Sponsors Link

7 Kerusakan Yang Sering Terjadi Pada Motor dan Cara Memperbaikinya

Sponsors Link

Sepeda motor merupakan salah satu moda transportasi utama yang paling banyak digunakan dan dimiliki oleh sebagaian besar masyarakat baik pedesaan maupun perkotaan. Berbagai macam jenis sepeda motor di seluruh dunia dihadirkan oleh berbagai macam pabrikan sepeda motor di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan akan motor tersebut. Tingginya minat masyarakat terhadap sepeda motor dikarenakan berbagai macam kelebihannya seperti kemudahan penggunaan, mudah bermanuver pada jalanan yang macet maupun sempit, tidak membutuhkan ruang garasi yang besar serta harganya yang relatif masih dapat dijangkau.

ads

Memiliki sepeda motor bukan hanya sekedar menggunakannya saja namun juga harus memperhatikan perawatan agar tidak muncul masalah teknis yang dapat menyebabkan berbagai macam kerusakan pada sepeda motor. Proses perawatan motor harus disesuaikan dengan jenisnya karena cara merawat motor matic akan berbeda dengan cara merawat motor manual. Untuk membantu memberikan pemahaman terkait kondisi sepeda motor, hargamotor.co.id akan mengulas berbagai macam kerusakan yang sering terjadi pada motor di dalam artikel ini untuk membantu meningkatkan kesadaran akan perawatan motor sehingga motor tetap dapat digunakan secara optimal.

  1. Aki yang rusak atau soak

Kerusakan yag sering terjadi pada motor pertama adalah kondisi aki yang rusak atau soak. Keadaan aki soak tersebut memang sering terjadi akibat lalainya pemiliki kendaraan terhadap sepeda motornya. Aki termasuk kedalam salah satu dari 10 sparepart sepeda motor yang sering rusak. Aki motor berfungsi sebagai penyimpan arus pada motor dan sangat berpengaruh pada sistem kelistrikan motor. Kondisi aki yang rusak dapat menyebabkan berbagi komponen motor yang membutuhkan listrik menjadi terganggu. Kerusakan pada aki biasanya dapat diketahui dengan ciri seperti starter elektrik yang tidak dapat digunakan dan lampu yang nyalanya tidak seterang sebelumnya.

  1. Mesin sepeda motor mbrebet atau tidak lancar tenaganya

Kondisi mesin yang brebet atau tersendat dan tidak lancar menghasilkan tenaga merupakan permasalah atau kerusakan kedua yang sering terjadi. Kondisi mesin yang brebet ini dapat disebabkan oleh berbagai hal mulai dari filter udara yang kotor, sistem pembakaran bermasalah, serta kondisi kerusakan beberapa komponen pada mesin sepeda motor. Kondisi brebet ini dapat menyebabkan sepeda motor tidak dapat digunakan secara baik dan bila dibiarkan akan dapat berdampak berbahaya pada kondisi mesin. Untuk mengatasi kondisi brebet tersebut maka langkah pertama adalah mencari tahu penyebab dari kondisi brebet dan segera mengatasinya.

  1. Body motor yang penyak atau tergores

Body motor juga dapat mengalami kerusakan ketika terus menerus digunakan. Kondisi ini dikarena banyaknya peluar motor mengalami gesekan dengan kendaraan lain maupun bergesekan dengan benda lainnya sehingga menyebabkan body motor tergores. Kondisi motor yang tergores sangatlah wajar terutama bagi sepeda motor yang hampir setiap hari digunakan.  Motor tergores juga dapat terjadi ketikan sepeda motor sangat jarang diperhatikan kebersihannya melalui pencucian maupun pengelapan sisa sisa debu dan pasit pada sepeda motor. Untuk mengatasi hal tersebut cukup dengan memperhatikan kebersihan motor dan bila perlu menggunakan skotlet pada body luar.

  1. Motor ngempos

Kondisi lainnnya yang juga dapat menjadi kerusakan paling sering dialami pada sepeda motor adalah motor yang ngempos atau motor kurang tenaga. Kondisi motor ngempos putaran atas lebih sering terjadi akibat sistem pembakaran yang tidak menghasilkan tenaga secara optimal pada motor. Permasalah sistem pembakaran ini dapat disebabkan oleh berbagai hal mulai dari kerusakan beberapa komponen seperti pilot jet, filter udara, kotornya karburator, dam berbagai hal lain. Keadaan motor yang ngempos juga pasti akan terjadi seiring bertambahnya usia sepeda motor serta didukung dengan kondisi perawatan motor yang buruk.

Sponsors Link

  1. Mesin susah hidup

Kerusakan yang sering terjadi lainnya pada sepeda motor adalah kondisi mesin yang susah hidup. Mesin motor yang susah hidup biasanya terjadi pada motor dengan usia penggunaan yang sangat tua. Kondisi mesin susah hidup ini lebih banyak terjadi pada motor matic yang menjadikan para pengendaranya kesusahan dan menyebabkan pengalaman yang kurang mengenakan serta menyulitkan.

  1. Mogok secara tiba tiab

Mogok secara tiba tiab pada sepeda motor juga dapat menjadi salah satu kerusakan yang juga sering terjadi. Kondisi motor yang secara tiba tiba mogok dapat disebabkan oleh berbagai hal. Motor yang mogok secara tiba tiba juga dapat disebabkan oleh tingginya usia pada sebuah motor. Untuk mengatasi masalah ini maka cara yang pertama adalah dengan mengetahui berbagai macam penyebab motor tiba tiba mogok.

Sponsors Link

  1. Kerusakan komponen motor

Beberapa jenis komponen mesin motor juga dapat mengalami kerusakan yang wajar terjadi akibat usia pemakaian. Beberapa komponen atau sparepart sepeda motor yang sering rusak diantaranya seperti busi, kampas rem baik depan maupun belakang, laher atau bearing roda untuk membantu pergerakan roda pada sepeda motor, komstir motor, Bohlam atau lampu sepeda motor, seal karet, gearset atau rantai motor, dan yang terakhir adalah ban atau roda sepeda motor.

Itulah beberapa penjelasan mengenai kerusakan kerusakan yang sering terjadi pada sepeda motor. Jika memang ada kondisi yang tidak dapat diselesaikan sendiri maka sebaiknya segera bawa motor ke bengkel untuk mendapatkan perawatan sehingga dapat memiliki kinerja yang opimal.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis

Leave a Reply