Sponsors Link

Penyebab Motor Matic Tiba-Tiba Mati dan Tidak Bisa Distarter

Sponsors Link

Pada negara kita terdapat sepeda motor terbaik di Indonesia, ini dikarenakan banyak pengendara yang suka dengan motor matic. Memiliki bentuk yang menarik dan keren, sehingga banyak orang Indonesia ingin menggunakan motor matic. Selain itu, motor matic menyediakan harga yang bisa dijangkau oleh warga masyarakat Indonesia. Maka dari itu, motor matic banyak orang yang memakainya, bahkan anak SMP juga menggunakan motor matic.

Sebelum anda membeli motor matic pastikan bahwa anda sudah mengerti dengan komponen motor matic, sehingga apabila anda mengalami kerusakan pada motor matic, kemungkinan besar anda bisa memperbaiki motor matic dengan cara sendiri. Motor matic pada umumnya sangat mudah untuk dipakai, bahkan bagi anda yang masih pemula, lebih baik anda menggunakan motor matic. Selain itu, pada motor matic terdapat fitur yang sangat menari.

Motor matic bisa disebut sebagai motor yang serba otomatis, motor matic juga sangat nyaman untuk menunjang aktivitas kita sehari-hari. Maka dari itu motor matic banyak yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Ini juga dikarenakan motor matic menawarkan kepada bikers akan tetap aman dalam perjalanan ke tempat tujuan para bikers.

Memang pada umumnya motor matic paling the best untuk warga masyarakat Indonesia, namun dibalik semuanya terdapat banyak keluhan, kalau motor maticnya rewel apalagi tiba-tiba mati dan susah untuk dihidupkan kembali. Mungkin ini salah satu komponen motor matic yang paling mudah rusak, sehingga ini akan membuat kita merasa kesal pada saat ingin melakukan atau dalam perjalanan menuju ke tempat tujuan. Bagi anda yang ingin mencari tahu penyebab dari masalah ini, anda bisa membaca ulasan yang ada di bawah ini.

1. Busi Rusak

Motor matic anda mati terus susah dihidupkan? Mungkin terjadi pada komponen busi motor yang rusak atau ada gangguan pada komponen ini. Biasanya motor matic yang susah dihidupkan terjadi ketika busi motor rusak, karena terdapat busi yang sudah basah. Apalagi pada saat anda mengendarai motor di musim hujan, sehingga ini akan membuat busi motor menjadi basah dan tiba-tiba mati serta tidak bisa dihidupkan kembali.

Selain itu, busi yang rusak dan basah bukan hanya terkena air hujan saja, ini juga berkemungkinan juga karena adanya penyiraman bahan bakar yang terlalu banyak, sehingga bisa terkena pada busi dengan tetesan oli. Dengan begitu ini berarti akan ada pembakaran dalam ruang bakar yang mengalami kerusakan.

2. Kompresi Bermasalah

Kompresi yang bermasalah juga bisa terjadi motor matic anda tiba-tiba mati dan tidak bisa dinyalakan kembali. Selain itu, kompresi yang bermasalah menjadi salah satu penyebab motor matic ngempos saat digas, bahkan ini bisa terjadi motor matic anda semakin boros bahan bakar serta penyebab mesin motor ngelitik dan cara mengatasinya cukup mudah. Ini juga akan berpengaruh pada komponen yang lainnya, kalau anda tidak memperbaiki secepatnya.

3. Pengapian Bermasalah

Ketika pada pengapian terdapat sesuatu yang masalah, kemungkinan besar motor matic anda akan mati dan mustahil kalau motor matic anda akan menyala. Pada poin ini sangat rawan kalau tidak ada pengapian pada motor matic. Mungkin ini bisa terjadi kalau motor matic anda akan rusak. Karena pada sistem pengapian yang tidak berfungsi, pasti motor anda langsung mati dan sulit untuk dinyalakan kembali.

4. Dinamo Starter Rusak

Selain beberapa penyebab yang ada diatas, motor matic yang tiba-tiba mati dan sulit untuk dinyalakan bisa saja ini terjadi kerusakan pada dinamo starter. Memang pada masalah ini tidak terlalu membahayakan, namun ketika dinamo starter motor matic anda rusak kemungkinan ini bisa terjadi pada komponen lain, seperti magnet, commutator dan lilitan tembaga yang akan rusak.

5. Bermasalah Pada Aki

Nah untuk penyebab yang berikutnya anda juga harus memperhatikan pada bagian aki motor matic anda. Mungkin motor matic anda mati dan tidak bisa dihidupkan kembali, ini karena adanya aki yang bermasalah. Kalau aki motor anda sudah waktunya untuk diganti, kemungkinan besar ini juga akan terjadi masalah dari motor matic anda susah untuk dinyalakan.

Bagi anda yang sudah mengetahui beberapa penyebab dari motor matic yang mati dan susah untuk distarter. Mungkin anda bertanya untuk cara mengatasi agar motor matic anda tetap menyala dan bisa distarter. Anda adalah orang yang tepat ketika membaca artikel ini, karena kami juga akan memberikan solusi atau cara mengatasi motor matic yang tiba-tiba mati serta tidak bisa distarter.

  • Pemakaian yang Tidak Hati-Hati

Untuk hal yang pertama anda juga harus memakai motor dengan harus berhati-hati. Maksudnya disini anda juga harus selalu perhatikan keadaan pada saat anda sedang melakukan perjalanan. Soalnya kebanyakan jalanan yang rusak atau berlubang atau anda sedang membawa motor dengan keadaan cuaca yang hujan. Ini akan membuat masalah pada busi motor matic anda sehingga motor matic akan mati tiba-tiba dan tidak bisa distarter lagi.

  • Memberikan Perawatan Terhadap Motor

Memang pada poin ini anda malas untuk melakukannya, sehingga perawatan pada motor matic anda sangat diprihatinkan. Berikan perawatan pada motor, maksudnya anda harus mencuci motor maticmu kalau sudah kotor, bahkan cara mengecek mesin motor anda juga harus perhatikan. Selain itu, perawatan pada motor yang berikutnya kami sarankan anda selalu memanasi motor matic setiap hari, agar tidak terdapat kesalahan pada dinamo starter.

  • Rutin Membawa Motor Matic ke Dealer

Ketika anda sudah melakukan dua cara yang ada diatas, pastikan anda jangan melupakan dengan selalu membawa motor matic ke dealer yang sesuai dengan tipe motor matic anda. Paling nggak dua bulan atau mungkin tiga bulan sekali untuk melakukan service motor di dealer. Anda juga perhatikan kalau motor matic terdapat komponen-komponen yang rusak, kami sarankan langsung saja membawanya ke dealer. Dengan anda selalu merespon motor matic anda, dijamin motor matic anda akan selalu nyaman pada saat melakukan atau ingin bepergian ke tempat yang sudah ditentukan oleh anda.

Itulah beberapa penyebab dari motor maticmu yang mati dan tidak bisa dinyalakan kembali serta cara mengatasinya sangat mudah dilakukan. Hanya diingatkan saja bagi anda semua, pastikan anda selalu respon dengan motor matic anda, kalau ada yang terjadi kerusakan.

Sponsors Link
, , , ,

Leave a Reply