Sponsors Link

8 Masalah Pada Karburator Dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Melakukan proses perawatan terhadap sepeda motor merupakan kewajiban bagi pemiliki kendaraan tersebut untuk menjaga performa dan menghindarkan dari berbagai masalah teknis yang sering terjadi. Dalam proses melakukan perawatan tersebut maka harus memperhatikan kesesuaian cara dengan jenis motor yang dimiliki karena cara merawat motor matic yang baik dan benar tentunya akan berbeda dengan cara merawat motor manual secara benar.

ads

Proses perawatan yang wajib dilakukan oleh para pemilik kendaraan ini sering kali diabaikan dan tidak dihiraukan serta tetap memberikan beban kerja yang tinggi bagi sepeda motor. Pembiaran terhadap kondisi tersebut dapat menyebabkan kerusakan dan masalah pada beberapa komponen yang ada di mesin motor. Dalam artikel kali ini, hargamotor.co.id akan memberikan ulasan mengenai salah satu komponen mesin motor yang sering mengalami kerusakan terutama jika proses perawatan motor dan penggunaannya tidak dilakukan dengan benar. Komponen mesin yang akan diulas tersebut adalah karburator.

Komponen Karburator motor merupakan bagian mesin yang memiliki tugas dalam proses pengkabutan atau pemasukan bahan bakar ke dalam silinder mesin. Untuk memenuhi tugasnya tersebut, karburator memiliki beberapa fungsi daintaranya mengatur udara dan bahan bakar ke saluran isap, mengatur perbandingan antara komposisi udara dan bahan bakar pada beberapa tingkat kecepatan sepeda motor, serta melakukan pencempuran antara bahan bakar dan udara secara merata.

Cara kerja karburator dimulai pada saat mesin dihidupkan, pada saat mesin dihidupkan maka udara luar akan dihisap dan masuk ke dalam karburator. Udara yang masuk tersebut juga akan diatas banyak sedikitnya untuk menghasilkan tekanan udara yang sesuai sebagai cara membagi bahan bakar dan udara yang seimbang sehingga proses pembakaran dapat terjadi. Beberapa masalah pada karburator dan cara mengatasinya akan diulas pada bagian di bawah ini.

  • Campuran bahan bakar dan udara tidak cukup tepat

Masalah pada karburator dan cara mengatasinya yang pertama adalah kondisi dimana campuran bahan bakar dan udara tidak seimbang sehingga proses pembakaran tidak akan berlangsung dengan baik. Kondisi tersebut dapat menyebakan motor kurang tenaga dan bahkan sering tersendat. Untuk mengatasi kondisi ini tidak terlalu rumit yakni hanya dengan memutar setelah sekrup udara searah jarum jam atau ke arah menutup. Langkah selanjutnya adalah memindah posisi pilot jet, dan menganti jarum skep. Beberapa perubahan tersebut sebaiknya dilakukan oleh tenaga ahli untuk menghindari masalah teknis yang lebih besar jika cara pengatasannya dilakukan kurang tepat.

  • Karburator terlalu basah

Istilah karburator terlalu basah menandakan bahwa jumlah bahan bakar yang masuk lebih banyak dibandingkan dengan jumlah udara yang dibutuhkan. Kondisi karburator yang terlalu basah tersebut dapat menyebakan munculnya asap hitam dari knalpot ketika motor digunakan. Untuk mengatasi masalah pada karburator itu maka yang pertama adalah dengan melakukan penyetelan pada skup udara agar udara yang masuk pada lubang venturi lebih besar, selanjutnya untuk hasil yang lebih baik ganti jarum skep dengan jarum yang lebih besar dan ganti sprayer pilot jet dengan ukuran yang lebih kecil.

Sponsors Link

  • Karburator terlalu kering

Karburator terlalu kering merupakan istilah yang mengambarkan kebalikan dari kondisi karburator yang terlalu basah. Kondisi karburator yang terlalu kering disebabkan oleh jumlah bahan bakar yang kurang sehingga komposisi udara dengan bahan bakar lebih banyak udara dan tidak seimbang. Keadaan karburator yang terlalu kering ini dapat menyebabkan putaran mesin melemah atau mengambang. Untuk mengatasi kondisi ini maka langkah yang harus dilakukan adalah dengan menganti jarum skep yang memiliki ukuran lebih kecil serta melakukan penyetelan terhadap udara yang masuk ke dalam mesin.

  • Beberapa permasalahan lainnya

Selain beberapa masalah karburator diatas dan cara penyelesainnya, masih ada beberapa kondisi yang juga merupakan masalah dari karburator pada mesin yang dapat menurunkan performa serta menjadikan mesin berpeluang untuk rusak. Beberapa masalah karburator sepeda motor yang juga dapat terjadi diantaranya sebagai berikut ini.

  1. Setelan tidak pas, setelan pada karburator harus diatur dengan benar karena sangat berpengaruh pada keseimbangan campuran bahan bakar dan udara. Dalam karburator ada dua sekrup yang dapat diatur yakni sekrup pengatur banyaknya udara yang masuk dan sekrup pengatur banyaknya bahan bakar yang masuk.
  2. Bahan bakar mampet, motor yang sudah tidak digunakan lagi dalam jangka waktu yang lama sangat sulit untuk dihidupkan karena penyumbatan bahan bakar atau bahan bakar yang tidak kunjung turun dari tangki.
  3. Pilot jet bermasalah, pilot jet merupakan komponen berbentuk saluran dengan diameter kecil yang terletak ditengah karburator motor dan berfungsi untuk menyalurkan campuran bahan bakar dan udara. Masalah pilot jet yang sering terjadi adalah kondisi mampet sehingga proses pembakaran tidak dapat berlangsung dengan optimal dan motor menjadi ngempos. 
    Sponsors Link

  4. Bensin bocor, rusaknya pelampung pada bagian dalam karburator menyebabkan bensin dapat bocor akibat tekanan dari tangki. Pembongkaran karburator perlu dilakukan untuk memperbaiki kondisi besin yang bocor tersebut. Kondisi ini menjadi salah satu penyebab motor boros dalam penggunaannya.
  5. Modifikasi motor, karburator sering bermasalah karena adanya proses modifikasi yang tidak tepat. Untuk mengatasi kondisi ini maka sebaiknya lakukan pengembalian setelan pabrik pada sepeda motor tersebut.

Beberapa masalah karburator diatas lebih banyak terjadi akibat kurangnya proses perawata pada sepeda motor serta tingginya aktivitas yang dilakukan. Jika pemilik kendaraan adalah orang yang awam terhadap motor maka sebaikya serahkan penyelesaian masalah karburator tersebut pada para ahli yang tepat.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis

Leave a Reply