Sponsors Link

Knalpot Vixion Keluar Air Terus Menerus : Penyebab Dan Pengatasannya

Sponsors Link

Sepeda motor merupakan kendaraan beroda dua yang terdiri oleh beberapa komponen komponen utama yakni rangka, roda, mesin, casis, stir, dan lainnnya. Dari setiap komponen utama sepeda motor tersebut tentu terdiri dari berbagai bagian lainnya yang detail dan rumit terutama mesin. Mesin menjadi komponen motor bebek maupun matic yang sangat penting perannya dan jika diberi harga, bagian mesin tentunya lebih mahal dibandingkan dengan bagian bagian lain dari sepeda motor.

Mesin sepeda motor selain memiliki bagian tertentu penyusunya pada bagian dalam juga terhubung dengan beberapa komponen mesin motor lainnnya yang memiliki peran atau fungsi saling berkaitan. Salah satu bagian dari sepeda motor yang berkaitan fungsinya dengan mesin adalah knalpot. Knalpot merupakan komponen lanjutan dari mesin yang berfungsi sebagai saluran pembuangan sisa hasil proses pembakaran yang terjadi di dalam mesin sepeda motor untuk menghasilkan tenaga yang menggerakkan motor.

Knalpot menjadi bagian penting yang harus diperhatikan karena secara langsung terhubung dengan mesin. Adanya permasalahan pada knalpot dapat secara langsung memberikan pengaruh yang buruk terhadap kondisi mesin sepeda motor. Salah satu permasalahan yang menandakan adanya permasalah pada  komponen knalpot motor adalah keluarnya air secara terus menerus dari knalpot. Kondisi knalpot yang mengeluarkan air tentu dapat menyebabkan menjadi pertanda masalah yang besar sehingga perlu diperhatikan dengan baik, termasuk pada motor Yamaha Vixion. Berikut ulasan mengenai keadaan dimana knalpot Vixion keluar air terus menerus dalam penjelasan di bawah ini.

  • Penyebab knalpot Vixion keluar air terus menerus

Permasalahan pada knalpot yang keluar air secara terus menerus harus diperhatikan dengan baik oleh setiap pemilik sepeda Motor Yamaha Vixion. Untuk dapat mengatasi masalahan Knalpot motor tersebut maka perlu diketahui terlebih dahulu terkait penyebab dari munculnya air dari dalam knalpot tersebut. Berikut ini beberapa penyebab knalpot sepeda motor Yamaha Vixion keluar air terus menerus dalam ulasan di bawah ini.

  1. Pembakaran yang sempurna

Penyebab pertama kenapa knalpot Vixion keluar air adalah karena proses pembakaran yang sempurna. Keluarnya air dari dalam knalpot yang menunjukan pembakaran sempurna biasanya hanya terjadi dalam tempo sesaat dan berupa tetesan tetesan air saja. Namun ketika ada pertanda lain yang menunjukan bahwa air keluar dengan jumlah yang lebih banyak dan terus menerus maka perlu ada pemeriksaan lebih mendalam terkait kondisi tersebut. Pembakaran bahan bakar untuk menghasilkan tenaga tersebut akan menghasilkan zat samping berupa air serta karbohidrat. Semakin sempurnanya proses pembakaran maka jumlah air yang dikeluarkan menjadi lebih banyak.

  1. Knalpot kemasukan air

Penyebab selanjutnya yang perlu diwaspadai terhadap kondisi knalpot yang mengeluarkan air secara terus menerus adalah karena adanya air yang memang secara tidak sengaja masuk ke dalam knalpot dari lubang pembuangannya. Adanya air yang masuk tersebut menjadi penyebab knalpot Vixion keluar air terus menerus sebagai kondisi bermasalah. Masuknya air secara tidak sengaja ke dalam knalpot dapat disebabkan oleh karena cipratan air, air banjir, atau bisa juga tidak sengaja masuk saat mencuci sepeda motor, serta bisa jadi ada yang memang memasukan air secara sengaja karena ketidaktahuan.

  • Cara mengatasi Knalpot Vixion keluar air terus menerus.

Kondisi knalpot yang keluar ari terus menerus karena pembakaran yang sempurna tentu bukanlah kondisi yang perlu dikhawatirkan karena memang menjadi keadaan baik untuk sepeda motor. Namun ketika motor keluar air karena tidak sengaja kemasukan air menjadi hal yang dapat memberikan efek buruk terhadap motor. Beberapa efek buruk komponen knalpot motor kemasukan air diantaranya seperti menyebabkan performa mesin berkurang, penyebab knalpot motor keropos karena karat, dan menjadikan fungsi oli tidak bekerja karena tercampur dengan air. Untuk menghindari masalah tersebut maka ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengati motor yang kemasukan air.

  1. Mengeluarkan air dari dalam knalpot

Langkah pertama yang perlu dilakukan untuk dapat mengatasi adanya air di dalam knalpot tentu mengeluarkannya. Sebenarnya, pada knalpot standart selalu ada lubang di bagian bawah knalpot yang dapat mengeluarkan air di dalamnya. Jika air tidak dapat keluar dari lubang kecil yang ada pada knalpot tersebut maka bongkar knalpot untuk dapat mengeluarkan air secara sempurna. Selain membongkarnya, bersihkan juga air dan jemur knalpot agar kering.

  1. Periksa bagian oli mesin

Ketakutan yang dikhawatirkan oleh para pemilik sepeda motor ketika knalpot motor Yamaha Vixionnya kemasukan air adalah tercampurnya air dengan oli. Hal ini dikarenakan saluran knalpot secara langsung terhubung dengan oli sehingga jika ada jumlah air yang masuk terlalu banyak dapat juga berpotensi masuk ke dalam mesin motor. Air yang tercampur dengan oli mesin motor dapat menyebabkan masalah yang tentunya menjadikan performa motor berkurang bahkan rusak jika dibiarkan terus menerus. Untuk mengetahui adanya percampuran antara oli mesin motor dengan air maka ambil sedikit bagian oli dan periksaa adakah cairan yang terpisah dengan oli.

  1. Ganti oli

Jika kondisi pemeriksaan tersebut ditemukan ada air yang bercampur dengan oli maka untuk dapat mengatasinya yang paling gampang adalah mengeluarkan oli yang tercampur tersebut. Sebelum menggantinya dengan oli baru maka lakukan beberapa kali pembilasan mesin menggunakan oli bekas untuk memastikan bahwa sudah tidak ada lagi air di dalam mesin. Perhatikan beberapa cara ketahui oli mesin tercampur air sehingga perlu diganti.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika knalpot Vixion keluar air terus menerus. Ada beberapa penyebab yang sebaiknya dipahami terkait keadaan tersebut sebagai bahan pertimbangan dalam upaya untuk mengatasi permaslahan pada sepeda motor.

Sponsors Link
, , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis

Leave a Reply