Sponsors Link

Penyebab Pengapian Ada Tapi Motor Susah Hidup dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Sepeda motor adalah salah satu bagian yang terpenting bagi kehidupan kita sehari-hari, pada jaman sekarang yang semakin canggih pasti semua rumah memiliki kendaraan beroda dua atau kendaraan bermotor. Bahkan tak heran kalau dirumah-rumah memiliki lebih dari satu motor. Sepeda motor sangat menunjang sekali untuk aktivitas anda sehari-hari, apalagi yang terutama ketika kita ingin mempersingkat waktu yang ditempuh.

Maka dari itu motor sangat bermanfaat bagi kita untuk mempermudah saat bepergian. Dalam aktivitas, anda harus memperhatikan juga akan kerusakan yang sering terjadi pada motor dan cara memperbaikinya, sehingga anda akan aman saat dalam perjalanan. Bahkan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan oleh kita bersama.

Dalam komponen mesin motor anda juga harus terapkan, sehingga bisa membantu anda untuk mengenal lebih dalam lagi dengan motor anda. Nah, apa saja sih yang perlu dan harus diperhatikan sehingga motor mudah dihidupkan? Berikut jawabannya.

  • Lakukan service di dealer terdekat anda secara rutin. Minimal 2-3 bulan sekali.
  • Mengganti oli motor yang baru secara rutin, sehingga performa pada mesin motor anda akan semakin terasa powerfull, sirkulasi pelumasan agar mesin motor anda tetap baik.
  • Berikan perawatan motor anda, seperti mencuci motor ketika motor kotor, cek semua komponen motor, memperbaiki baut-baut pada motor ketika didapati longgar, mengecek kondisi oli, dan mengecek kondisi kabel pada motor apabila terjadi kabel yang agak aneh, misalnya kabel terkupas atau kabel bengkok. Dengan begitu kami sarankan untuk mengatasi secepatnya.

Nah, ketika anda telah mengetahui beberapa poin yang anda harus perhatikan pada motor dan merawat serta mengecek motor anda. Lakukan beberapa poin yang diatas secara rutin, agar motor dan mesin motor akan terasa awet. Apabila anda sudah melakukannya, dijamin motor anda akan mudah dihidupkan ketika mau beraktivitas. Ketika motor anda susah menyala atau dihidupkan, kemungkinan besar motor anda memiliki bermasalah atau sebab, seperti penyebab yang ada di bawah ini:

1. Tekanan Bahan Bakar Yang Tidak Stabil

Pada motor injeksi terdapat pemompa bahan bakar yang merupakan salah satu komponen yang sangat penting, karena tugasnya akan menekan bensin menuju arah injektor. Dalam sistem injeksi ini akan memanfaatkan suatu semprotan pada bensin yang dari injektor, sehingga bensin dapat tersemprot yang berasal dari injektor. Maka dari itu saluran pada bensin harus lebih besar lagi hingga tekanan tersebut akan berjalan dengan baik.

Masalah dari pengapian ada dan motor susah dinyalakan ini juga karena adanya dari masalah yang terjadi sehingga ini disebabkan oleh komponen yang istilah nama relief valve, komponen ini terletak pada suatu unit pompa. Fungsi dari komponen ini, untuk menjaga suatu tekanan dari bahan bakar yang tetap akan tetapi mesin mati atau pemompa tidak terjadi beroperasi.

Apabila komponen ini reliev valve ini melemah, maka ini akan tidak mampu untuk menjaga tekanan dari bahan bakar, ketika mesin mati. Lakukan starter awalan mulai dari tiga kali hingga empat kali, agar mesin motor hidup kembali. Namun, ketika ini belum terjadi, langkah selanjutnya kami sarankan untuk membawa ke bengkel atau dealer terdekat anda.

2. Tahanan Dari Kabel Busi yang Melonjak

Kabel busi merupakan salah satu kabel yang berukuran besar dan untuk menghubungkan coil menuju cop busi, kabel ini terletak di area atau sekitaran busi motor. Fungsi dari kabel ini sebagai alat untuk menyalurkan tegangan listrik yang tinggi, sehingga tegangan dari kabel yang masuk ini, akan mempengaruhi tahanan kabel busi yang melonjak. Karena listrik yang kedalam busi akan menjadi kecil, dengan begitu api busi akan kecil atau bisa mati. Cara mengatasinya, cukup hanya mengukur tahanan busi dengan menggunakan OHM. Apabila tahanan tersebut melebihi dari 25 KOHM, dengan demikian anda juga harus menggantinya.

3. Bensin yang Tidak Turun

Pada sistem yang konvensional di bahan bakar terdapat karburator. Penyebab dari motor susah dihidupkan, walaupun ada pengapian, yaitu bensin motor yang tidak turun. Maksudnya, motor yang sudah didiamkan dalam beberapa hari, akan mengakibatkan masalah, dimana udara yang terjebak atau terkurung didalam selang. Karena tak ada pemompa yang bisa menekan bensin, sehingga udara tersebut akan menahan agar bensin tak turun ke suatu karburator.

Maka dari itu mesin pada motor walaupun sudah ada pengapian, akan tetapi motor juga susah untuk dihidupkan, karena adanya dari bensin yang tidak bisa turun. Cara mengatasi masalah ini, kalian hanya melepas selang yang ada di radiator sebagai penyambungannya ke karburator. Biasanya ini bisa menggunakan dengan klem kawat. Ketika sudah terlepas, anda tunggu hingga bensin keluar dengan lancar. Kemudian anda pasang lagi dan anda tes hidupkan kembali motornya.

4. Busi Yang Bermasalah

Jika motor anda sudah ada pengapian tapi susah untuk dihidupkan ini ada gangguan dari komponen busi motor atau busi motor yang terlalu tegang dengan pengapian. Apabila terdapat kejadian yang seperti ini, anda bisa membersihkan busi yang kotor dengan cara amplas yang halus dan kemudian gosokkan di ujung dari pengapian busi motor secara perlahan hingga bersih. Jika busi motor anda terlalu renggang, sebaiknya anda mengecilkan busi motor hingga jarak pengapian menjadi 0.6 sampai 0.8 mm.

Cara mengatasinya, anda bisa hanya mengecek businya apakah ada suatu percikan api atau tidak. Apabila tidak, anda bisa melakukan pembersihan dari busi motor anda, seperti yang sudah dijelaskan tadi diatas dan kemudian anda mencobanya lagi. Jika busi yang anda gunakan itu kotor sangat kotor, kami sarankan untuk menggantikan yang baru busi motor anda.

5. Karburator yang Bermasalah

Motor anda susah dihidupkan, walaupun ada pengapian? Mungkin penyebab yang terakhir ini juga sering terjadi. Bahkan, ini juga bisa terjadi masalah dari penyebab motor yang susah hidup di pagi hari. Cara mengatasinya, cukup mudah bagi anda yang tahu dengan bongkar pasang pada bagian karburator. Karena cara ini, anda harus membersihkan bagian luar dan juga bagian dalam karburator yang sudah anda lepas dari salah satu tempatnya (anda yang sudah bongkar bagian karburator).

Dengan demikian pembahasan kita pada saat ini mengenai dengan pengapian ada tapi motor susah hidup. Semoga anda mendapatkan manfaat dari pembahasan kita kali ini.

Sponsors Link
, , ,

Leave a Reply