Categories
Masalah Teknis

Macam Macam Kerusakan Sepeda Motor – Penyebab – Cara Memperbaiki

Sepeda Motor merupakan salah satu sarana transportasi paling populer dan banyak dimiliki saat ini di masyarakat. Berbagai jenis sepeda motor di seluruh dunia dapat ditemukan sebagai bentuk pemenuhan berbagai macam kebutuhan akan sepeda motor yang sesuai selera masing masing individu di masyarakat. Popularitas sepeda motor sebagai sarana tranportasi yang tinggi tersebut dikarenakan adanya berbagai keunggulan sepeda motor dibandingkan dengan sarana transportasi lain diantaranya seperti kemudahan pengoperasian, cocok bermanuver di tipikal jalan sempit dan jalan yang penuh kemacetan, tidak membutuhkan ruang parkir yang besar, serta harga yang lebih dapat terjangkau.

Pentingnya sepeda motor dalam mendukung kebutuhan transportasi dalam berbagai aktivitas menjadikannya harus selalu dalam kondisi yang prima dan dapat digunakan secara optimal. Untuk selalu menjaga agar kondisi motor tidak mengalami masalah teknis ataupun kerusakan yang sering terjadi pada sepeda motor maka proses perawatan motor harus dilakukan dengan baik dan benar. Dalam kaitan terhadap proses perawatan motor, maka langkah untuk melakukan perawatan tersebut harus diseuaikan dengan jenis dari sepeda motor karena cara merawat motor matic tentu akan berbeda dengan cara merawat motor manual maupun motor injeksi.

Seperti yang dijelaskan diatas, proses perawatan motor penting dilakukan untuk menghindari segala macam masalah teknis dan kerusakan kerusakan pada sepeda motor yang tentunya akan merugikan bahkan sampai membuat motor tersebut tidak layak untuk dikendarai lagi. Selain memahami cara perawatan yang benar, hargamotor.co.id dalam artikel kali ini akan memberikan wawasan lebih terkait macam macam kerusakan sepeda motor yang sangat berat sehingga motor harus segera diperbaiki.

  • Kerusakan sistem ECU 

ECU atau engine control unit merupakan perangkat sepeda motor yang terdapat pada motor injeksi dengan perannya sebagai pengendali utama rangkaian komponen mesin sepeda motor. Kondisi kerusakan pada ECU dapat menyebabkan motor menjadi mogok atau tidak bisa dinyalakan. Kerusakan pada ECU dapat ditandai dengan beberapa kondisi seperti motor yang sulit sekali dihidupkan, tanda keterangan kontak pada on mil redup bahkan cenderung mati, jarum penunjuk injeksi aktif tidak bergerak.

Beberapa penyebab ecu motor rusak dapat berasal dari faktor internal maupun eksternal. Dari faktor internal, beberapa penyebab diantaranya seperti adanya kerusakan kapasitor dan resistor yang disebabkan oleh usia pakai kendaraan, kesalahan pada perbaikan dan seting mesin, serta adanya kerusakan pada beberapa komponen di ECU yang bertindak sebagai sensor. Untuk memperbaiki kondisi ini maka diperlukan proses yang harus dilakukan oleh para montir ahli yang sudah hafal dengan kondisi motor injeksi.

  • Sepeda Motor Turun Mesin

Salah satu diantara macam macam kerusakan sepeda motor yang sangat berat adalah kondisi dimana sepeda motor harus mengalami turun mesin. Kondisi turun mesin merupakan keadaan dimana mesin motor harus dibongkar secara menyeluruh dan diseting kembali dengan benar dikarenakan adanya permasalah teknis yang sangat besar. Motor yang harus mendapatkan kondisi turun mesin biasanya dapat ditunjukan oleh beberapa kondisi diantaranya motor yang susah di hidupkan pada pagi hari, oli mesin sepeda motot yang sering habis, keluar asap putih pada knalpot. dan munculnya kondisi motor kurang tenaga atau ngempos.

Penyebab sepeda motor harus turun mesin diantaranya seperti terjadinya kebocoran pada oli motor yang tidak kunjung terdeteksi dan dirawat dengan benar. Selain kebocoran pada oli, beberapa kondisi lain juga menjadi penyebab motor harus mengalami turun mesin seperti kebiasaan motor yang tidak pernah diganti olinya  , adanya proses modifikasi pada motor yang gagal dilakukan dengan benar, kondisi kerusakan pada beberapa komponen sepeda motor . Untuk mengatasinya kondisi motor yang mengalami turun mesin maka perlu pemeriksaan yang lebih mendetail dai mereka yang memiliki pemahaman mesin motor yang benar.

  • Kerusakan sistem pembakaran

Proses pembakaran pada sepeda motor merupakan bagian penting yang berguna untuk menghasilkan tenaga yang dibutuhkkan dalam penggunaan sepeda motor. Permasalahan besar lainnya yang dapat menyebabkan mesin motor tidak berkerja dengan baik adalah adanya kerusakan pada sistem pembakaran. Beberapa penyebab yang dapat menjadi pemicu munculnya masalah kerusakan pada sistem pembakaran sepeda motor diantaranya seperti dijelaskan dibawah ini.

  1. Tercampurnya air pada tangki bensin, proses pembakaran pada motor hanya membutuhkan dua bahan yakni udara dan bahan bakar. Adanya beberapa bahan lain seperti kotoran dan air dapat menyebabakan sistem pembakarang mengalami kerusakan lama kelamaan.
  2. Kerusakan pada karburator, masalah pada karburator seperti komponen yang rusak serta tersumbat oleh kotoran juga merupakan salah satu pemicu terjadinya kerusakan sistem pembakaran pada sepeda motor.
  3. Filter udara yang kotor, udara yang cukup merupakan salah satu kondisi agar proses pembakaran dapat berjalan dengan baik, kondisi filter udara yang kotor dapat menghambat penyaluran udara tersebut sehingga jika lama kelamaan dibiarkan dapat menyebabkan kerusakan pada sistem pembakaran.
  4. Penyebab lainnya, beberapa penyebab lain yang juga dapat menimbulkan kerusakan pada sistem pembakaran sepeda motor diantaranya seperti kondisi spul yang lemah, injektor motor injeksi yang bermasalah, busi yang sudah mati, dan beberapa kondisi lain yang masih berhubungan.

Itulah beberapa penjelasan terkait dengan macam macam kerusakan sepeda motor yang dapat dihitung sebagai kerusakan berat yang dapat berakibat pada kondisi mogoknya sepeda motor.

Leave a Reply