Categories
Masalah Teknis

Penyebab Kopling Bunyi Saat Dilepas yang Wajib Diketahui

Sepeda motor merupakan salah satu saran transportasi yang masih menjadi pilihan oleh sebagian besar orang untuk dimiliki dan digunakan. Kondisi dan fenomena tingginya minat masyarakat terhadap sepeda motor tersebut disebabkan oleh keunggulan sepeda motor dibandingkan dengan kendaraan lainnya yang lebih mudah untuk dikendarai, dengan harga terjangkau, perawatan yang lumayan mudah dan lebih hemat, serta kemampuannya untuk dapat bermanuver berbagai jenis jalanan terutama dalam kondisi jalan yang sempit dan macet khas dari hampir semua jalanan perkota besar di seluruh Indonesia.

Tingginya minat  masyarakaat terhadap sepeda motor menjadikan berbagai jenis sepeda motor di seluruh dunia dapat dengan mudah kita temui mengaspal di jalanan. Selain jenis, berbagai pabrikan otomotif yang memasarkan sepeda motornya diindonesaia saling berlomba lomba untuk menghadirkan berbagai macam tipe, varian, teknologi mesin, dan fitur sepeda motor. Karena kondisi tersebut saat ini kita mengenal banyak sekali sepeda motor yang berbeda satu sama lain. Dari segi mesin kita mengenai ada motor injeksi dan motor dengan karburator, sedangkan dari segi sistem pengoprasian gigi ada yang namanya motor matic, dan motor kopling otomatis serta motor kopling manual.

Motor yang menggunakan kopling manual tersebut dapat dikatakan lebih identik dengan tipe motor sport meskipun ada beberapa motor bebek yang juga menggunakannya. Kopling dalam sepeda motor berfungsi dalam proses perpindahan gigi dari satu gigi ke gigi selanjutnya begitu seterusnya dan berlaku sebaliknya juga. Dibandingkan motor dengan kopling otomatis, Kelebihan motor kopling manual  diantaranya seperti :

  • Memiliki kendali penuh terhadap pengoperan gigi, motor dengan sistem kopling manual memiliki kendali penuh terhadap proses perpindahan gigi karena adanya kemudahan dan keleluasaan untuk melakukan pergantian gigi baik maju maupun mundur secara bebas dan sesuai perhitungan dari pengendaranya.
  • Motor lebih responsif, pengendara motor dengan kopling manual akan lebih mudah untuk mengatur kapan melakukan pemutusan dan penghubungan mesin serta pengaturan perpindahan gigi yang lebih bebas sehingga menjadikan motor lebih responsif terhadap pengendaranya.
  • Perpindahan gigi menjadi lebih halus, jika dalam proses perpindahan gigi yang dilakukan pada sepeda motor dengan kopling otomatis akan terdengar suara kasar maka dengan adanya kopling pada sistem motor kopling manual menjadikan perpindahan gigi akan lebih halus dan minim suara kasar.
  • Pengoperasian engine break lebih mudah, dengan adanya kopling manual maka untuk melakukan pelambatan mesin motor atau yang dikenal dengan engine break dapat lebih mudah dan bisa dilakukan secara bertahap.

Namun  dibalik kelebihan yang disebutkan tersebut, motor kopling manual tetap memiliki beberapa kondisi permasalahan teknis yang salah satunya ditunjukan dengan kopling bunyi saat dilepas. Kondisi kopling yang berbunyi ketika dilepas tersebut dapat disebabkan oleh beberapa kondisi yang diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Gigi penyambung kopling yang bermasalah

Hal pertama yang dapat menjadi penyebab kopling bunyi saat dilepas adalah adanya permasalah pada gigi penyambung dari komponen kopling yang ada dimesin. Kondisi masalah teknis yang terjadi biasanya karena gigi penyambung yang aus akibat termakan oleh usia dan karena pemakaian sepeda motor yang terkesan asal serta kasar.

Kondisi aus yang terjadi pada bagian gigi kopling tersebut akan ditandai dengan keadaan kopling motor bunyi saat ditarik dengan bentuk suara seperti menangis. Kondisi keausan pada gigi kopling tersebut akan menjadikan mesin motor bersuara kasar dan bisa jadi jika tidak segera diatas akan menyebabkan kopling tidak berfungsi secara normal. Untuk menanganani kondisi ini sementara waktu maka dapat dilakukan dengan cara membalik posisi gigi penyambung yang sebelumnya dibagian depan ke bagian belakang karena bentuk kedua sisi tersebut sama saja.

  • Karet mangkuk yang sudah mati

Penyebab lainya yang juga dapat ditandai dengan munculnya bunyi ketika kopling dilepas adalah karena karet mangkung dari kopling yang mulai mati dan tidak keras. Karet mangkuk yang mati tersebut ditunjukan dengan kondisi karet yang pecah pecah.

Untuk mengatasi kondisi karet kopling yang mati tersebut, maka hal yang seharusnya dilakukan adalah dengan menguras seluruh oli mesin dan membongkar mesin tersebut. setelah itu keluarkan bagian komponen kopling dan lihat kondisi dari karet mangkuk tersebut jika sudah dalam kondisi yang sangat parah maka harus segera dilakukan pengantian. Setelah diganti, pasang kembali komponen kopling tersebut dan kembalikan semua kondisi mesin pada tempatnya. Melakukan cara mengecek mesin yang benar secara teratur dapat menghindari terlambatnya pengantian karet mangkuk tersebut.

  • Pelepasan kopling yang terlalu cepat

Proses pelepasan kopling yang tidak tepat juga dapat menjadi penyebab munculnya bunyi pada kopling ketika dilepas. Ketidaktepatan tersebut terletak pada kondisi pelepasan yang terlalu cepat dilakukan dan tidak diimbangi dengan tarikan gas. Jika kondisi ini terus terjadi maka tidak hanya bunyi yang akan muncul namun permasalahan teknis lainnya yang lebih berat.

  • Keseluruhan set kopling yang rusak

Kondisi lain yang juga bisa menyebabkan munculnya bunyi saat kopling dilepas adalah adanya kerusakan set kopling secara menyeluruh. Kondisi kerusakan secara menyeluruh tersebut menyebabkan kopling tidak bisa digunakan yang membuat motor kurang tenaga. Kerusakan yang parah pada keseluruhan set kopling tersebut akibat dari pembiaran dari kerusakan kecil sebelumnya.

Itulah beberapa kondisi yang dapat menyebabkan kopling bunyi saat dilepas tersebut yang disertai dengan beberapa langkah untuk mengatasinya. Agar tidak terjadi masalah yang lebih besar maka segera bawalah sepeda motor tersebut  ke bengkel terdekat.

Leave a Reply