Sponsors Link

Honda Beat Tidak Kuat Nanjak – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Honda Beat adalah salah satu jenis motor matic yang cukup banyak diminati oleh semua kalangan masyarakat di Indonesia. Baik untuk usia tua, muda hingga remaja ya sobat, karena memang selain bodi nya yang ramping Honda Beat ini juga memilki performa yang bagus jika dibandingkan dengan motor yang sejenis atau sekelasnya. Hal inilah yang membuat motor ini begitu banyak diburu oleh semua kalangan.

ads

Motor jenis Honda Beat ini memang tidak di design untuk jalur – jalur yang ekstrim seperti jenis kendaraan yang lainya. Kendaraan roda dua yang satu ini memang di design hanya untuk melalui jalur – jalur yang aman saja. Tetapi walaupun demikian, bukan berarti motor ini tidak bisa anda gunakan pada saat anda melewati jalanan yang ada tanjakannya. Untuk tanjakan – dengan tingkat tertentu, tentu saja kendaraan yang satu ini masih mampu untuk melewatinya.

Namun demikian sobat, tidak menutup kemungkinan bahwasanya motor jenis Honda Beat ini juag kerap mengalami masalah pada saat melakukan perjalanan yang ada tanjakannya. Selain membuat anda was – was pada saat ingin menannjak tetapi tidak bisa dan malah mundur, tentunya jika tidak berhati – hati anda bisa saja mengalami masalah ya sobat. Untuk itu, sebaiknya tetap waspada dan tetap berhati – hati ketika mengendarai kendaraan anda ya sobat.

Pada kesempatan kali ini, penulis akan memberikan informasi kepada sobat semua mengenai penyebab Honda Beat tidak kuat Nanjak. Nah sobat, bagi anda yang memang kebetulan memiliki kendaraan jenis Honda Beat ini, ada baiknya sobat semua menyimak ulasan berikut ini, agar anda bisa mengetahui apa saja yang menjadi penyebab honda beat tidak kuat nanjak. Yuk sobat mari kita simak ulasan berikut ini.

1. Tenaga Spul Kendaraan Anda Lemah

Penyebab honda beat tidak kuat nanjak yang pertama ialah kondisi tenaga spul kendaraan lemah. Spul merupakan salah satu komponen pada motor yang berbentuk seperti lilitan yang perannya memang dikhususkan untuk membantu proses pengapian pada ruang pembakaran pada kendaraan ada.

Apabila spul ini berfungsi dengan baik, maka hasil pengapian akan juga baik, apabila hasil pengapian baik, maka tenaga yang dihasilkan pun akan baik dan sesuai dengan yang diinginkan oleh pemilik kendaraan tersebut tentunya.

Namun pada banyak kasus, spul yang ada pada kendaraan sudah tidak berfungsi dengan maksimal, sehingga hasil tenaga yang diperoleh pun tidak maksimal seperti yang seharusnya. Nah sobat, pada saat anda akan menanjak dengan kondisi tenaga kendaraan yang kurang baik, tentunya sudah bisa dipastikan kendaraan Honda Beat anda tidak akan kuat untuk melewati jalanan yang menajak.

2. Kompresi Mesin yang Berkurang

Penyebab honda beat tidak kuat nanjak yang kedua ialah kompresi mesin menurun. Kompresi motor merupakan tekanan yang dihasilkan pada piston  mesin ketika gas dan udara dipadatkan volumenya menjadi sangat kecil. Nah sobat, adapun kompresi motor ini tentunya akan berpengaruh pada tenaga yang dihasilkan oleh motor tersebut sehingga tidak terjadi motor ngempos putaran atas karena kekurangan tenaga.

Seperti yang sudah, kita ketahui bersama, pada saat motor anda akan menanjak, otomatis tenaga yang dibutuhkan pun akan lebih tinggi jika dibandingkan dengan pada saat kendaraan anda berjalan pada jalanan yang normal. Untuk itulah usahakan kompresi yang dihasilkan oleh kendaraan anda bertenaga yang optimal ya sobat, agar tidak mengganggu performa kendaraan anda nantinya pada saat menanjak.

Sponsors Link

3. CDI dan Busi yang Bermasalah

Kedua komponen kendaraan ini juga merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap tenaga kendaraan anda. Adapun fungsi komponen ini adalah untuk membantu proses pembakaran yang ada pada mesin kendaraan anda. Nah sobat, apabila pada komponen ini ada masalah sudah tentu dan sudah pasti proses pembakaran pun akan ikut bemasalah. Jika busi selalu bermasalah ada baiknya anda memahami bagaimana cara membersihkan busi motor agar kondisinya tetap baik.

ads

Jika sistem pembakaran ada masalah sudah tentu pula sobat tenaga yang dihasilkan oleh ruang pembakaran anda pun nantinya akan berkurang. Seperti yang kita ketahui bersama, pada saat menanjak maka kendaraan anda sudah tentu membutuhkan tenaga yang lebih besar jika dibandingkan dengan tidak melakukan penanjakan.

Untuk itulah CDI dan busi pada motor anda harus dirawat ya sobat dan dilakukan service rutin agar tidak terjadi masalah yang tidak diinginkan pada saat mendatang yang memang tidak akan anda duga sebelumnya.

4. Aki yang Bermasalah

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, sistem kelistrikan yang ada pada kendaran anda sumbenrya adalah dari aki kendaraan anda tersebut. Selain itu, aki yang bermasalah juga tentunya akan memberikan performa yang masalah juga secara keseluruhan pada komponen kendaraan anda nantinya. Nah untuk itu jika anda menginginkan kondisi aki tetap baik, pahami cara merawat aki motor yang baik dan benar ya sobat

Bukan hanya menanjak jalanan saja yang tidak bisa, bahkan untuk berjalan pada jalan yang normal pun kendaraan anda tidak akan bisa digunakan sobat. Untuk itu, sebaiknya lakukanlah pengecekan secara rutin pada aki kendaraan anda ya sobat dan juga pahami cara memperbaiki aki kering motor, agar performa mesin anda terjaga, baik anda akan  melakukan perjalan pada kondisi yang normal ataupun pada keadaan yang menanjak sekalipun.

5. Pilot Jet Kendaraan Anda Sudah Kotor

Penyebab honda beat tidak kuat nanjak yang terakhir ialah bagian pilot jet kotor. Adapun fungsi dari komponen motor yang satu ini adalah untuk menyalurkan bahan bakar pada saat rpm bawah sampai rpm menengah. Dan yang terpenting yang harus anda ketahui sobat, apabila pilot jet pada kendaraan anda kotor,  sudah dapat dipastikan jalur dari pilot jet ini akan terganggu dalam pembuatan asupan bahan bakar dari perbandingan yang seharunya yang diinginkan oleh mesin tersebut.

Apabila hal ini terjadi sobat, maka sudah dapat dipastikan sistem pembakaran pada kendaraan anda nantinya akan mengalami masalah tentunya. Seperti yang penulis sudah jelaskan diatas, jika proses atau sistem pembakaran pada kendaraan anda bermasalah, sudah tentu tenaga yang dihasilkan oleh kendaraan anda juga alna bermasalah nantinya yang juga berpengaru terhadap tenaga dari kendaraan anda tersebut.

Hal inilah yang bia menjadi faktor pemicu Honda Beat kesayangan anda tersebut tidak akan kuat bila anda ajak untuk nanjak ya sobat. Untuk itu,  pastikan semua komponen pada motor anda yang khusunya berhubungan dengan sistem pembakaran dalam kondisi “ oke “ agar tidak terjadi masalah pada tenaga kendaraan.

Sampai disini dulu pembahasan pada artikel kali ini ya sobat mengenai penyebab honda beat tidak kuat nanjak. Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat semua. Sampai ketemu diartikel selanjutnya , salam hangat dan salam otomotif.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis

Leave a Reply