Sponsors Link

Motor Ngempos di RPM Tinggi – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Sepeda motor merupakan moda transportasi paling populer saat ini dan merupakan kendaraan yang paling banyak digunakan baik merupakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Berbagai jenis sepeda motor di seluruh dunia dapat dengan mudah kita temui mengaspal di jalanan Indonesia. Sepeda motor memiliki banyak kelebihan yang menjadikannya sangat populer di masyarakat seperti bentuknya yang ramping dan ringan, mudah digunakan, handal dalam berbagai jenis jalan terutama untuk jalanan sempit dan jalanan mace khas perkotaan.

ads

Dengan kondisi yang disebutkan diatas, banyak dari kita yang pastinya juga mempunyai serta mengendarai kendaraan sepeda motor untuk memenuhi berbagai macam keperluan dan aktifitas sehari hari. Karena frekuensi pemakaiaan yang sangat tinggi sering kali motor dapat mengalami masalah teknis. Untuk menghindari permasalahan tersebut, diperlukan kegiatan perawatan sepeda motor yang rutin dan disesuaikan menurut jenis sepeda motornya.

Cara merawat mesin motor matic maupun manual yang kurang baik dapat menyebabkan munculnya berbagai masalah teknis yang sering menganggu dan memberikan rasa kurang nyaman pada pengendaranya. Salah satu kondisi masalah teknis yang sering muncul pada sepeda motor yang kurang dirawat adalah motor ngempos di rpm tinggi. Selain perawatan yang jarang dilakukan, kondisi motor yang ngempos saat berada pada rpm tinggi ini disebabkan oleh kerusakan beberapa komponen yang ada pada sepeda motor. Berikut kerusakan komponen mesin dan kondisi lain yang dapat menyebabkan terjadinya kondisi ngempos pada sepeda motor dan bagaimana mengatasinya.

  1. Busi

Komponen mesin pertama yang bertanggung jawab terhadap kondisi motor ngempos saat rpm tinggi adalah busi pada mesin sepeda motor.  Busi sepeda motor berperan dalam aktifitas pengapian pada proses pembakaran yang terjadi di mesin. Permasalahan pada busi ini dapat menyebabkan api yang keluar untuk proses pembakaran menjadi terganggu sehingga pembakaran bahan bakar pada mesin akan berlangsung tidak optimal.

Ketidakoptimalan kinerja aktivitas pembakaran pada mesin motor tersebut yang menjadikan sepeda motor menjadi berat atau ngeden pada saat tarikan atas. Untuk mencoba mengatasi kondisi motor yang brebet atau ngempos pada tarikan atas yakni dengan membuka dan mencopot busi lalu kemudian dikembalikan lagi. Sebelum mengembalikannya cobalah untuk mengecek ada tidaknya aliran listrik pada motor tersebut.

  1. Air yang masuk kedalam tangki bensin

Kondisi lain yang dapat menjadi penyebab tarikan nahan lainnya adalah ditemukannya air di dalam tangki bahan bakar. Air bukan merupakan bahan bakar untuk sepeda motor yang tidak dapat bercampur dengan air. Adanya campuran air pada bahan bakar dapat menyebabkan bahan bakar yang masuk kedalam ruang bakar melalui karburator menjadi lebih sedikit sehingga pembakaran energi dan tenaga menjadi berkurang sehingga motor akan menjadi ngempos pada rpm tinggi. Untuk menghindari masalah yang terjadi tersebut maka sebaiknya jangan sampai air masuk kedalam tangki sepeda motor.

  1. Fuel Pump yang lemah

Permasalahan fuel pump yang lemah ini dapat terjadi khususnya pada motor injeksi. Fuel pump berfungsi untuk mempompa bensin masuk ke dalam injektor, sehingga ketika injektor terbuka bensin bisa langsung keluar ke intake manifold. Kondisi tekanan yang lemah pada fuel pump dapat menyebabkan fuel pump tidak mampu menekan bensin ke dalam injektor yang menjadikan bensin yang dikeluarkan menjadi sedikit. Bensin yang sedikit ini dapat menyebabkan energi yang terbentuk menjadi lemah sehingga motor akan menjadi ngempos.

Sponsors Link

Cara mengatasinya dimulai dari pengecekan tekanan pada sepeda motor menggunakan alat khusus. Setelah pengecekan bandingkan tekanan yang dihasilkan dengan tekanan normal pada fuel pump motor injeksi. Jika ternyata tekanan yang dihasilkan kurang maka pengantian fuel pump merupakan langkah yang sebaiknya dilakukan. Selain itu cara membersihkan mesin motor juga dapat dilakukan secara teratur sebagai langkah pencegahan.

  1. Karburator bermasalah

Secara normal, prosentase jumlah antara bahan bakar dan udara yang masuk ke dalam mesin harus selalu sama agar siklus pembakaran bahan bakar dapat optimal. Apabila prosentase bahan bakar dan udara tidak pas pada tarikan atas dapat menyebabkan motor menjadi ngempos terutama pada rpm tinggi. Kondisi ini rupanya biasanya terindikasi adanya sumbatan pada pilot jet yang berfungsi mengalirkan dan mengatur jumlah bahan bakar yang masuk kedalam mesin untuk proses pembakaran.

Sponsors Link

Pilot jet yang tersumbat menjadikan prosentase bahan bakar dan udara menjadi tidak seimbang sehingga pembakaran akan kurang optimal dan tarikan atas motor dapat nahan. Untuk mengatasi permasalahan ini maka diperlukan tindakan pembersihan kotoran yang menghalangi kerja dari pilot jet. Cara mengecek mesin motor pada permasalahan pilot jet ini harus dilakukan dengan benar dan teliti.

  1. Aliran udara

Sama seperti pada penjelasan sebelumnya bahwa prosentase bahan bakar dan aliran udara harus seimbang dan konsisten pada setiap tarikan gas di motor. Kondisi aliran udara yang bermasalah dapat disebabkan oleh setelah aliran udara yang kecil pada karburator serta filter udara yang kotor dan jenuh. Kondisi filter udara yang tersumbar dengan berbagai macam debu dan kotoran tersebut dapat diatasi dengan membersihkan seluruh komponen pada filter dan bila perlu menganti filter baru. Filter yang jenuh dan rusak dapat menyebabkan debu debu kecil masuk kedalam yang bila dibiarkan akan menghasilkan kerak sumbatan. Pembersihan komponen filter udara secara rutin dapat mencegat terjadinya permasalahan teknis ini.

Beberapa komponen yang dapat menyebabkan motor ngempos di rpm tinggi tersebut perlu diperhatikan untuk menentukan cara mengatasi permasalahan tersebut. Untuk mencegah masalah teknis tersebut agar tidak terjadi, proses perawatan harus dilakukan dengan benar.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis

Leave a Reply