Sponsors Link

Penyebab Motor Supra Susah Masuk Gigi dan Cara Mengatasi

Sponsors Link

Sudah banyak para pengendara mengeluh dengan kerusakan-kerusakan yang sering datang kepada motor kita. Mungkin kita akan mencari tahu penyebab dari motor yang sering rusak, begitu juga dengan cara mengatasinya. Tidak salah lagi kalau motor kita rusak akan membuat kenyamanan saat berkendara menjadi lebih terganggu. Maka dari itu kita harus melakukan perawatan secara khusus bagi motor kita.

Untuk anda yang memiliki motor Supra dimana kesempatan pada saat ini kita akan membahas penyebab dan cara mengatasi motor Supra anda yang susah melakukan pengoperan gigi. Ada beberapa penyebab dan cara mengatasi agar motor Supra menjadi lebih mudah saat melakukan perpindahan gigi. Langsung saja simak ulasannya yang sudah kami uraikan dibawah ini.

Penyebab

Ada beberapa penyebab motor Supra susah masuk gigi dan sudah kami susun untuk anda. Dibawah ini merupakan penyebab umum dari setiap motor gigi (termasuk motor Supra) yang susah untuk memasukkan gigi.

1. Setelan Mur Serta Baut Di Spelling Tuas Persneling Kurang Pas

Ketika mur dan baut yang ada di spelling tuas persneling kurang pas maka ini akan menyebabkan motor susah untuk memasukkan gigi. Ini dikarenakan pengaturan spelling tuas persneling terdapat pengaturan yang akan berdampak di akselerasi motor. Pada saat mengatur dengan ukuran yang sempit, ini akan membuat perpindahan giginya merasa lebih empuk dan tarikan akselerasi menjadi lebih lambat.

Begitupun sebaliknya ketika ukuran pada tuas persneling renggang maka ini akan menimbulkan perpindahan gigi yang mengalami kesulitan. Maka dari itu ketika memasang mur dan baut harus sesuai sehingga hal tersebut tak akan terjadi. Sebenarnya ada beberapa cara mengatur mur dan baut persneling motor yang benar sehingga kita tidak salah mengaturnya.

2. Arm Pendorong Kopling Rusak Atau Bermasalah

Apakah anda sudah mengetahui cara kerja komponen arm pendorong kopling motor? Kalau oke mari kita bahas kenapa arm pendorong kopling yang bermasalah menjadi salah satu penyebabnya. Dari berbagai sumber yang kami dapatkan kalau arm pendorong kopling bermasalah akan membuat motor Supra anda sulit untuk memasukkannya, hal ini disebabkan karena adanya bola arm otomatis yang terjadi kerusakan sehingga motor sangat sulit untuk mengoper gigi.

3. Plat Kopling Sudah Rusak

Kerusakan pada plat kopling sangat berpengaruh pada motor Supra yang sulit untuk mengoper gigi. Apabila plat kopling terlihat melengkung dengan begitu ini akan mengakibatkan tempat kerenggangan pada kampas kopling tidak akan menjadi maksimal. Dengan demikian gearbox yang berputar akan sangat sulit untuk komponen tangkai yang ingin menggeser drum perpindahan gigi persneling.

4. Cluth Cover Tidak Berfungsi

Cluth cover yang tidak lagi berfungsi ini akan membuat motor Supra anda akan menjadi kesulitan ketika memasukkan gigi. Tanda-tanda ketika cluth cover yang tidak lagi berfungsi akan terdengar suara kasar pada saat proses pemindahan gigi.

5. Rantai Sudah Kendor

Pengaturan rantai motor yang sudah pas atau tepat akan membuat kita merasa nyaman pada saat berkendara. Nah pada saat kita menempuh perjalanan yang cukup jauh maka ini akan membuat rantai motor menjadi kendor. Tentu saja ini sudah tidak akan merasa nyaman lagi saat berkendara, apalagi pada saat melakukan perpindahan gigi.

Selain itu, pengendara juga akan susah untuk menetralkan motor ketika ingin berhenti, karena adanya kondisi rantai yang sudah kendor. Dengan begitu anda harus melakukan penyetelan kembali pada rantai motor anda yang sudah kendor sehingga kita akan merasakan kenyamanan lagi ketika berkendara.

Selain dari penyebab umum yang ada diatas, ada juga penyebab utama yang seringkali terjadi susahnya masuk gigi pada motor Supra. Nah berikut dibawah ini beberapa penyebab utama yang sering terjadi pada motor Supra sehingga sulit memasukkan gigi.

