Sponsors Link

Penyebab Aki Motor Cepat Drop

Sponsors Link

Sepeda motor merupakan salah satu transportasi andalan di negara berkembang seperti halnya Indonesia. Mengapa disebut sebagai andalan? Moda transportasi yang kurang memadai dan kurang nyaman membuat masyarakat seringkali merasa tidak nyaman, ditambah lagi resiko tindak kejahatan yang mungkin terjadi.

ads

Selain itu karena banyaknya mobil pribadi yang membuat jalan raya padat dan macet. Dengan menggunakan sepeda motor tentunya akan lebih mudah untuk manufer.

Baca juga :

Penyebab Aki Motor Cepat Drop

Karena tingkat penggunaan sepeda motor relatif tinggi, tidak sedikit pula yang mengalami berbagai macam masalah pada motornya. Penyebab aki motor cepat drop tentu saja bisa dilihat dari banyak kemungkinan. Kebiasaan penggunaan motor yang kurang baik pun bisa memicu terjadinya masalah ini.

Menjaga kebersihan dan merawatnya, juga akan mempengaruhi kestabilan fungsi dari spare part itu sendiri. Kotoran dan debu yang menempel jika dibiarkan secara terus menerus juga akan membuat spare part menjadi terganggu.

Pada artikel kali ini akan saya bahas mengenai penyebab aki motor cepat drop, jika anda ingin mengetahui lebih dalam lagi, yuk kita simak penjelasannya di bawah ini :

1. Malas Melakukan Pemanasan Motor Secara Rutin

Untuk menjaga kondisi aki motor tetap baik, anda bisa melakukan pemanasan motor anda sebelum dipakai. Penggunaan motor tanpa melakukan pemanasan terlebih dahulu akan membuat aki berkerja dengan keras. Mengapa bisa demikian?

Transisi antara mesin yang masih dalam keadaan dingin ke mesin nyala, diperlukan pemanasan terlebih dahulu. Tanpa adanya pemanasan dan langsung digunakan, pasti akan memaksakan mesin yang sebenarnya belum siap bekerja. namun harus melakukannya.

Hal inilah yang memicu aki menjadi cepat drop karena harus bekerja keras. Untuk mengatasinya sebaiknya lakukan pemanasan mesin terlebih dahulu, agar onderdil motor bisa tetap awet. Jangan menyepelekan hal yang sebenarnya tidak sulit untuk dilakukan.

Baca juga :

2. Lakukan Service Secara Berkala

Meskipun anda mempunyai motor yang umurnya sudah tidak muda lagi, untuk menjaga peforma tetap baik, maka diperlukan service ringan atau pun service berat secara berkala. Ibarat manusia yang sewaktu – waktu bisa sakit karena aktivitas yang dilakukannya. Motorpun juga perlu perawatan untuk menjaga kondisi keseluruhan dari motor itu sendiri.

Melakukan service sebenarnya tidak harus dilakukan dibengkel resmi bagi anda yang tidak mempunyai waktu luang lebih. Anda bisa melakukannya sendiri di rumah, namun anda wajib mengetahui terlebih dahulu cara – cara service yang benar.

Baca juga :

3. Sering Terendam Pada Saat Banjir

Daerah perkotaan sudah tidak heran lagi jika sering terjadi banjir. Saluran drainase yang buruk seringkali menyumbang banyak kemungkinan terjadinya genangan air di jalan raya. Apalagi sekarang ini sedang tren jalan raya dengan menggunakan sistem cor dan mempunyai ukuran ketebalan cukup tinggi.

Curah hujan sedang pun bisa dengan cepat membuat jalan raya menjadi tergenang sehingga sulit sekali untuk memilih jalan. Nah hal seperti ini tanpa kita sadari dalam jangka waktu tertentu akan merusak onderdil motor anda. Onderdil dengan kondisi panas dan  tergenang oleh air pasti akan menimbulkan daya kejut.

Bisa anda perhatikan jika motor anda tergenang pasti akan muncul asap. Disarankan jika tidak ada pilihan lain untuk menghadapi genangan air, anda bisa mematikan mesin motor anda dan membawa motor anda dengan berjalan kaki. Mungkin pilihan ini akan menjadi solusi yang tepat.

Baca juga :

4. Motor Jarang Digunakan

Penyebab aki motor sepat drop kali ini ialah karena motor jarang digunakan. Terlalu lama motor tidak digunakan tentu saja akan menurunkan peforma motor itu sendiri. Jam terbang sangat mempengaruhi peforma motor secara keseluruhan. Manusia saja jika terlalu lama libur akan merasa malas saat akan mulai menjalankan aktivitas rutin kembali.

