Sponsors Link

Dampak Kebanyakan Isi Oli Pada Tenaga Motor Anda

Sponsors Link

Sobat semua pemiliki kedaraan bermotor roda dua  tentunya sudah mengerti akan peran dan fungsi oli pada kendaraan tersebut. Selain itu, bagi pemiliki kendaraan juga, penggantian oli ini merupakan hal yang wajib dilakukan karena mengingat fungsinya pada kendaraan anda cukup penting.

ads

Untuk itulah sobat, pastikan anda mengganti oli motor anda tepat waktu sesuai dengan petunjuk yang ada pada manual book yang terdapat pada motor anda yang merupakan bawaan dari pabrikannya, karena jika anda tidak mengganti oli tersebut tepat waktu, maka akan berpotensi atau bisa dikatakan akan berdampak buruk pada kendaraan anda secara keseluruhan.

Berbicara mengenai penggantian oli tersebut sobat, selain anda perhatikan waktu penggantian yang tepat, maka anda juga harus memperhatikan jumlah oli yang ada ganti tersebut pada motor kesayangan anda.

Karena seperti yang sudah kita ketahui bersama, segala sesuatu tentunya mempunyai kapasitasnya sendiri sendiri, begitupun dengan oli pada motor anda. Karena jika anda kebanyakan mengganti atau menggunakan oli tersebut akan berdampak pada motor anda secara keseluruhan. Berikut ini ulasan selengkapnya untuk anda.

Dampak Kebanyakan Isi Oli Pada Tenaga Motor Anda

Pada umunya, secara normal poros engkol pada mesin kendaraan anda tidak akan terendam oleh bensin, sehingga gerakannya akan terbebas dari hambatan zat cair seperi oli tersebut. 

Namun pada saat anda mengisi oli tersebut kebanyakan, maka hal ini akan membuat poros engkol menjadi terendam oleh cairan oli tersebut sehingga akan memperlambat gerakan dari piston motor pada motor anda. Jika hal ini tejadi, maka tentunya akan berpengaruh pada tenaga motor anda yang sudah pasti akan menurun. 

Logikanya, pada saat anda berjalan pada daerah yang tergenang banjir, maka  bisa dipastikan langkah kita akan semakin berat. Nah sobat, hal ini juga tentunya akan berlaku pada poros engkol pada komponen mesin motor kendaraan anda. Jika hal ini terjadi, maka akan membuat tenaga pada motor anda menjadi lebih lambat.

Selain hal diatas sobat, ada beberapa hal dampak yang akan terjadi pada motor anda jika anda mengisi oli terlalu banyak, yakni sebagai berikut :

  • Mengganggu Kopling Basah

Pada motor transmisi manual pada umumnya akan dilengkapi dengan wet clutch atau yang sering disebut dengan kopling basah. Memang pada umummnya, kopling ini akan bekerja secara maksimal jika ia dibasahi atau direndam oleh oli.

Namun anda juga harus mengerti sobat, pada saat terendam secara berlebihan, maka akan menghambat kinerja dari kopling tersebut sehingga akan berpengaruh pada performa mobil anda secara keseluruhan.

  • Terjadi Penuruan Kualitas Oli

Memang terlihat agak tidak masuk akal, namun anda harus paham sobat jika anda mengisi oli terlalu banyak, maka akan menggenangi poros engkol sehingga akan berdampak pada penurunan oli tersebut.

Sponsors Link

Itulah ulasan dampak kebanyakan isi oli pada tenaga motor anda yang bisa penulis sajikan untuk anda pada postingan kali ini. Semoga ulasan tersebut bisa bermanfaat untuk anda yang sudah berkunjung dan membacanya. Kenali masalah yang terjadi pada motor anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mencoba cara yang penulis berikan. Sampai jumpa, salam otomotif.

Sponsors Link
, , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis

Leave a Reply