Sponsors Link

5 Efek Samping Klep Motor Bocor yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Melihat perkembangan kebutuhan transportasi yang ada di masyarakat dapat diketahui bahwa sarana transportasi umum yang tersedia di berbagai kota bahkan pada kota kota besar masih sangat minim baik secara jumlah maupun dalam hal fasilitas serta pelayanannya. Kondisi tersebut menjadikan banyak diantara masyarakat yang lebih memilih memiliki serta menggunakan kendaraan pribadi untuk memenuhi kebutuhan sarana transportasi dalam setiap aktivitas sehari hari. Diantara beberapa pilihan kendaraan pribadi, sepeda motor merupakan jenis kendaraan bermotor yang paling banyak diminati dan sangat populer.

ads

Beberapa kelebihan sepeda motor seperti harganya yang relatif terjangkau, mudah pengoprasiannya, hanya membutuhkan sedikit lahan parkir, serta dapat dihandalkan untuk bermanuver pada jenis jalanan sempit maupun jalanan yang dipenuhi kemacetan khas kota kota besar di Indonesia. Dengan populernya sepeda motor tersebut menjadikan berbagai macam atau jenis motor di seluruh dunia dapat dengan mudah di temui di jalanan besar. Berbagai jenis motor tersebut dihadirkan untuk memenuhi berbagai macam selera konsumen yang berbeda satu sama lain.

Dibalik populernya sepeda motor sebagai sarana tranportasi pribadi, ada fenomena yang sering kali sangat diabaikan oleh pemilik kendaraan sehingga menyebabkan munculnya berbagai macam masalah teknis baik besar maupun kecil. Sebagian besar pemilik kendaraan sering abai terhadap cara merawat motor matic maupun motor jenis lain yang baik dan benar sehingga menyebabkan beberapa kondisi tertentu yang sangat merugikan. Dalam artikel ini, hargamotor.co.id akan membahas mengenai satu permasalahan yang sering tidak dipahami dapat memberikan efek samping besar yakni kondisi dimana klep motor mengalamoi bocor.

Klep motor atau yang lebih sering dikenal juga dengan nama katub merupakan bagian atau komponen mesin yang merupakan sebuah valve yang bersifat dinamis dan terpasang pada kepala silinder. Klep pada mesin tersebut umumnya terdiri atas dua bagian yakni klep in dan klep ex.

Fungsi klep in motor adalah untuk membuka dan menutup pintu saluran gas yang berasal dari karburator dan akan masuk ke ruang bakar atau silinder, sedangkan klep ex berguna untuk untuk membuka dan menutup gas buang. Klep dapat mengalami masalah yakni klep motor bunyi saat mesin panas dan dapat menjadi bocor sehingga menimbulkan beberapa dampak pada mesin motor. Berikut ini efek samping klep motor bocor yang sebaiknya diperhatikan oleh para pemiliki kendaraan sepeda motor.

  1. Busi menjadi cepat mati

Efek samping klep motor bocor yang pertama adalah dapat membuat busi menjadi cepat mati jauh lebih cepat dari seharusnya meskipun busi merupakan salah satu diantara spare part motor yang sering diganti. Kondisi busi yang cepat mati tersebut didapatkan karena ketika klep motor bocor maka komposisi campuran bensin dan udara pada ruang bakar tidak optimal akibatnya busi menjadi kesulitan untuk mematik gas bakar sehingga menjadi basah karena campuran bensin yang tidak terbakar. Busi merupakan salah satu spare part motor yang sering rusak dan membutuhkan pengantian.

  1. Kompresi mesin menjadi bocor

Salah satu kondisi yang pastinya akan langsung dirasakan akibat bocornya klep motor adalah keadaan dimana kompresi mesin menjadi bocor. Kebocoran kompresi ini menyebabkan pencampuran bensin dan udara menjadi tidak optimal dan dapat membuat motor kurang tenaga. Kondisi rusak atau bocornya klep pada mesin motor dapat membuat performa motor menjadi menurun bahkan menjadikan motor tidak dapat hidup sama sekali.

Sponsors Link

  1. Proses pembakaran pada mesin tidak optimal

Kondisi klep motor yang bocor menyebabkan udara dapat masuk atau keluar dengan mudah tanpa adanya pengaturan. Udara yang dapat masuk dan keluar dengan mudah tersebut menjadikan pencampuran bahan bakar dan udara yang dibutuhkan pada proses pembakaran menjadi tidak optimal. Kondisi tidak optimalnya pencampuran bahan bakar tersebut pasti juga akan berdampak pada proses pembakaran sehingga tenaga yang dihasilkan atau jauh berkurang dari kondisi normal sebelumnya sehingga menjadikan motor kurang tenaga.

  1. Oli motor merembes keluar mesin

Kondisi lainnya yang juga dapat menjadi dampak atau efek dari bocornya klep motor baik itu klep motor in maupun ex yakni keadaan dimana oli motor pada mesin dapat merembes keluar dari lubang bocornya klep tersebut. Oli motor yang merembes tersebut menjadikan jumlah oli yang terdapat pada mesin menjadi berkurang. Kondisi kurangnya oli mesin motor dapat menimbulkan dampat seperti beberapa komponen mesin menjadi aus bahkan dapat menyebabkan lengketnya berbagai komponen yang menjadikan mesin tidak dapat berfungsi baik secara keseluruhan maupun sebagian saja.

Sponsors Link

  1. Ruang bakar dan permukaan piston menjadi cepat kotor

Udara yang tidak terkontrol akibat kondisi klep motor yang bocor menyebabkan bagian ruang pembakaran menjadi mudah kotor yang dapat berpengaruh pada performa dari mesin sepeda motor tersebut. Selain itu kondisi bocornya oli juga berperan untuk membuat kotor bagian komponen mesin lainnya.

Itulah beberapa efek samping klep motor bocor yang harus diperhatikan karena sebagian besar dapat menimbulkan kondisi yang lebih parah. Untuk mengatasi kondisi motor yang mengalami klep bocor tersebut maka sebaiknya segeralah bawa kendaraan tersebut ke bengkel untuk mendapatkan proses perbaikan yang tepat. Kondisi klep motor yang bocor dapat ditunjukan melalui beberapa tanda seperti sepeda motor susah dihidupkan, bahan bakar motor menjadi lebih boros dari sebelumnya, dan motor tidak bisa langsam.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis

Leave a Reply