Categories
Masalah Teknis

6 Ciri Ciri Laher Motor Rusak dan Cara Memperbaikinya

Sepeda motor merupakan satu diantara moda transportasi yang paling populer dan banyak digunakan baik secara pribadi maupun untuk kedaraan umum yang mulai tumbuh besar melalui layanan ojek online dari grab, uber, dan gojek. Saking populernya kendaraan roda dua ini, hampir semua jenis sepeda motor di seluruh dunia bisa dengan mudah ditemui mengaspal di jalanan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan beberapa orang yang hobi dengan jenis sepeda motor tertentu.

Tingginya minat orang untuk memiliki sepeda motor sering kali tidak dibarengi dengan pengetahui akan proses perawatan sepeda motor yang sesuai porsinya. Kondisi perawatan yang tidak baik ini seringkali menimbulkan beberapa permasalahan baik kondisi motor yang kurang tenaga maupun beberapa masalah teknis lainya. Diantara beberapa permasalahan, masalah pada bagian roda bagian bawah merupakan masalah yang paling banyak terjadi saat ini. Salah satu masalah yang akan dijelaskan oleh hargamotor.co.id yang dapat sering terjadi yakni laher motor atau bearing. Munculnya masalah pada laher motor ini dapat disebabkan oleh beberapa hal diantaranya :

  • Sering digunakan pada jalanan yang rusak

Bearing atau laher motor merupakan komponen yang memiliki fungsi sebagai  penjaga antara poros roda agar tidak langsung bergesekan dengan rumah poros pada velg. Kondisi bearing yang sering digunakan untuk melalui jalanan yang berlubang dan juga sering menerkam lubang di jalanan.

  • Proses perawatan yang terabaikan

Proses perawatan sepeda motor yang diabaikan bukan hanya menyebabkan mesin motor kurang tenaga ataupun masalah teknis pada mesin lainnnya, namun juga dapat menyebabkan masalah pada komponen lain yang salah satunya adalah pada laher motor atau bearing.

  • Usia kendaraan

Usia kendaraan juga merupakan salah satu penyebab terjadinya masalah pada komponen laher motor. Kondisi permasalahan tersebut terjadi karena adanya usia sparepart terutama bearing yang sudah mulai aus, adanya tumpukan kotoran serta mengalami kerusakan. Usia kendaraan yang tidak cukup juga merupakan salah satu penyebab stang motor berat sebelah.

Beberapa penyebab yang diuraikan diatas merupakan hal yang dapat menjadikan bearing atau laher motor mengalami permasalahan secara teknis. Adanya permasalahan pada komponen laher atau bearing motor ini dapat ditunjukan melalui beberapa tanda berupa ciri ciri laher motor rusak yang diuraikan pada bagian dibawah ini.

  1. Munculnya suara kasar

Ciri ciri laher motor rusak yang pertama adalah munculnya suara suara kasar pada bagian roda depan yang seharusnya tidak muncul ketika komponen tersebut dalam kondisi yang normal. Suara suara kasar dan gemelutuk ini akan muncul terutama ketika sepada motor dipacu untuk melawati jalanan yang berlubang maupun bergelombang. Suara gemuruh tersebut juga akan terdengar semakin keras ketika kecepatan pacu kendaraan ditingkatkan, Laju kecepatan yang dapat memunculkan suara gemuruh yang lebih jelas ini biasanya didapatkan ketika sepeda motor dipacu pada kecepatan minimal 40 km/jam.

  1. Kemudi yang terasa bergetar

Kerusakan pada bearing atau laher motor merupakan salah satu kondisi yang juga menjadi penyebab stang motor terasa goyang atau bergetar. kondisi teresebut dikarenakan bearing motor yang rusaka merupakan salah satu penyebab stang motor bergetar.

  1. Kemudi yang berat

Ciri lainnya yang juga merupakan gejala awal sebagai tanda adanya masalah pada bearing sepeda motor adalah kondisi dimana stir sepeda motor menjadi berat terutama kondisi stang yang berat sebelah dan sangat sudah diajak untuk berbelok serta mengalami keadaan yang tidak stabil. Kondisi stir atau kemudi yang berat ini pasti dapat menyebabkan sepeda motor tidak dapat digunakan secara optimal.

  1. Stir atau kemudi yang oblak

Rusaknya laher atau bearing pada sepeda motor biasanya terjadi pada bagian pelor bearing yang aus. Apabila kondisi tersebut dibiarkan maka dapat menyebabkan bearing menjadi longgar sehingga stir tidak akan stabil berdiri pada dudukannya. Karena stang yang tidak stabil tersebut maka akan terasa oblak ketika digunakan. Untuk membantu mengatasi masalah stir oblak ini maka bearing harus diganti meskipun bukan merupakan sparepart sepeda motor yang sering rusak.

  1. Roda depan yang bergoyang

Ciri ciri laher motor rusak selanjutnya adalah munculnya kondisi dimana roda depan terasa bergoyang dan tidak stabil. Kondisi tersebut dipicu karena kerusakan pada bearing atau laher motor yang merupakan penahan poros roda dapat mengakibatkan kelongaran sehingga roda depan akan terasa seperti bergoyang.

  1. Besarnya clerance antara bola baja dan race ball

Clarance atau jarah bersih antara bola baja dan race ball pada bagian roda depan yang cukup besar merupakan salah satu ciri dari rusaknya komponen laher pada sepeda motor. Kondisi clearance yang besar tersebut akan ditunjukan dengan kondisi sepeda motor yang tidak stabil ketika digunakan. Kondisi besarnya clearance ini merupakan keadaan yang dapat terjadi pada hampir semua sepeda motor dengan usia pakai serta frekuensi pemakaian yang besar,

Beberapa kondisi dan tanda yang menjadi ciri laher atau bearing dari sepeda motor yang rusak tersebut dapat menjadi pertanda bahwa sepeda motor harus segera diperbaiki selain itu juga kondisi laher yang rusak tersebut tidak dapat diremehkan, Laher motor yang rusak akan sangat mempengaruhi kinerja dari kemudi sepeda motor sehinggaharus segera diperbaiki agar tidak menimbulkan bahaya bagi mereka yang menaikinya.

Leave a Reply