  • Setelan kopling yang kurang tepat atau salah. Untuk memperbaiki ulang posisinya terdapat dibagian bak mesin disebelah kanan (Perlu diperhatikan cara untuk setting kopling motor Supra tidak akan kami bahas disini, karena pembahasannya cukup panjang dan sangat memakan waktu).
  • Mungkin oli yang sudah lama tidak diganti.
  • As gigi sudah bengkok.
  • Gear bintang yang sudah patah.
  • Drum pemindahan gigi yang bermasalah.
  • Garpu pemindahan gigi yang sudah aus.
  • Gigi transmisi sudah aus atau bermasalah, tapi ini sangat kecil akan terjadi kecuali ketika komponen penampung oli pada mesin motor dibiarkan hingga kering.

Cara Mengatasi

Dilihat dari penyebab yang sering terjadi ketika motor Supra anda susah untuk memasukkan gigi, pasti ada yang bertanya tentang bagaimana cara mengatasinya. Sebenarnya cara mengatasi motor Supra yang susah memasukkan gigi mudah untuk diikutinya, seperti anda melakukan cara sederhana merawat motor agar umurnya panjang, asalkan anda mengikuti cara-caranya dengan benar. Dengan demikian motor Supra anda akan terasa nyaman untuk digunakan berpergian, nah berikut dibawah ini merupakan cara mengatasinya.

1. Memakai Oli Yang Berkualitas

Yang namanya kata kualitas tentu saja akan membuat apapun menjadi lebih baik dan bagus. Begitu juga dengan memilih serta memakai oli pada motor yang berkualitas pasti akan membuat performa mesin motor Supra anda menjadi lebih tangguh. Bahkan akan membuat motor Supra anda menjadi lebih enteng saat memindahkan gigi.

Disebabkan dari beberapa fungsi oli sangat berperan penting untuk menunjang semua kinerja yang dilakukan oleh beberapa mesin motor, begitu juga pada motor Supra. Pasalnya oli yang berkualitas dan memiliki standar terbaik, ini akan memudahkan pada saat motor Supra anda memindahkan gigi. Maka dari itu kami menyarankan anda harus benar-benar memilih oli usahakan pilihan oli untuk motor Supra harus sesuai.

2. Kampas Kopling Yang Harus Diganti

Cara mengatasi yang berikutnya anda juga harus memperhatikan kalau kampas kopling sudah harus diganti atau belum, karena ini akan menyebabkan motor Supra anda sangat sulit untuk bekerja memindahkan gigi. Bukan menjadi sebuah alasan ketika kampas kopling sudah aus sehingga membuat tenaga dari komponen mesin motor menjadi lemah.

Selain itu ini akan berdampak buruk dan parah pada motor Supra yang sulit pada saat memindahkan gigi atau mungkin persneling akan menjadi keras. Jika kampas kopling tersebut sudah rusak, kami sarankan anda harus cepat menggantinya dengan yang baru. Dengan demikian motor Supra akan menjadi lebih mudah pada saat mengoper gigi.

3. Cek Bagian Tali/Kabel Kopling

Perhatikan pada kekencangan tali atau kabel kopling, pastikan tali maupun kabel kopling tidak terasa kendur dan longgar, jika hal ini terjadi maka anda harus menggantinya atau anda bisa membuat lebih kencang lagi. Selain itu untuk mempermudah pengoperasian gigi anda bisa melakukan dengan mencuci pada tali kopling. Perlu diperhatikan cara mencuci tali kopling harus menggunakan minyak dengan menambahkan sedikit olinya.

4. Sering Memanaskan Motor

Sebelum menggunakan motor, anda juga harus memanaskan motor Supra terlebih dahulu. Karena ketika kita tidak melakukan pemanasan motor, maka ini akan membuat tekanan mesin motor menjadi rusak. Bahkan ini juga akan mengakibatkan secara fatal pada saat motor Supra anda mengoper gigi, tak menutup kemungkinan kalau motor tidak akan berfungsi ketika memasukkan gigi. Itu sebabnya anda harus melakukan pemanasan motor setiap hari (cukup 15 menit saja).

Itu dia penyebab motor Supra susah masuk gigi dan pengatasannya. Semoga dengan adanya pembahasan ini, bisa mendapatkan pencerahan dan manfaat melalui pembahasan kita kali ini.

Sponsors Link
, , ,

Leave a Reply