Sponsors Link

6 Kerusakan Sepeda Motor Matic yang Berakibat Fatal

Sponsors Link

Motor masih menjadi primadona sarana transportasi di masyarakat karena berbagai kelebihannya seperti kemudahan penggunaan, mampu diandalkan untuk bermanuver pada jalanan yang macet khas perkotaan serta jalanan sempit nan lenggang khas pedesaan, dan tidak membutuhkan ruang garasi yang lebar, serta harga yang relatif terjangkau. Tingginya minat konsumen ini menjadikan berbagai macam jenis sepeda motor di seluruh dunia di pasarkan oleh beberapa macam pabrikan otomotif untuk memenuhi kebutuhan yang berbeda beda.

ads

Diantara berbagai jenis sepeda motor yang ada tersebut, motor dengan jenis mesin matic merupakan sepeda motor yang sampai saat ini banyak digunakan dan lebih populer dibandingkan jenis motor yang lain. Penjulan motor matic terus meningkat dikarenakan berbagai kemudahan yang dimilikinya dibandingkan motor lain seperti ukuran yang kecil dan penggunaan yang mudah serta tidak melelahkan serta semakin banyaknya motor baru dengan mesin matic yang muncul dengan berbagai inovasi teknologi dibandingkan motor jenis lainnya.

Dalam artikel kali ini, hargamotor.co.id akan membahas mengenai beberapa macam kerusakan sepeda motor matic yang sering terjadi akibat usia pemakaian serta kondisi atau cara merawat motor matic yang tidak dilakukan dengan benar. Berbagai macam kerusakan yang akan dibahas tersebut kebanyakan bersumber dari cara merawat motor matic yang diabaikan bahkan tidak dilakukan secara benar. Beberapa kerusakan sepeda motor jenis matic yang sering kali terjadi tersebut diantaranya adalah sebagai berikut di bawah ini.

  1. Vanbelt yang terputus

Permasalahan atau kerusakan sepeda motor matic yang pertama sering kali terjadi dan bahkan tidak disadari adalah kondisi dimana vanbelt terputus. Vanbelt merupakan komponen pada sepeda motor matic yang berfungsi sama seperti rantai motor pada motor manual yakni sebagai pengerak roda. Vanbelt pada motor matic dapat mengalami aus dan memiliki usia pakai tersendiri tergantung seberapa sering motor tersebut digunakan. Kondisi vanbelt yang telat diganti dapat menyebabkan resiko terputus sehingga motor matic tidak bisa lagi digunakan sebelum vanbelt tersebut diganti. Vanbelt yang mulai rusak biasanya ditandai dengan kondisi motor kurang tenaga di tanjakan.

  1. Aki motor yang soak atau rusak

Aki motor merupakan salah satu komponen sparepart sepeda motor yang sering rusak dan memiliki usia pakai tertentu sehingga membutuhkan pengantian yang rutin. Kondisi aki motor yang soak atau rusak tersebut juga merupakan salah satu kerusakan pada sepeda motor matic yang sering terjadi. Rusaknya aki pada sepeda motor matic sangat menimbulkan masalah yang besar karena dapat mempengaruhi sistem kelistrikan yang ada pada motor. Salah satu hal yang akan menimbulkan kondisi menyusahkan adalah tidak dapat berfungsinya starter elektrik pada motor matic sehingga harus menggunakan starter kaki atau manual untuk menghidupkannya. Harus menggunakan starter kaki tersebutlah yang menjadikan pengendara wanita kesusahan padahal lebih banyak wanita menyukai motor matic sebagai kendaraan pribadinya.

  1. Ban bocor

Kerusakan pada ban sering kali dialami pada hampir semua jenis sepeda motor termasuk motor matic. Ban yang bocor adalah kondisi kerusakan yang dapat terjadi hampir setiap hari di berbagai suduh kota dan sering menimbulkan berbagai bentuk kerugian baik secara fisik maupun secara materi. Kondisi ban yang bocor ini dapat terjadi karena beberapa hal diantaranya keadaan ban yang sudah terlalu tipis, kondisi jalanan yang banyak terdapat benda tajam, serta adanya proses modifikasi yang menganti ukuran ban menjadi lebih kecil dibandingkan standar atau aturannya.

Sponsors Link

  1. Munculnya suara letupan pada knalpot motor matic

Kerusakan yang sering muncul lainnya pada motor matic adalah kondisi dimana terdengar suara letupan pada knalpot motor matic ketika digunakan dijalanan. Penyebab knalpot nembak pada motor matic dikarenakan berbagai hal namun yang paling utama karena kondisi kotornya karbulator serta busi motor matic yang terjadi akibat sepera motor yang tidak diservice secara rutin dan berkala. Letupan pada knalpot motor matic menyebabkan ketidaknyamanan pengendara ketika mengendarainya dan seringkali membuat malu dengan pengendara motor yang lain di jalanan karena suara yang dihasilkan cukup menganggu.

  1. Bohlam lampu motor yang terputus

Kerusakan lainnya yang juga sering terjadi pada sepeda motor matic adalah kondisi dimana bohlam lampu baik depan maupun belakang yang terputus. Kondisi bohlam yang mudah terputus tersebut disebabkan oleh keadaan dimana sudah tidak lagi ada saklar lampur pada motor matic keluaran terbaru sehingga ketika motor dinyalakan pasti lampu akan langsung menyala sampai motor mati mesin. Kondisi lampu yang terus menyala tersebut menyebabkan bohlam akan sering panas dan mudah terputus. Untuk mengatasi kondisi ini cukup sederhana yakni hanya dengan menganti bagian bohlam yang mati dengan bohlam yang baru.

Sponsors Link

  1. Motor yang tiba tiba mati

Kondisi motor yang tiba tiba mati juga dapat menjadi salah satu kerusakan yang sering dialami oleh motor matic. Keadaan ini dapat terjadi karena kurangnya perawatan dan pembersihan pada motor sehingga muncul kerak pada ruang pembakaran yang dapat menyebabkan proses pembakaran tidak dapat berlangsung dengan benar sehingga tidak ada tenaga yang berhasil dihasilkna dan menyebabkan motor tiba tiba mati. Untuk mengatasi kondisi ini maka perlu segera dibawa ke bengkel resmi agar dapat diketahui penyebab serta tindakan yang akan diberikan.

Itulah beberapa kondisi atau kerusakan yang sering terjadi pada motor matic akibat dari kurangnya proses perawatan dan pembersihan motor matic. Beberapa kondisi diatas dapat dengan mudah diperbaiki namun ada juga yang membutuhkan para ahli motor matic untuk membenarkannya.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis

Leave a Reply