Sponsors Link

6 Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Motor Injeksi (#Wajib Tahu)

Sponsors Link

Kebutuhan motor yang semakin banyak di masyarakat menjadikan berbagai jenis sepeda motor di seluruh dunia hadir untuk memenuhi berbagai keinginan dan harapan akan sepeda motor yang berbeda beda pada masing masing individu. Motor merupakan salah satu barang teknologi yang dapat membantu sarana transportasi masyarakat sehingga akan terus berkembang mengikuti kemajuan zaman dan kebutuhan dimasyarakat. Berbagai jenis mesin terus mengalami perubahan dan pembaruan untuk menutupi kekurangan yang ada pada mesin sepeda motor terdahulu.

ads

Salah satu teknologi paling baru dari mesin sepeda motor yang digunakan secara komersil adalah mesin motor injeksi. Motor injeksi merupakan mesin motor yang proses pencampuran bahan bakarnya menggunakan teknologi injeksi. Injeksi adalah suatu metode pencampuran bahan bakar dan udara dalam proses pembakaran yang membutuhkan komponen bernama injektor yang bertugas mensuplay campuran antaran bahan bakar dan udara. Teknologi injeksi merupakan bentuk pembaruan yang diciptakan untuk memperbaiki kekurangan yang dimiliki oleh karburator dan menghasilkan pembakaran yang lebih sempurna.

Dalam proses perawatannya, cara merawat motor injeksi tentu akan berbeda dengan proses merawat motor karburator. Perawatan motor injeksi diperlukan proses yang lebih mendetail dan rutin dilakukan. Namun sama halnya dengan motor karburator, mesin motor injeksi terkadang juga memiliki beberapa jenins kerusakan yang sering dialami akibat berbagai hal mulai dari cara penggunaan yang tidak benar dan proses perawatan yang tidak dilakukan secara rutin. Berikut ini beberapa bentuk kerusakan yang sering terjadi pada motor injeksi yang dijelaskan dalam uraian dibawah ini.

  • Tarikan gas yang tidak stabil

Kerusakan yang sering terjadi pada motor injeksi yang pertama adalah kondisi dimana tarikan gas pada motor tidak stabil sehingga menurunkan kenyamanan bagi pengendaranya. Kondisi tarikan gas yang tidak stabil ini dapat disebabkan oleh beberapa hal mulai dari filter udara yang rusak sehingga tidak dapat berkerja secara optimal yang menjadikan proses pembakaran menjadi terganggu akibat adanya kotor pada udara yang masuk ke dalam mesin menjadikan motor kurang tenaga. Setinggan jarak renggan busi yang tidak diukur dengan tepat juga dapat menjadi penyebab tarikan gas tidak stabil pada motor injeksi.

  • Mesin motor injeksi tidak bisa dihidupkan

Kerusakan dan permasalahan selanjutnya yang juga sering terjadi pada mesin motor injeksi adalah kondisi dimana motor yang tidak bisa dihidupkan. Kondisi ini dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti bahan bakar yang tercampur kotoran, adanya kebocoran pada intake atau saluran pemasukan, dan kerusakan beberapa komponen mesin terutama yang berkaitan dengan pembakaran sehingga proses pembakaran mulai dari supply bahan bakar sampai dengan pembakaran itu sendiri tidak berlangsung optimal. Kondisi motor yang tidak bisa dihidupkan pada jenis motor injeksi adalah karena adanya permasalahan pada sistem kelistrikan terutama pada aki yang sudah soak. Masalah kelistrikan merupakan salah satu kelemahan motor injeksi honda dan juga merk lainnya.

Sponsors Link

  • Kerusakan pada komponen injektor

Dalam mesin injeksi, injektor merupakan komponen mesin motor yang paling penting perannya untuk menyalurkan dan mencampur bahan bakar dengan udara yang berpengaruh pada proses pembakaran. Kerusakan yang sering terjadi pada motor injeksi selanjutnya adalah adanya masalah pada komponen injektor. Kondisi ini salah satunya disebabkan oleh kesalahan dalam pemilihan bahan bakar. Mesin sepeda motor yang menggunakan teknologi full injection sebaiknya memilih bahan bakar yang memiliki nilai oktan tinggi.

Pemeilihan nilai oktan yang tinggi tersebut dikarenakan mesin motor injeksi lebih rentan terhadap kondisi bahan bakar yang kotor seperti premium dibandingkan dengan mesin motor karburator. Kondisi tersebut dikarenakan adanya kotoran dapat membuat injektor menjadi buntu sehingga lama kelamaan menjadi rusak. Selain itu, rasio kompresi yang tinggi pada motor injeksi untuk menjadikannya lebih irit sehingga ketika bahan bakar menggunakan kualifikasi yang rendah dapat menyebabkan munculnya gejala detonasi atau ngelitik cepat atau lambat.

  • Motor injeksi mati mendadak

Kondisi lainnya yang juga merupakan salah satu diantara kerusakan motor injeksi yang sering terjadi adalah keadaan dimana sepeda motor injeksi tiba tiba mati mendadak. Kondisi motor yang mati mendadak dapat disebabkan oleh berbagai masalah teknis pada komponen motor yang diantaranya seperti dibawah ini.

Sponsors Link

  • Kompresi bocor, kompresi yang bocor merupakan salah satu kondisi yang dapat menyebabkan motor injeksi mati mendadak karena kotoran dari udara dapat masuk ke dalam mesin sehingga menimbulkan penyumbatan dinding piston dan dinding silinder.
  • Motor mengalami oveheat, kondisi motor yang mengalami overheat atau terlalu panas juga dapat menyebabkan motor menjadi mati mendadak. Untuk menghidupkan kembali maka motor injeksi harus diistirahatkan terlebih dahulu serta lakukan beberapa cara memperbaiki motor injeksi mogok dan segera lakukan pemeriksaan terkait penyebab dari motor yang mengalami overheat tersebut.

Itulah beberapa cotoh kerusakan teknis dan berbagai permasalahan yang dapat terjadi pada sepeda motor injeksi. Kondisi yang dijelaskan diatas seringkali muncul dan menyebabkan ketidaknyamanan bagi pemilik maupun pengendaranya. Hal yang paling banyak mengambil peran dari datangnya masalah teknis yang disebutkan diatas adalah karena proses perawatan dan penggunaan motor yang tidak dilakukan dengan benar bahkan sering kali diabaikan. Agar berbagai macam masalah teknis dan kerusakan yang disebutkan diatas tidak tejadi maka setiap pemilih motor injeksi harus memahami bagaimana cara merawat motor injeksi agar selalu prima dan awet.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis

Leave a Reply