Sponsors Link

Ini Dia Dampak Busi Motor yang Diamplas

Sponsors Link

Bagi sobat otomotif, pastinya sudah tidak asing lagi dengan salah satu komponen penting yang ada di sepeda motor. Ya, komponen yang saya maksud adalah busi. Busi adalah komponen yang memiliki fungsi yang sangat penting bagi kendaraan roda dua, yakni memercikkan bunga api agar terjadi proses pembakaran dalam komponen mesin motor.

ads

Oleh karena itu, maka sobat harus selalu memperhatikan perawatan busi motor sobat. Namun, apakah sobat pernah mengamplas busi motor sobat untuk merawatnya? Apakah sobat tahu bahwa hal ini memiliki dampak bagi busi? Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai dampak busi motor yang di amplas.

Memang benar bahwa komponen busi motor memiliki fungsi yang amat penting bagi sepeda motor. Dengan adanya busi makan akan terjadi pembakaran pada mesin sehingga mesin bisa menghasilkan tenaga untuk menjalankan motor. Oleh karena itu, wajib hukum yang untuk sobat melakukan perawatan bagi busi motor sobat agar tetap bisa memberikan kinerja yang baik.

Jika kondisi busi baik maka akan memercikkan bunga api yang sempurna sehingga pembakaran di dalam ruang engkol pun menjadi sempurna pula. Dan jika terjadi pembakaran sempurna maka tenaga yang dihasilkan dari pembakaran tersebut juga memiliki kualitas yang baik.

Perlu sobat ketahui, bahwa untuk membersihkan busi sobat tidak harus memakai amplas. Mengapa demikian?  Apakah sobat tahu alasannya? Bukannya dengan amplas juga bisa membersihkan kotoran-kotoran atau kerak-kerak yang menempel di busi. Baiklah langsung saja, berikut adalah ulasan mengenai dampak busi motor yang di amplas, yaitu:

Jika menggunakan ampas maka akan mengikis elektroda busi

Dampak busi motor yang di amplas, yaitu bahwa dengan menggunakan amplas untuk membersihkan kerak dan kotoran yang menempel pada elektrodamalah akan mengikis bagian elektroda itu sendiri. Dan apabila hal ini terjadi maka dapat dipastikan jika busi sobat tidak akan berfungsi secara maksimal atau bahkan tidak dapat digunakan lagi.

Oleh karena itu, sebaiknya sobat memakai sikat gigi dan bensin saat ingin membersihkan busi dari kerak dan kotoran. Caranya adalah dengan menyiram busi sedikit demi sedikit sambil di sikat sampai bersih. Namun, perlu diingat bahwa sobat jangan sampai merendam busi dalam bensin.

Karena hal ini malah akan memperpendek usia busi karena dapat mengikis bagian elektrodanya. Jika sudah dibersihkan, kemudian keringkan busi menggunakan lap atau semprot dengan kompresor. Setelah itu, baru pasang kembali ke motor.

Nah, demikianlah beberapa ulasan mengenai dampak busi motor yang diamplasyang berhasil saya rangkum dalam artikel yang saya buat pada kesempatan kali ini. Terima kasih, karena sobat telah meluangkan waktu sejenak untuk membaca artikel saya ini.

Semoga melalui artikel ini saya dapat memberikan sedikit manfaat bagi sobat dan juga melalui artikel ini semoga dapat menambah wawasan serta pengetahuan bagi sobat. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati sobat dalam penulisan artikel ini. Sampai jumpa pada kesempatan berikutnya, yaitu pada artikel-artikel saya selanjutnya. Sekian dan terima kasih. Salam hangat dari penulis.

Sponsors Link
, , , , ,
Oleh :
Kategori : Masalah Teknis

Leave a Reply