Sponsors Link

6 Penyebab Aki Tidak Bisa Menyimpan Setrum

Sponsors Link

Berbagai jenis sepeda motor di seluruh dunia memiliki baterai untuk menghidupkan motor atau yang lebih dikenal sebagai aki motor. Salah satu komponen terpenting untuk motor adalah komponen aki motor, karena komponen ini sangat berpengaruh untuk menjalankan motor kita. Dengan memiliki komponen aki motor yang baik, pasti perjalanan anda ke tempat tujuan akan tiba dengan selamat. Oleh karena itu komponen yang satu ini sangat berperan penting untuk motor kita semua. Ketika aki motor bermasalah atau rusak berarti ini akan membuat bahaya untuk keselamatan kita pada saat beraktivitas. Maka dari itu cara merawat aki motor agar tahan lama harus diperhatikan oleh kita semua.

Komponen aki yang sangat vital untuk membantu kendaraan motor kita, dikarenakan aki berfungsi untuk pengapian pada motor. Peran penting untuk melakukan starter dan menyalakan lampu motor dilakukan oleh komponen aki ini. Nah bagaimana kalau keadaan aki motor soak atau kering dan basah, bahkan aki tidak menyimpan setrum? Yang pastinya motor tidak akan berfungsi atau tidak ada pengapian. Itulah sebabnya komponen mesin motor sangat membutuhkan aki atau baterai, apalagi pada komponen filter motor. Maka dari itu anda harus merawat aki, sehingga motor anda terasa nyaman dan enak untuk digunakan.

Secara fisik aki memiliki kerusakan yang berbeda, misalnya aki kering maupun basah dan aki tidak menyimpan setrum. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas penyebab dari aki yang tidak bisa menyimpan setrum. Masalah ini bisa terjadi kalau komponen-komponen lainnya terjadi masalah atau rusak di sekitaran komponen aki motor. Bagi anda yang ingin mencari tahu penyebab aki motor yang tidak bisa menyimpan setrum. Bisa dibaca disini, mungkin anda adalah orang yang tepat ketika membaca artikel ini, karena penyebab dari masalah ini anda bisa membaca ulasan yang sudah diuraikan oleh kami. Berikut ulasannya.

1. Bermasalah Pada Trafo

Kapasitas dari trafo listrik ternyata ini sangat bergantung pada ukuran inti trafo, mungkin hal seperti ini bukan hanya sekedar masalah bagi ukuran pada kawat yang besar dibagian trafo. Bahkan ini juga mengenai suatu daya maksimum serta trafo mampu menampungnya. Sehingga trafo menanggung daya yang sangat besar, dengan demikian ini akan membuat trafo menjadi panas hingga setrum atau aliran listrik tidak bisa masuk ke aki (aki tidak bisa menyimpan setrum).

Selain trafo yang panas ini, aki yang tidak bisa menyimpan setrum bisa terjadi kalau proses pemasangan pada trafo tidak sesuai atau kurang teliti. Pada intinya trafo yang tidak terpasang dengan benar akan membuat getaran dan sambungan listrik antara aki dan trafo akan rusak dan terlepas atau putus, dikarenakan kabel yang korslet. Dengan demikian aki pada motor tidak bisa menyimpan dan menerima setrum atau listrik.

2. Komponen Kiprok yang Bermasalah

Dalam sistem kelistrikan pada sepeda motor, terdapat kiprok dan berperan secara regulator yang dapat mengatur jalannya keluar masuk pada aliran listrik untuk dihasilkan aki atau baterai motor. Ini berarti besar kecil di dalam aliran listrik atau tidaknya normal pada aliran daya yang dapat mempengaruhi sistem kinerja aki hingga tidak bisa menyimpan setrum. Selain itu kiprok yang bermasalah juga dapat membuat aki ataupun baterai motor cepat rusak, kemungkinan besar juga ini bisa terjadi kalau kiprok yang bermasalah menjadi salah satu penyebab aki motor tekor.

3. Bermasalah Pada Sepul

Selain kedua masalah yang ada diatas, aki motor yang tidak bisa menyimpan setrum biasanya karena terdapat kerusakan atau masalah pada bagian sepul atau salah satu dari sumber listrik dan kumparan pada aki. Usahakan pada komponen yang satu ini dalam keadaan baik dan tidak rusak maupun bermasalah pada sepul. Karena aliran listrik yang tidak sempurna pada sepul akan membuat aki motor tidak menyimpan setrum, selain itu kerusakan bisa terjadi dimana-mana seperti ampere menjadi panas dan merusakan pada bagian yang ada di komponen motor lainnya.

4. Pengikat Aki Rusak Atau Terlepas

Aki mungkin bisa disebut dengan supply sistem kelistrikan yang ada dibagian kendaraan bermotor dan sangat perlu komponen seperti perantara kabel dan juga komponen sekrup serta pengikat. Ini akan bekerja yang sangat berguna untuk menghubungkan suatu aliran listrik di berbagai bagian yang ada pada motor. Apabila salah satu dari komponen ini terlihat rusak atau mungkin terlepas, ini bisa terjadi aki tidak akan berfungsi atau bekerja sehingga aki pada motor tidak menyimpan setrum. Selain itu juga ini akan membuat aki motor melemah dan mengalami atau terdapat kerusakan pada bagian aki motor.

5. Muatan Kapasitas Listrik Dan Tegangan Atau Ampere Tidak Seimbang

Percaya dan tidak percaya, dalam muatan kapasitas dibagian listrik aki motor, berjalan seiringnya waktu akan berkurang dengan jangka waktu yang tidak lama. Ini disebabkan listrik tidak pernah mengalir, karena motor jarang untuk digunakan atau dinyalakan dalam jangka waktu yang lumayan lama.

Perlu diketahui oleh kita bersama kalau aki motor memiliki muatan dengan kapasitas yang berbeda-beda sesuai kegunaannya. Biasanya jenis kendaraan yang beroda dua menggunakan muatan dengan kapasitas 3-3.5 yang disertai oleh ampere dengan tegangan 12 volt.

Nah bagi anda yang sering menggunakan atau tidak seimbang, kemungkinan besar ini akan terjadi komponen pada listrik tidak stabil, sehingga ini akan membuat motor kita memiliki kerusakan pada aki. Dengan begitu aki yang ada pada motor kita tidak akan menyimpan setrum, karena terdapat kerusakan atau listrik yang tidak seimbang.

6. Adanya Arus Pendek di Bagian Aki Motor

Untuk penyebab yang sering terjadi ketika aki tidak menyimpan setrum, bisa saja terjadi kalau ada arus listrik yang tidak berjalan dan tidak sampai ke aki motor atau arus pendek dibagian aki motor. Nah masalah ini terjadi karena adanya suatu rangkaian listrik pada sepeda motor dan menyentuh di bagian body atau berupa benda padat yang lainnya di kendaraan. Makanya ini akan membuat korslet pada arus pendek dan aki motor tidak dapat menyimpan setrum.

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai penyebab aki tidak bisa menyimpan setrum. Semoga dengan adanya penyebab-penyebab seperti yang ada diatas anda bisa lebih berhati-hati lagi dalam menggunakan motor. Jadi ketika ada kerusakan pada komponen aki, kami sarankan anda jangan memakai motornya dan langsung saja membawa motornya ke dealer terdekat anda untuk diperbaiki.

Sponsors Link
, , , , ,

Leave a Reply