Sponsors Link

9 Penyebab Motor Kurang Tenaga dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Motor yang kurang tenaga memang sangat menyebalkan, karena akan terasa sangat berat dan tidak mau “lari” meskipun gas sudah ditarik dalam – dalam. Hal ini malahan akan menyebabkan motor menjad lebih boros dari biasanya. Apa saja yang menyebabkan motor kurang tenaga? Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan motor kurang tenaga :

ads

1. Ada kerak yang menumpuk pada ruang bakar

Faktor pertama yang dapat menyebabkan motor kurang tenaga adalah karena faktor kerak yang menumpuk pada ruang bakar. Ya, kerak sendiri merupakan salah satu hasil pembakaran yang dilakukan oleh sistem pembakaran motor anda. Sisa pembakaran ini, sama seperti ketika kita memasak di kompor, yang akan memunculkan banyak sisa – sisa pembakaran berupa jelaga ataupum karbon hitam yang menempel pada bagian piston dan juga ruang bakar. Ketika jelaga atau kerak karbon ini menumpuk, maka hal ini akan menghambat proses pembakaran pada motor anda. Terhambatnya proses pembakaran motor anda akibat kerak ini akan menyebabkan motor kurang tenaga, dan menuru kan power secara signifikan.

Bagaimana mengatasi hal ini?

Nah, lalu bagaimana cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi endapan kerak karbon dan juga jelaga sisa pembakaran di dalam ruang bakar ini? Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk membersihkan kerak tersebut, yaitu :

  • Gunakan bahan bakar beroktan 92 atau lebih untuk merontokkan sisa sisa pembakaran yang menempel. Bahan bakar oktan 92 efektif untuk melunturkan jelaga dan juga kerak pada ruang bakar, sehingga bisa menjadi pertolongan pertama dalam membersihkan ruang bakar motor anda.
  • Gunakan carb cleaner dengan cara menyemprotkan carb cleaner melalui lubang busi motor anda. Setelah itu, nyalakan motor anda, dan gas dengan rpm tinggi. Ini akan membantu anda dalam mengeluarkan sisa sisa kerak yang masih menempel pada ruang bakar anda.

2. Setelan karburator yang tidak tepat

Faktor kedua yang bisa menyebabkan motor kurang tenaga adalah karena kesalahan pada penyetelan karburator motor anda. Hal ini bisa terjadi ketika setelan karburator motor anda mengalami settingan yang salah dan kurang tepat. Setelan itu bisa berasal dari setelan angin dan juga setelan bensin pada karburator. Selain itu, ada beberapa hal lagi berkaitan dengan bagian karburator yang menyebabkan motor kurang tenaga, yaitu :

  • Karburator kotor
  • Pilot jet dan main jet memiliki ukuran yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin
  • Jarum skep mengalami masalah

Bagaimana mengatasi hal ini?

Untuk mengatasi hal ini, cara terbaik adalah melakukan servis terhadap komponen karburator motor anda. Servis akan membuat karburator motor anda menjadi lebih bersih, dan tidak tersumbat sehingga dapat mencegah motor kurang tenaga.

3. Settingan ECU yang kurang tepat

ads
Sama seperti karburator, injektor merupakan perangkat atau komponen yamg bertugas untuk mencampur udara dan juga bahan bakar untuk diteruskan ke ruang bakar. Nah, settingan ECU yamg kurang tepat, akan menyebabkan injektor mengalami masalah, dan akan menyebabkan motor menjadi kurang tenaga. Selain kesalahan dalam penyetelan ECU ini, biasanya injector yamg kotor juga memiliki peran yang penting dalam menyebabkan motor kurang tenaga. Cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah :

  • Membersihkan injektor dengan menggunakan injector cleaner
  • Melakukan penyetelan ECU dengan menggunakan komputer dan Diagnostic tools.

Perlu anda ketahui, bahwa urusan injektor dan juga urusan karburator merupakan salab satu hal yang cukup tricky, karena berbeda motor bisa berbeda pula settingan yang harus diaplikasikan, tergantung kebutuhan dan juga keinginan dari rider itu sendiri

4. Rasio final gear yang terlalu kecil

Final gear merupakan rasio atau perbandingan yang kita peroleh dari pembagian antara ukuran atau jumlah mata gear belakang dibagi dengan jumlah mata gear depan. Umumnya final gear ratio pada motor harian berkisar antara 3.0 hingga 2.6. Namun demikian, biasanya berbeda pabrik memiliki ciri khasnya tersendiri. Nah, ketika kita akan mengganti ratio dari final gear tersebut, biasanya kita menemui banyak kendala, seperti ratio yang terlalu kecip. Ratio final gear yang terlalu kecil (lebih kecil dibandingkan ukuran ratio final gear standar) akan menyebabkan motor kurang tenaga

Misalnya, motor bebek yang memiliki ukuran jumlah mata gear depan 14 dan jumlah mata gear belakang 43, pasti akan terasa mengalami kekurangan tenaga apabila kita mengganti gear belakang dengan ukuran 40 mata. Hal ini memang wajar terjadi, karena akan menyebabkan beban menjadi lebih berat, meskipun kita tidak perlu repot mengoper gigi, karena nafas akan terasa lebih panjang.

