Sponsors Link

4 Penyebab Ban Motor Habis Sebelah

Sponsors Link

Seperti yang sudah kita ketahui bersama sobat, ban merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi kendaraan  secara keseluruhan. Baik itu kendaraan roda dua, kendaraan roda empat atau yang lain. Atau dengan kata lain, jika tidak ada ban tersebut maka tentunya kendaraan kita tidak akan bisa berfungsi atua tidak akan bisa berjalan. Setuju ya sobat riders.

ads

Berbicara mengenai ban tersebut, tentunya ada beberapa jenis ban yang tentunya memiliki kualitas yang berbeda beda satu dengan yang lainnya. Bisa tergantung dari merek atau dari type ban tersebut. Oleh karena ban tersebut sangat penting bagi kendaraan anda, maka tentunya ada baiknya sobat semua memilih jenis ban yang memiliki kualitas tinggi.

Karena ban ini tentunya akan berpengaruh terhadap keamanan dan keselamatan pengendaraan anda. Jangan sampai ban tersebut berkualitas rendah sehingga sering ban nya habis secara tidak rata. Sebut saja seperti ban yang habis sebelah, tentunya hal ini akan berdampak buruk bagi keselamatan anda. Lantas apa saja penyebab ban motor habis sebelah tersebut? Yuk sobat, langsung saja kita simak ulasan berikut ini dengan seksama. Cekidot

1. Pemasangan Ban Tidak Lurus

Penyebab pertama adalah karena pemasangan ban pada awalnya tidak lurus. Pada umumnya pemasangan ban yang tidak lurus ini tentunya akan membuat ban motor anda menjadi habis sebelah alias tidak rata. Salah satu penyebabnya bisa karena laher pada motor anda sudah soak sehingga pada saat dipasang, maka ban tersebut tidak akan lurus. Untuk itu sobat, pada saat anda melakukan penggantian ban cek terlebih dahulu laher pada motor anda untuk mengatasi hal tersebut. Kemudian penyebab ban motor benjol samping bisa menjadi informsi tambahan.

2. Kondisi Pelek yang Sudah Tidak Rata

Penyebab yang kedua adalah karena pelek motor anda sudah tidak rata atau tidak balance. Pada saat pelek motor anda tidak rata, hal ini tentunya akan membuat kondisi ban anda tidak akan rata. Jika ban tidak rata tentunya pada saat digunakan maka tentunya tidak akan rata alias habis sebelah. Jika anda menemukan hal seperti ini, maka perhatikan kembali pelek dan jari-jari pelek pada motor anda, lakukan penyetelan ulang agar pelek tersebut rata alias balance.

3. Kondisi Shockbreaker yang Rusak

Penyebab yang ketiga adalah karena kondisi shockbreaker yang rusak. Pada saat shockbreaker (komponen shock belakang motor dan komponen shock depan motor) tidak rata, maka pada pada saat dilakukan pemasangan ban, tentunya akan berpengaruh pada kerataan ban tersebut. Sebut saja seperti abn yang tidak lurus, nah sobat hal seperti inilah yang menyebabkan ban motor anda habis sebelah, karena pada saat dipasang ban tersebut sudah tidak lurus alias tidak balance.

4. Cara Duduk yang Salah

Penyebab yang keempat adalah karena cara duduk yang salah. Cara duduk yang salah pada motor tentunya juga berpengaruh pada kondisi ban anda, salah satunya adalah ban tersebut habis secara tidak rata alias habis sebelah.

Nah sobat semua, sekarang sudah tau apa saja penyebab ban motor habis sebelah. Semoga ulasan tersebut bermanfaat bagi anda. Kenali terlebih dahulu kerusakan yang terjadi pada motor anda sebelum memutuskan untuk mengikuti cara – cara yang penulis berikan. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis

Leave a Reply