Biasanya hal seperti ini terjadi karena di rumah terlalu banyak motor dan seringkali sebagiannya tidak terurus. Disarankan bagi anda yang mempunyai banyak motor di rumah dan tidak bisa menggunakannya sekaligus, setidaknya lakukan pemanasan setiap pagi walaupun tidak digunakan agar onderdil tetap terawat.

Sama halnya dengan otak manusia jika tidak sering diasah dan dibiarkan begitu saja tanpa adanya usaha sedikitpun, maka lama – kelamaan akan tumpul bahkan cenderung sangat sulit untuk diajak bekerja dengan keras.

Baca juga :

5. Adanya Kerusakan Pada Onderdil Lain

Kerusakan bagian onderdil lain yang langsung terhubung dengan bagian aki seperti halnya lampu sorot atau pun speedometer akan memicu kerusakan juga pada bagian aki motor. Apalagi jika onderdil lainnya putus nyambung aliran arusnya, akan sangat cepat membuat aki menjadi drop.

Jika kondisi lampu sorot, lampu sen, speedometer atau pun alat ukur bahan bakar terlihat mati nyala terus, Sebaiknya segera bawa motor anda ke bengkel terlebih dahulu untuk dilakukan pengecekan secara menyeluruh. Mencegah lebih baik daripada memperbaiki bukan?

Baca juga :

6. Tidak Menggunakan Spare Part Original

Penggunaan spare part asal – asalan biasanya bisa memicu kondisi aki cepat drop. Jangan hanya memikirkan mengenai harga murah yang ditawarkan saja. Dengan harga yang anda dapatkan tersebut, namun merusak bagian lain, artinya sama halnya anda menciptakan masalah baru yang menimbulkan pengeluaran baru dari kantong anda.

Coba sobat pikirkan lagi, mau pilih spare part dengan harga murah namun berdampak pada munculnya kerusakan pada spare part lain kemudian harus merogoh kantong kembali atau mau pilih spare part original dengan rentang harga mungkin tidak beda terlalu jauh dengan keawetan yang cukup baik.

Tentu saja lebih baik memilih menggunakan spare part original untuk menjaga peforma secara keseluruhan dari motor anda tersebut. Selain itu juga bisa digunakan untuk meminimalisir pengeluaran tambahan.

7. Penggunaan Lampu HID Sebagai Tambahan

Penambahan bagian baru yang membuat kerja aki menjadi semakin bertambah akan memicu terjadinya penurunan peforma aki itu sendiri sehingga seringkali terjadi drop. Pada dasarnya motor sudah dirancang khusus sesuai standar yang sudah ditetapkan.

Jika menambahkan komponen baru, maka akan menyalahi standar dan membuat kinerja bagian lain menjadi terganggu. Tidak heran juga jika banyak orang memutuskan untuk menggunakan lampu HID sebagai tambahan karena nyalanya lebih terang daripada lampu standar. Meskipun demikian nyala terang tersebut akan mengganggu penggendara lain bahkan bisa memicu terjadinya kecelakaan karena sangat silau saat dipandang mata.

Baca juga :

8. Penggunaan Klakson Hasil Modif

Sekarang ini sedang tren berbagai macam bunyi klakson yang banyak digunakan agar motor terlihat lebih unik dan juga menarik. Namun jika pemilihan klakson kurang tepat dan tidak sama dengan jenis yang sudah ditetapkan sebagai standar, maka akan sangat mempengaruhi kondisi aki.

Terlebih lagi jika daya yang dibutuhkan jauh lebih tinggi, pasti aki akan bekerja lebih keras. Hal ini sangat riskan merusak aki anda dengan cepat meskipun aki tersebut tidak lama diganti.  Tidak sedikit motor karena mengikuti sehingga harus menggunakan klakson mobil sehingga lebih gagah. Padahal sudah jelas bahwa daya yang akan digunakan berkali – kali lipat.

Baca juga :

Dapat diambil kesimpulan bahwa artikel mengenai penyebab aki motor cepat drop di atas yang diulas secara detail dan dikemas dengan menarik, diharapkan nantinya bisa membantu memudahkan anda dalam mempelajari serta memahaminya lebih dalam lagi.

Sehingga nantinya mungkin bisa anda jadikan sebagai bahan referensi saat belajar dan menambah baru bagi anda. Sampai disini dulu ya artikel kali ini yang membahas mengenai penyebab aki motor cepat drop. Semoga bermanfaat bagi sobat sekalian dan terima kasih sudah meluangkan sedikit waktunya untuk membaca artikel saya ini.

 

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 30th, September 2017 / 16:53 Oleh :
Kategori : Masalah Teknis

Leave a Reply

Your email address will not be published.