Categories
Masalah Teknis

Ciri-Ciri dan Penyebab Kompresi Motor Vixion Hilang

Motor Vixion merupakan motor yang di produksi oleh perusahaan Yamaha, yang saat ini menjadi populer dan banyak diminati di negara Indonesia. Motor Vixion memiliki tampilan body yang bergaya dan elegan serta cukup besar. Mayoritas pengguna motor ini adalah laki-laki, sehingga motor jenis ini memberikan kepercayaan cukup tinggi bagi pengendaranya. Motor Vixion memang lebih gagah untuk digunakan. Motor ini termasuk salah satu motor gede yang memiliki daya tarik.

Namun, yang perlu diperhatikan, semakin bagus sepeda motor yang dimiliki, maka tingkat perawatan yang dibutuhkan semakin tinggi. Tidak terkecuali pada motor Vixion. Permasalahan sepeda motor bisa terjadi karena banyak hal. Salah satunya adalah masalah hilang kompresi atau yang sering kita dengar dengan sebutan loss compression. Hal ini bisa terjadi juga pada motor Vixion. Lalu, apa yang menjadi penyebab terjadinya hilang kompresi? Bagaimana ciri-ciri motor yang sedang mengalami hilang kompresi? Apa penyebabnya? Dan apa dampak yang bisa terjadi apabila kita mengalami hilang kompresi?

Hilang kompresi atau dalam bahasa Inggris disebut loss compression merupakan sebuah kondisi dimana tekanan yang dihasilkan oleh piston pada saat pembakaran yang dilakukan di mesin motor hilang sementara. Hilang kompresi pada motor Vixion bisa terjadi saat mengendarai motor, lalu motor akan terasa berat. Selain itu motor bisa tiba-tiba mati sendiri. Loss Compression juga merupaka efek samping klep motor bocor yang kurang diperhatikan.

Ciri-Ciri Motor Vixion yang Mengalami Hilang Kompresi

Motor Vixion yang mengalami hilang kompresi memiliki beberapa ciri-ciri. Untuk mengenali awal atau gejala terjadinya hilang kompresi pada motor Vixion, mari kita lihat pembahasan berikut:

  • Sepeda Motor Sulit Dinyalakan

Gejala pertama motor Vixion yang mengalami hilang kompresi adalah sulit dinyalakan atau sulit di starter. Masalah ini terjadi tidak hanya pada starter electric, namun pada kick starter bisa jadi sulit dilakukan.

  • Oli Motor Lebih Cepat Habis

Gejala kedua adalah oli motor menjadi cepat habis. Hal ini karena hilangnya kompresi membuat produksi oli menjadi lebih tinggi. Ada beberapa cara mengatasi motor kehabisan oli mesin yang bisa kamu terapkan.

  • Kinerja Motor Menurun

Ciri-ciri lainnya adalah menurunnya performa sepeda motor yang menurun. Hal ini bisa dirasakan dengan kecepatan motor yang menurun dan terasa berat.

  • Mengeluarkan Suara Bising

Gejala lain yang ditunjukkan apabila motor mengalami hilang kompresi adalah mengeluarkan suara bising. Suara bising yang dihasilkan dari komponen knalpot motor ini cukup mengganggu. Apabila hal ini terjadi. Maka segeralah melakukan pengecekan pada sepeda motor.

Penyebab Terjadinya Hilang Kompresi atau Loss Compression

Ketika mengalami hilang kompresi atau loss compression tentunya ada beberapa faktor yang menyebabkan hal ini terjadi, meliputi:

  • Ring pada Piston Sudah Aus

Ring piston yang sudah aus sering menjadi salah satu penyebab utama kompresi pada motor Vixion menjadi hilang. Hal ini akan menyebabkan perlambatan pada mesin hingga motor menjadi mati. Hilang kompresi akan tetap bisa terjadi meskipun piston masih dalam kondisi baik dan layak untuk dipakai.

  • Ukuran Klep yang Tidak Sesuai

Klep yang digunakan tidak sesuai dengan ukuran yang seharusnya dapat menyebabkan mesin pada motor Vixion mengalami hilang kompresi. Klep motor yang terlalu longgar atau sempit dapat mengganggu kinerja mesin. Apabila klep terlalu sempit, maka menyebabkan kebocoran kompresi. Hal ini bisa terjadi karena klep berada pada keadaan tertekan dan tidak dapat bekerja dengan bebas. Sebaliknya, apabila klep motor yang digunakan terlalu sempit, maka akan terjadi benturan antara klep dengan poros bubungan atau camshaft yang menyebabkan motor hilang kompresi.

  • Terjadi Kebocoran pada Klep In dan Out

Terjadinya kebocoran pada klep in dan out atau klep hisap dan klep buang bisa membuat hilang kompresi pada motor Vixion. Hal ini bisa terjadi karena kotoran hasil proses pembakaran pada mesin menumpuk, sehingga menutupi lubang klep yang berdampak klep tidak dapat tertutup dengan sempurna.

  • Terjadi Tabrakan pada Piston dan Klep Motor

Tabrakan yang terjadi pada piston dan klep motor dapat menyebabkan klep menjadi bengkok. Sehingga menyebabkan kinerja mesin menjadi menurun dan bisa berdampak pada hilang kompresi.

  • Penggunaan Bahan Bakar Kendaraan yang Terlalu Sedikit

Apabila bahan bakar kendaraan yang digunakan pada motor Vixion terlalu sedikit, komponen silinder pada mesin akan mengalami pemuaian karena terlalu panas. Selain itu hal ini juga menyebabkan ring pada piston tidak dapat menahan pemuaian yang terlalu panas. Ini bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan motor Vixion mengalami hilang kompresi.

Itulah beberapa hal penyebab kompresi pada motor Vixion hilang. Segala jenis motor sebaiknya selalu diberikan perawatan agar mendapatkan performa yang baik. Kenali beberapa masalah pada motor Vixion seperti penyebab vixion keluar asap putih dan juga sparepart sepeda motor yang sering rusak. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply