Sponsors Link

Efek Samping Motor Injeksi Tidak Dirawat akan Berakibat Fatal

Sponsors Link

Motor injeksi merupakan salah satu jenis motor dengan mesin terbaru yang disebut sebagai mesin injeksi. Motor injeksi merupakan jenis varian mesin terbaru mengantikan sistem mesin yang lama berupa karburator yang sudah mulai banyak diaplikasikan pada hampir semua jenis sepeda motor di seluruh dunia keluaran terbaru. Secara pengertian, sepeda motor injeksi diartikan sebagai motor dengan mesin yang memiliki sistem pencampuran bahan bakar dengan udara pada saat proses pembakaran mesin motor injeksi dengan mekanisme injeksi dan membutuhkan komponen yang disebut sebagai injektor.

ads

Motor injeksi sudah menjadi tren tersendiri pada semua jenis motor baru pabrikan otomotif besar seperti Honda, Yamaha, dan Suzuki maupun Kawasaki. Meskipun memiliki teknologi terbaru dan beberapa komponen yang lebih unggul dibandingkan dengan motor bermesin karburator, tetap saja ada beberapa kelemahan motor injeksi Honda dan pabrikan otomotif lainnya yang diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Memiliki harga yang relatif mahal, Injeksi merupakan teknologi terbaru hasil penelitian yang panjang dengan berbagai kelebihannya sehingga jelas harga motor injeksi akan lebih mahal dibandingkan jenis motor lainnya.
  • Spare part yang mahal, Bukan hanya harga keseluruhan motor injeksinya yang mahal namun beberapa kompoenen spare part juga lebih mahal dibandingkan dengan spare part pada sepeda motor bermesin karburator.
  • Mudah rusak jika bahan bakan jelek atau sering kehabisan, Kualitas bahan bakar bagi motor injeksi harus diperhatikan dan tidak boleh sering mengalami kehabisan bahan bakar karena dapat mempengaruhi  kinerja dari fuel pump terutama pada sistem injeksi motor generasi pertama.
  • Kurang cocok untuk dimodifikasi, Komponen motor yang rumit dan sangat bergantung pada sistem kelistrikan menjadikanya sangat sulit untuk dimodifikasi pada saat ini namun ada kemungkinan kedepannya sudah dapat dimodifikasi.
  • Sangat bergantung kepada perangkat kelistrikan, Munculnya permasalahan pada kelistrikan dari sepeda motor injeksi dapat menganggu kinerja ECM serta proses injeksi dan menyebabkan motor kurang tenaga bahkan tidak dapat difungsikan dengan optimal

Kelemahan motor injeksi yang dijelaskan pada uraian diatas akan lebih terlihat ketika proses perawatan motor injeksi tidak dilakukan dengan benar bahkan terkesan asal dan dibiarkan tanpa adanya proses perawatan. Setiap motor injeksi yang tidak dirawat dengan baik akan menghasilkan beberapa efek samping terutama pada komponen mesin. Berikut ini beberapa efek samping motor injeksi yang tidak mendapatkan proses perawatan yang benar dari pemiliknya.

  1. Bahan bakar lebih boros

Efek samping motor injeksi tanpa proses perawatan yang pertama adalah kebutuhan bahan bakar yang lebih banyak. Banyaknya kebutuhan bahan bakar tersebut dapat disebabkan oleh kondisi dimana komponen mesin mengalami beberapa kondisi bermasalah sehingga tenaga yang dibutuhkan akan lebih besar untuk proses pembakaran  sehingga campuran bahan bakar juga akan semakin banyak untuk menghasilkan tenaga yang dibutuhkan tersebut. Perawatan motor injeksi yang tidak baik dan terkesan asal asalan bahkan dibiarkan ini merupakan salah satu penyebab motor boros.

Sponsors Link

  1. Kerusakan fuel pump dan injektor

Sistem motor injeksi membutuhkan pompa bahan bakar atau fuel pump yang berfungsi menyalurkan bahan bakar ke dalam ruang pembakaran dari tangki bahan bakar. Pompa tersebut terdiri dari komponen utama berupa dinamo yang membutuhkan proses pendinginan dari bahan bakar sepeda motor. Jika sepeda motor injeksi sering tidak diperhatikan terkait kualitas dari bahan bakar dan jumlahnya maka kinerja pompa akan lebih berat ketika jumlah bahan bakar sedikit karena tidak ada proses pendinginan yang terjadi. Kinerja yang berat serta adanya kotoran yang dapat berkembang menjadi kerak karat akibat tidak adanya perawatan, dapat menjadi pemicu kerusakan pompa bahan bakar sepeda motor injeksi.

  1. Menimbulkan kondisi yang tidak nyaman pada pengendaranya

Efek samping motor injeksi yang tidak pernah dirawat dengan baik oleh pemiliknya adalah kondisi motor yang tidak dapat digunakan sebagai mana mestinya serta adanya penurunan kualitas kinerja dari sepeda motor injeksi tersebut sehingga menjadikan pengendara mendapatkan kualitas berkendara yang buruk serta sering menimbulkan kondisi yang tidak nyaman dan rentan terhadap kerusakan mendadak di jalan ketika motor injeksi tersebut digunakan. Untuk menghindari kondisi mogok atau masalah teknis mendadak pada sepeda motor injeksi tersebut maka selalu perhatikan proses perawatannya.

Sponsors Link

  1. Resiko mesin rusak lebih besar

Efek samping sepeda motor injeksi yang tidak mendapatkan proses perawatan yang benar selanjutnya adalah meningkatkan resiko mesin untuk mengalami kerusakan menjadi lebih besar. Efek samping ini tidak akan dirasakan secara langsung namun dapat muncul seiring dengan bertambahkan usia pakai dari sepeda motor injeksi tersebut. Kondisi ini terjadi karena mesin sepeda motor dipaksakann untuk berkerja lebih berat tanpa adanya proses perawatan yang benar dan berarti, jika kondisi ini dibiarkan terus menerus maka dapat memperbesar resiko kerusakan mesin sepeda motor bahkan menjadi salah satu penyebab motor turun mesin.

Itulah beberapa kondisi efek samping yang dapat muncul pada motor injeksi tanpa adanya proses perawatan yang benar. Untuk menghindari berbagai masalah teknis tersebut maka selalu lakukan cara merawat motor injeksi yang benar dan selalu perhatikan juga proses penggunaan sepeda motor injeksi yang baik serta benar.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis

Leave a Reply