan sehari-harinya. Sehingga perlu untuk dilakukan perawatan pada motor agar tidak bermasalah atau rusak.

Pada umumnya, sepeda motor dapat dinyalakan dua cara yaitu dengan menggunakan starter elektrik atau kick starter. Menghidupkan sepeda motor dengan menggunakan starter elektrik memang lebih mudah dan cepat dibandingkan menggunakan kick starter atau di engkol. Salah satu masalah sepeda motor yang tidak bisa menyala adalah saat proses pengapian. Apabila starter elektrik yang sering Anda gunakan mengalami masalah seperti kehabisan aki rusak, Anda harus menyalakan sepeda motor dengan cara di engkol.

Motor yang jarang dinyalakan dengan menggunakan engkol biasanya akan menyebabkan engkol menjadi keras dan macet sehingga sulit digunakan. Penyebab yang muncul berbeda-beda. Ada beberapa faktor yang menyebabkan engkol pada motor bebek menjadi keras. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, mari baca beberapa pembahasan berikut ini.

  1. Kurangnya Pelumas
    Salah satu penyebab engkol motor menjadi macet dan keras adalah kurangnya pelumas. Hal ini bisa menyebabkan gigi-gigi pada engkol menjadi berkarat sehingga motor bebek yang akan digunakan tidak dapat bergerak dengan sempurna. Apabila hal ini terjadi pada motor Anda, sebaiknya segera melakukan perbaikan dengan cara membongkar spare part motor dan mengoleskan pelumas atau oli. Oli dapat membuat engkol motor yang berkarat menjadi licin kembali.
  2. Klep Kotor
    Klep merupakan bagian atau komponen pada motor bebek yang berfungsi sebagai keluar masuknya gas ketika proses pembakaran terjadi. Selain itu, klep juga berfungsi untuk tempat keluarnya sisa pembakaran yang telah dilakukan. Apabila klep ini kotor, maka dapat menyebabkan engkol pada motor bebek menjadi macet dan keras. Karena klep berfungsi sebagai tempat keluarnya sisa pembakaran atau kotoran dari hasil pembakaran, maka perlu dilakukan pembersihan secara rutin agar tidak menumpuk dan menggumpal. Ketika klep kotor karena kotoran yang menumpuk, hal ini kan menyebabkan kebocoran pada sistem kompresi. Ketika sistem kompresi bermasalah, maka akan berdampak pada engkol motor yang sulit digunakan.
  3. Jenis Bahan Bakar yang Digunakan
    Bahan bakar yang digunakan pada kendaraan bermotor bisa menjadi salah satu penyebab engkol motor menjadi keras. Hal ini karena terdapat keterkaitan antara bahan bakar dan klep motor. Beberapa jenis bahan bakar memiliki bilangan oktan yang berbeda. Semakin tinggi bilangan oktan pada maka kotoran yang di produksi pada motor akan semakin sedikit. Sebaliknya, apabila jenis bahan bakar yang digunakan memiliki bilangan oktan yang rendah, maka kotoran yang dihasilkan akan semakin banyak. Salah solusinya adalah mengganti bahan bakar yang digunakan. Namun, apabila di rasa berat, lakukan secara rutin pembersihan pada klep motor saja.
  4. Aki yang Usang
    Aki yang sudah usang dapat menyebabkan engkol pada motor bebek menjadi macet dan keras. Aki merupakan komponen penting untuk mendukung nyalanya kendaraan bermotor. Ketika aki menjadi usang, maka tidak bisa menghasilkan percikan api untuk melakukan pembakaran. Sehingga sepeda motor tidak dapat menyala. Hal ini juga merupakan salah satu faktor yang membuat engkol motor menjadi macet dan keras.
  5. Sepeda Motor Jarang Digunakan
    Anggapan bahwa sepeda motor yang tidak digunakan akan menjadikan mesin awet merupakan anggapan yang salah. Ketika sepeda motor tidak digunakan dalam beberapa waktu yang lama maka akan berdampak pada mesin karena mesin akan menjadi kering dan usang. Hal ini akan membuat salah satu komponennya, yaitu engkolnya menjadi usang juga dan keras. Tidak hanya berdampak pada engkol, sepeda motor yang jarang digunakan akan berdampak pada mesin lainnya. Solusinya, meskipun motor jarang digunakan untuk bepergian, setidaknya lakukan pemanasan pada mesin agar motor tetap bisa dinyalakan dengan baik.
  6. Kabel Pemantik Listrik yang Terputus
    Salah satu penyebab engkol motor bebek tidak bisa digunakan karena ada masalah pada kabel pemantik listriknya. Hal ini berhubungan dengan aki yang berfungsi untuk pembakaran. Apabila motor tidak dapat dinyalakan, cobalah untuk mengecek kabel pemantik listrik pada aki. Kemungkinan terdapat kabel yang terputus sehingga mesin pada motor tidak dapat dinyalakan.

Itu dia beberapa penyebab yang membuat engkol pada motor bebek menjadi sulit digunakan. Kendaraan dengan keadaan baik dapat membuat perjalanan menjadi lancar. Masalah pada sepeda motor terjadi karena beberapa faktor. Untuk menjaga kondisi dan kestabilan motor yang baik sebaiknya lakukan perawatan pada motor. Setidaknya mengecek bagian-bagian utama pada motor dan membersihkannya secara rutin. Selain itu, tidak membiarkannya mati dalam jangka waktu yang lama juga merupakan salah satu solusi untuk menjaga kondisi sepeda motor yang baik.

Sponsors Link
, , ,

Leave a Reply