Categories
Masalah Teknis

Penyebab Kerusakan Sistem Pengapian Sepeda Motor

Memiliki sepeda motor sudah menjadi sebuah kebutuhan yang harus terpenuhi ditengah masyarakat saat ini. Hal ini dikarenakan, penggunaan sepeda motor sebagai sarana transportasi menjadi salah satu yang paling difavoritkan dibandingkan kendaraan lainnya baik pribadi maupun umum. Untuk memenuhi berbagai keinginan dan selera pasar, berbagai jenis sepeda motor di seluruh dunia dihadirkan oleh berbagai macam pabrikan besar yang menjual produknya di Indonesia seperti Honda, Yamaha, Suzuki, dan Kawasaki.

Bagi pemilik kendaraan bermotor, melakukan proses perawatan yang benar dan cara pengoprasian yang tidak sembarangnya meurpakan salah satu hal yang wajib dilakukan untuk dapat menjaga kondisi sepeda motor dalam keadaan yang baik dan tidak mengalami masalah teknis tertentu. Dalam melakukan proses perawatannya, langkah yang akan dilakukan harus disesuaikan dengan jenis dari sepeda motor itu sendiri karena cara merawat motor matic tentu akan berbeda dengan cara merawat motor manual maupun motor injeksi.

Berkaitan dengan proses perawatan motor, berbagai kondisi kerusakan dapat terjadi jika motor tidak dirawat secara benar dan konsisten. Salah satu jenis kerusakan yang sering terjadi pada motor adalah kerusakan pada sistem pengapian sepeda motor yang dapat berpengaruh terhadap proses pembakaran. Dalam artikel kali ini, hargamotor.co.id akan mengulai berbagai hal yang berkaitan dengan masalah kerusakan sistem pengapian sepeda motor yang dijelaskan pada beberapa uraian dibawah ini.

Akibat Terjadinya Kerusakan Sistem Pengapian Sepeda Motor

Sistem pengapian sepeda motor yang mengalami kerusakan dikarenakan berbagai penyebab yang akan dijelaskan pada penjelasan dibawah ini dapat menjadikan proses pembakaran menjadi terganggu bahkan bermasalah. Adanya permasalah pada proses pembakaran sepeda motor dapat menjadikan energi yang dihasilkan tidak optimal.

Kondisi tersebut dapat menyebabkan beberapa hal seperti motor kehilangan tenaga, motor ngempos, motor menjadi mogok, serta performa motor yang menjadi tersendat sendat. Kondisi kerusakan sistem pengapian pada sepeda motor yang lebih parah akan menyebabkan motor mogok dan tidak dapat digunakan.

Penyebab Kerusakan Sistem Pengapian Sepeda Motor

Seperti yang dijelaskan dalam penjelasn akibat adanya kerusakan sistem pengapian pada sepeda motor diatas, kondisi perapian yang rusak dapat menimbulkan resiko berbahaya pada sepeda motor. Untuk mengurangi resiko tersebut maka setiap pemilik kendaraan sepeda motor harus mengetahui penyebab dari kerusakan sistem pengapian pada sepeda motor tersebut. Berikut ini beberapa kerusakan pada sistem pengapian sepeda motor.

  • Koil bermasalah

Koil motor merupakan komponen mesin motor yang memiliki peran untuk menaikan teganggnya dari 12 volt menjadi ribuan volt. Besarnya arus listrik tersebutlah yang dapat menjadikan busi menimbulkan percikan api. Salah atu penyebab permasalah pada sistem pengapian sepeda motor adalah adanya permasalah pada koil. Jika voil mengalami masalah atau kerusakan maka tegangan listrik yang dihasilkan kecil sehingga percikan api dari busi tidak mampu memulai prosesp pembakaran.

  • CDI butuh diganti

Salah satu komponen yang juga memiliki peran penting dalam proses munculnya pengapian di mesin motor adalah komponen yang disebut Capasitor Dischage Ignition. CDI merupakan salah satu komponen mesin motor yang bertindak sebagai pengatur waktu memancarnya bunga api boaz. Adaya masalah pada komponen CDI ini sangat perlu diperhatikan agar tidak muncul kondisi yang berbahaya. Kerusakan pada CDI motor menjadikannya harus diganti dengan komponen CDI baru agar dapat mengembalikan proses pengapian menjadi lebih baik dan dapat tetap menghasilkan energy yang dibutuhkan untuk sepeda motor bergerak. 

  • Kerusakan busi

Busi sepeda motor merupakan salah satu komponen mesin yang juga memiliki peran penting dalam proses pengapian sebagai tahap awal pembakaran bahan bakar untuk menghasilkan energi gerak agar sepeda motor dapat berjalan dan dioperasikan. Busi memilii fungsi untuk memercikkan bunga apa pada campuran bahan bakar dan udara yang telah dikompresi. Kerusakan busi dapat dipicu oleh tiga hal diantaranya seperti kondisi hisapan bahan bakar yang berlebihan sehingga busi menjadi lembab dan kotor, adanya oli yang masuk kedalam ruang bakar akibat terjadinya keausan pada beberapa komponen mesin, serta terjadinya korsleting pada sistem kelistrikan motor.

Untuk mengatasi kondisi busi yang rusak makan sebaiknya segera melakukan pengantian. Agar kondisi busi tetap awet dan dapat berkerja secara optimum lebih lama makan pengecekan dan perawatan busi harus dilakukan secara bertahap dan menyeluruh.

  • Korsleting sistem kelistrikan motor

Penyebab lainnya yang juga dapat menjadikan munculnya permasalahan pada sistem pengapian sepeda motor adalah adanya kondisi korsleting pada sistem kelistrikan motor. Korsleting yang terjadi tersebut dapat menimbulkan kerusakan pada beberapa komponen motor yang berguna dalam proses pengapian yakni koil, busi, dan kapasitor atau CDI. Adanya korsleting yang menyebabkan aliran listrik menjadi tidak stabil pada motor menjadi salah satu penjelasan mengapa ketika terjadi korsleting sistem kelistrikan motor dapat menyebabkan kerusakan pada komponen pengapian yang disebutkan diatas.

Itulah beberapa hal yang menjadi penjelasan berkaitan dengan akibat serta penyebab dari adanya kerusakan pada sistem pengapian sepeda motor. Untuk mencegah rusaknya sistem pengapian tersebut maka proses perawatan dan cara mengecek mesin motor yang benar harus dilakukan secara rutin sehingga jika terjadi masalah dapat segera diatasi dan tidak menimbulkan masalah teknis yang lebih besar nantinya.

Leave a Reply