Sponsors Link

3 Penyebab Ampere Motor Tinggi dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Di Indonesia saat ini sangat banyak kita temui masyarakat yang memilih Sepeda motor sebagai moda transportasi utama dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini selain karena harga motor terjangkau, motor juga merupakan kendaraan kecil yang bisa menyelip di tengah kemacetan sehingga membuat waktu perjalanan menjadi lebih efisien. Akan tetapi, meskipun banyak yang memilih sepeda motor sebagai kendaraan pribadi tapi tidak semua paham cara merawat kendaraan ini dengan baik.

ads

Banyak permasalahan yang terjadi pada kendaraan motor seperti mesin motor berisik saat panas dan masalah-masalah teknis lainnya. Seperti pada permasalahan mesin motor yang berisik, bisa jadi mengindikasikan bahwa mesin tidak dalam keadaan baik. Hal ini bisa juga dikarenakan ampere motor yang tinggi. Ampere motor yang tinggi sangat berbahaya bagi kendaraan andalan masyarakat ini. Hal ini dikarenakan ampere motor yang tinggi menunjukkan bahwa arus listrik yang dikeluarkan lebih tinggi dari arus listrik yang seharusnya dikeluarkan oleh motor tersebut. Oleh karena itu kita harus mengetahui  cara mengecek mesin motor dengan benar. Berikut ini adalah beberapa penyebab ampere motor tinggi.

1. Aus atau bearing seret

Bearing seret biasanya terjadi pada mesin motor yang sudah berumur lama karena umur produktif suatu mesin memiliki batas waktu, jadi wajar saja jika perangkat mengalami penurunan kinerja. Sedangkan hal lain yang menyebabkan percepatan motor aus adalah

  • Beban kopling tidak berpusat pada tempatnya
  • Impeller tidak sama dan masalah-masalah kesalahan teknis lainnya.

2. Beban Overload

Terjadinya sumbatan pada saluran aliran listrik akan menyebabkan terjadinya overload beban yang harus dihasilkan untuk melewati sumbatan tersebut. Selain itu juga ketidakcocokan mesin yang digunakan pada kendaraan juga menghasilkan daya yang kecil. Hal ini juga menyebabkan terjadinya beban overload. Sehingga akhirnya menyebabkan ampere motor menjadi besar.

3. Ada Fase Yang Hilang

Biasanya hal ini disebabkan oleh terputusnya rangkaian dari listrik aki sebagai sumber listrik. Selain itu juga bisa diakibatkan oleh rusaknya kontak utama. Meskipun kehilangan salah satu fase ini jarang menjadi penyebab tingginya ampere pada motor, namun masalah ini sering luput dari perhatian mekanik. Namun, kerusakan yang terjadi akan sangat fatal jika hal ini terjadi. Akibat yang ditimbulkan adalah ampere langsung naik dalam jumlah yang besar. Karena perangkat kabel tidak mampu menjalankan arus yang berlebihan akan mengakibatkan kabel-kabel yang ada pada mesin putus karena terbakar.

Tips untuk menghindari permasalahan ini adalah dengan menambahkan relay yang secara otomatis akan menghentikan aliran listrik ke rangkaian listrik jika ada yang aneh terjadi pada aliran listrik. Seperti arus yang dihasilkan terlalu besar akibat tidak melewati satu fase.

Sponsors Link

Nah jika anda mendapati ampere motor anda tinggi, penyebabnya tidak bisa di terka-terka, perlu di lihat permasalahan secara detail dari setiap kemungkinan penyebab-penyebab di atas. Untuk mengetahui penyebabnya, berikut langkah-langkah yang harus dilakukan:

  • Untuk menjaga keselamatan anda, silahkan matikan seluruh sumber listrik yang berasal dari aki.
  • Silahkan lihat aki, apakah ada masalah atau tidak dengan arus yang dihasilkan.
  • Jika tidak ada permasalahan pada aki, silahkan periksa rangkaian perangkatnya.
  • Coba hidupkan mesin, lalu dengarkan apakah mesin menghasilkan suara yang berisik atau tidak.
  • Coba bersihkan mesin motor dengan benar.
  • Selain itu juga perhatikan perangkat-perangkat yang biasanya terhubung dengan aliran daya dari aki tersebut.
  • Dengan melakukan langkah-langkah di atas anda bisa menemukan dimana permasalahan yang menyebabkan ampere motor tinggi.

Demikian informasi tentang penyebab ampere meter tinggi, ikuti tips-tips di atas untuk menemukan penyebab motor anda mengalami ampere tinggi. Selalu periksa kondisi perangkat-perangkat motor anda secara rutin minimal satu bulan sekali untuk mencegah terjadinya ampere yang tinggi.

Sponsors Link
, , , , ,

Leave a Reply