5. Pengapian yang lemah

Faktor lainnya yang dapat menyebabkan motor kurang tenaga adalah dari sektor pengapian. Sektor pengapian juga memiliki pengaruh yang cukup signifikan dalam menambah atau mengurangi tenaga motor anda. Motor yang sistem pengapian nya sudah melemah, maka akan sulit untuk memenuhi kebutuhan ruang bakar, sehingga pembakaran tidak akan berjalan dengan sempurna. Ketika pembakaran menjadi tidak sempurna, maka hal ini tentu saja akan mempengaruhi kinerja motor, dimana nantinya motor menjadi kurang tenaga.

Nah, untuk memastikan bahwa pengapian merupakan salah satu penyebab motor kuramg tenaga, maka ada beberapa part yamg harus anda cek dan anda perhatikan. Berikut ini adalah beberapa part yang harus anda cek dan anda perhatikan :

  • Busi merupakan komponen pertama yang harus anda cek. Bersihkan busi, atau ganti busi anda dengan busi yang lebih baru dan berfungsi dengan baik
  • Koil dan kabel koil
  • CDI
  • Aki, bagi motor yang sudah menganut sistem pengapian DC atai Direct Current
  • Spull dan juga magnet. Biasanya masalah pada spull dan magnet tidak hanya menyebabkan motor kurang tenaga, namun motor bisa juga menjadi sulit untuk distarter

Selain masalah di atas ada juga beberapa penyebab motor kurang bertenaga yang wajib anda perhatikan.

  1. Ban kempes
  2. Beban motor terlalu berat
  3. Kompresi menurun drastis

Kompresi merupakan sebuah kondisi dimana piston naik dan menekan bagian liner dan terjadi pembakaran. Kompresi berperan penting dalam proses pembakaran, karena kompresi akan membantu menghasilkan daya ledak yang optimal ketika terjadi pembakaran. Nah, dengan kompreai yang menurun, maka hal ini tentu saja akan menyebabkan motor kurang tenaga. Ya, apabila komptesi menurun maka daya ledak yang dihasilkan oleh tekanan tersebut akan menurun, dan menyebabkan proses pembakaran menjadi tidak sempurna. Ini sering kita istilahkan dengan nama ngempos. Kondisi ini memiliki pengaruh yang sangat signifikan dalam menyebabkan berkurangnya tenaga motor.

Apa saja penyebab kompresi berkurang? Dan bagaimana mengatasinya?

Lalu, mengapa kompresi bisa menurun? Sebenarnya ada beberapa penjelasan tekniz yang bisa kita pahami ketika kompresi menurun. Berikut ini adalah beberapa hal yamg bisa menyebabkan kompresi menurun :

  • Ring seher dan juga seher mengalami aus
  • Liner tergores dan baret
  • Paking terlalu tebal
  • Diameter squish terlalu besar
  • Kebocoran pada klep

Nah, untuk mengatasi kompresi yang menurun ini, hal terpenting yang anda harus lakukan adalah melakukan perbaikan, seperti :

  • Mengganti ring seher dan juga seher yang aus
  • Melakukan oversize ataupun overbosh
  • Memapas head
  • Memporting ulang diameter squish
  • Skir klep
  • Mengganti seher dengan tipe jenong alias menonjol
Sponsors Link

9. Kampas kopling mengalami aus

Penyebab motor kurang tenaga berikutnya adalah karena kampas kopling motor anda sudah mengalami keausan. Biasanya gejala ini bisa kita rasakan dengan mudah, yaitu motor terasa “ngeden”, padahal part lainnya masih standard, dan dalam keadaan baik. Selain itu pada jalanan yang menanjak, biasanya meskipun sudah masuk ke gigi 1 pun masih terasa sangat berat. Hal ini merupakan ciri – ciri dari kampas kompling yang sudah aus. Kampas kopling yang sudah aus memang tidak akan merusak bagian seher ataupun mesin lainnya, namun akan sangat mempengaruhi tenaga motor anda.

Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah agar kampas kopling motor anda tidak cepat aus, yaitu :

  • Gunakan oli yang memilki teknologi anti slip kopling, untuk mencegah slip dankeausan pada kampas kopling
  • Gunakan kampas kopling orisinal
  • Jangan terlalu sering menggantung kopling motor anda (bagi motor yang menggunakan kopling manual)
  • Bagi motor yang menggunkan kopling otomatis, jangan terlalu sering menggunakan gigi halus (3 dan 4) pada kecepatan dan rpm yang rendah, karena akan mempercepat keausan akibat gesekan kampas kopling yang tidak normal.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis

Leave a Reply