Sponsors Link

Motor Ngempos Putaran Atas – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Memiliki kendaraan pribadi merupakan pilihan yang lebih banyak dipilih oleh masyarakat Indonesia dibandingkan dengan menggunakan kendaraan umum dalam setiap aktivitas keseharian. Sepeda motor merupakan pilihan kendaraan pribadi yang paling banyak digunakan dibandingkan dengan mobil dan kendaraan pribadi lainnya. Memiliki sepeda motor sudah menjadi sebuah kebutuhan yang harus terpenuhi minimal dalam satu keluarga.

ads

Karena kondisi dan keadaan yang dijelaskan diatas tersebut, berbagai jenis sepeda motor di seluruh dunia dapat dengan mudah ditemui dijalanan. Namun ada satu fakta yang terungkap dari prilaku sebagian besar orang indonesia yang sangat abai terhadap perawatan sepeda motor sehingga menyebabkan berbagai masalah teknis dapat terjadi pada sepeda motor. Cara merawat motor matic maupun motor manual sering diabaikan karena alasan kesibukan serta kemalasan.

Salah satu masalah teknis yang dapat muncul dari abainya pemiliki kendaraan untuk melakukan perawatan sepeda motor adalah kondisi dimana motor ngempos putaran atas. Motor ngempos pada putaran atas ini merupakan keadaan dimana sepeda motor tidak dapat memberikan tenaga ketika dipacu dalam kecepatan mulai dari menengah menuju ke tinggi meskipun gas sudah dibuka sampai maksimal. Keadaan ngempos pada putaran atas dari sepeda motor ini dapat disebabkan oleh beberapa hal. Penyebab motor ngempos putaran atas dan cara pengatasannya adalah sebagai berikut.

  1. Air yang ada di dalam tangki bensin

Kondisi yang dapat menjadi penyebab sepeda motor mengalami ngempos pada putara atas adalah ditemukannya air di dalam tangki bahan bakar. Air bukan merupakan bahan bakar untuk sepeda motor yang tidak dapat bercampur dengan bensin atau bahan bakan sepeda motor yang berupa minyak. Adanya campuran air pada bahan bakar dapat menyebabkan bahan bakar yang masuk kedalam ruang bakar melalui karburator menjadi lebih sedikit sehingga pembakaran energi dan tenaga menjadi berkurang sehingga motor akan menjadi ngempos pada putaran atas. Air juga dapat mempengaruhi kualitas dari bahan bakar.

Untuk menghindari masalah yang terjadi tersebut maka sebaiknya jangan sampai air masuk kedalam tangki sepeda motor. Jika memang sudah ditemukan adanya air pada tangki maka hal yang harus dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan menguras tangki motor sampai habis agar seluruh air dapat keluar dari tangki motor.

  1. Pilot Jet.

Pilot jet merupakan komponen yang sangat penting perannya dalam proses pembakaran karena merupakan bagian yang mengatur udara pada proses pembakaran. Secara normal, prosentase jumlah antara bahan bakar dan udara yang masuk ke dalam mesin harus selalu sama agar siklus pembakaran bahan bakar dapat optimal. Apabila prosentase bahan bakar dan udara tidak pas pada tarikan atas dapat menyebabkan motor menjadi ngempos terutama pada putaran atas. Kondisi ini rupanya biasanya terindikasi adanya sumbatan pada pilot jet yang berfungsi mengalirkan dan mengatur jumlah bahan bakar yang masuk kedalam mesin untuk proses pembakaran.

Untuk mengatasi permasalahan ini maka diperlukan tindakan pembersihan kotoran yang menghalangi kerja dari pilot jet. Cara mengecek mesin motor pada permasalahan pilot jet ini harus dilakukan dengan benar dan teliti.

  1. Karburator

Untuk sepeda motor yang masih menggunakan komponen karburator pada mesinnya dapat mengalami tarikan berat yang disebabkan oleh kerusakan ataupun tertutupnya kotoran pada filter karburator. Tertutupnya bagian karburator ini dapat menjadikan motor ngempos pada putaran atas. Membersihkan karburator secara rutin dapat membantu mengatasi permasalahan ini.

Kondisi filter udara yang tersumbat dengan berbagai macam debu dan kotoran tersebut dapat diatasi dengan membersihkan seluruh komponen pada filter dan bila perlu menganti filter baru. Filter yang jenuh dan rusak dapat menyebabkan debu debu kecil masuk kedalam yang bila dibiarkan akan menghasilkan kerak sumbatan. Pembersihan komponen filter udara secara rutin dapat mencegat terjadinya permasalahan teknis ini.

Sponsors Link

  1. Busi

Komponen mesin lainnya yang bertanggung jawab terhadap permasalahan ngempos di putaran atas pada motor selanjutnya adalah komponen busi pada mesin.  Busi pada sepeda motor berperan dalam pengapian pada proses pembakaran yang terjadi di mesin. Permasalahan pada busi ini dapat menyebabkan api yang keluar untuk proses pembakaran menjadi terganggu sehingga pembakaran bahan bakar pada mesin akan berlangsung tidak optimal.

Ketidak oprimalan tersebut yang membuat sepeda motor menjadikan tarikan atas motor nahan yang menyebabkan motor menjadi ngempos pada putaran atas. Untuk mencoba mengatasi kondisi permasalahan busi ini yakni dengan membuka dan mencopot busi lalu kemudian dikembalikan lagi. Sebelum mengembalikannya cobalah untuk mengecek ada tidaknya aliran listrik pada motor tersebut.

Sponsors Link

  1. Rantai atau Vainbelt yang bermasalah.

Jika pada cara mengecek mesin mesin yang benar tidak ditemukan kendala berarti sebagai penyebab motor mengalami kondisi ngempos maka mungkin perlu juga melakukan pengecekan pada bagian pengerak sepeda motor. Rantai pada sepeda motor non matic dan vainbelt pada sepeda motor bermesin matic dapat menjadi penyebab motor menjadi ngempos. Rantai yang kendor dan vainbelt yang putus harus segera diperbaiki agar kondisi performa dan tarikan motor menjadi kembali seperti semula lagi.

  1. Kepala silinder

Bagian komponen lain yang dapat menjadi penyebab terjadinya kondisi motor yang ngempos terutama pada tarikan atas adalah kepala silinder. Kondisi kepala silinder yang kotor dan penuh kerak sisa pembakaran pada mesin dapat menyebabkan motor kurang tenaga dan terasa saat berat saat digas. Untuk mengatasinya, perlu pembongkaran dan pembersihan secara menyeluruh pada komponen kepala silinder ini.

Beberapa kondisi diataslah yang menjadi penyebab motor ngempos putaran atas. Dalam uraian pada setiap penyebab tersebut juga sudah dijelaskan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis

Leave a Reply