Sponsors Link

6 Cara Mengatasi Motor Mio Kurang Tenaga yang Benar

Sponsors Link

Motor matic merupakan salah satu jenis motor yang dimana penjualannya sampai saat ini sangatlah di gandrungi masyarakat di indonesia. Motor matic yang seharusnya di peruntukan oleh kaum hawa ini dikarena penjualannya sangat baik di indonesia sehingga para produsen sepeda motor seperti yamaha mengeluarkan motor khusus matic pria.

ads

Yamaha mio adalah salah satu motor penggagas sepeda motor matic , jadi penggunaan di awalnya motor mio sangatlah banyak dijalanan indonesia bahkan motor bekas dari motor mio ini masih banyak di perjual belikan , akan tetapi apabila kita ingin membeli motor mio bekas lebih baik tahu Tips Membeli Motor Matic Bekas.

Dengan memiliki motor matic seperti motor mio,bukan tidak mungkin kita akan mendapatkan beberapa trouble atau masalah pada bagian mesin motor itu sendiri seperti Penyebab Oli Bocor Pada Motor Matic . Selain oli motor yang bocor , kendala yang paling utama dalam motor matic adalah kurang bertenaganya motor. Kendala tersebut mungkin lebih sering di alami oleh beberapa motor lama .

Akan tetapi apabila kita menemukan motor kita yang kurang tenaga akan lebih baik kita tahu Cara Mengatasi Motor Mio Kurang Tenaga. oleh karena itu disini akan kita bahas bagaimana cara mengatasinya. untuk penanganannya sendiri apabila kita kurang paham terhadap mesin motor , lebih baik kita percayakan kepada bengkel kita.

Cara Mengatasi Motor Mio Kurang Tenaga

Sebuah kendala yang memang sedikit menjengkelkan apbila motor yang kita kendarai kurang tenaga ,terutama apabila kita di hadapi dengan rute perjalanan yang menanjak.  ketika motor kurang tenaga , ada beberapa kendala yang memang bisa kita hadapi ataupun bisa kita perbaiki sendiri.

Berikut adalah cara mengatasinya :

1. Periksa Busi motor

Cara mengatasi yang pertama adalah dengan mengecek busi motor kita yang termasuk dalam Cara Merawat Motor Matic. spare part yang satu ini adalah salah satu yang terpenting dalam sepeda motor ,karena apabila busi motor kita kurang fit atau kurang baik , akan membuat motor kita susah dinyalakan bahkan mati.

Dalam kasus cara mengatasi motor mio kurang bertenaga ini , ada kemungkinan juga berasal dari faktor busi motor kita yang dimana masa pemakaiannya sudah habis alias expire. Busi yang sudah expire atau dalam bahasa otomotifnya adalah sudah aus  , akan menggangu jalannya proses pembakaran yang ada di dalam ruang bakar. karena salah satu fungsi utama dari busi ini sendiri adalah untuk memercikan api guna membantu pembakaran yang akan di proses di ruang bakar.

Cara mengatasi busi motor yang aus ini adalah dengan cara menggantinya dengan busi yang baru. Mungkin banyak yang bilang lebih baik menggunakan amplas untuk membersihkan ujung busi agar busi bisa bekerja lagi dengan sempurna ,  akan tetapi perlu di ingat bahwa proses meng amplas busi tidak akan bertahan lama untuk memperbaiki kondisi busi yang sudah aus. Lama kelamaan busi yang kita amplas akan mengalami hal serupa lagi.

2. Cek filter udara 

Untuk tahapan yang kedua yang harus kita cek adalah filter udara pada motor mio kita.  filter udara mungkin adalah salah satu sparepart yang terkadang tidak kita ketahui atau malah kita lupakan dalam perawatan motor mio kita. Padahal peran dari filter udara ini sendiri sangatlah fital yaitu untuk membantu menyaring udara yang akan masuk kedalam ruang bakar mesin motor mio kita.

Sponsors Link

Dalam tahapan menyaring udara , sudah di pastikan akan ada banyak kotoran-kotoran polusi udara  yang akan menempel pada filter udara motor kita.  Oleh karena itu cobalah cek filter udara motor kita , bisa jadi penyebab motor kita kurang bertenega karena asupan udara yang masuk ke ruang bakar kurang dari takaran seharusnya karena terhalang oleh debu atau kotoran yang menempel di rongga -rongga filter udara.

Cara mengatasinya adalah dengan coba membersihkannya menggunakan blower ataupun kompressor yang akan meniup debu atau kotoran yang menempel pada filter udara kita.  Apabila umur dari filter udara kita memang sudah lama, lebih baik ganti dengan filter udara yang baru agar asupan udara ke ruang bakar akan stabil. dan untuk perawatan secara rutin penggantian paling tidak setiap 25 ribu kilometer atau bersihkan setiap servis rutin.

ads

3. Jarum Skep

Cara Mengatasi Motor Mio Kurang Tenaga nomor tiga adalah Stelan dari jarum skep. Untuk bagian ini perlu dilakukan penyetelan ulang .  yang menjadi bagian karburator karena tenaga mesin yang optimal bisa juga disebabkan karena jarum skep yang setelannya tidak pas atau tidak tepat, kalau tidak kurang mengerti lebih baik bawa kepada yang ahlinya kebengkel terdekat agar hasil benar-benar dengan maksimal.

Dalam penyetelan jarum skep,biasanya akan di bedakan antara spesifikasi motor standart dengan modifikasi yang dimana akan menggunakan skep aftermarket yang mungkin daya kuatnya akan berbeda. Oleh karena itu konsultasikan atau berikan stelan jarum skep sesuai dengan spesifikasi atau kebutuhan dari motor mio kita.

4. Karburator

Untuk kasus ini biasanya di alami oleh motor mio tahun tua yang dimana sistem penyupply bahan bakarnya di atur menggunakan karburator. Dikomponen karbu terdapat proses terjadinya campuran bahan bakar dengan udara yang dimana di perlukan untuk pembakaran yang akhirnya proses tersebut menghasilkan tenaga yang fungsinya untuk menggerakan sepeda motor. Stelan yang kurang baik antara proposi dari udara dan bahan bakar yang kurang pas menjadisalah satu faktor penyebebnya.

Cara mengatasinya yaitu  lebih baiknya perlu ditune-up agar menjaga kemaksimalan kinerja motor. Proses tune up pun di usahakan kita mengerti perbandingann yang di perlukan mesin motor kita. Apabila kira kurang mengerti bisa minta bantuan teman atau bengkel.

Selain itu juga terkadang ada juga dalam satu kasus bahwa karbu motor kita sudah tidak bisadisetting karena beberapa hal , yang membuat kita harus mengganti karbu motor kita dengan yang baru.

5. Knalpot

Meski jarang orang menyangkut pautkan antara knalpot dengan tenaga motor  , akan tetapi faktor knalpot memang secara tidak langsung mempengaruhi tenaga motor. Apabila knalpot yang terhalang dengan kotoran hasil pembuangan dari kotoran bisa juga penyebab tenaga motor menjadi kurang tenaga oleh sebab itu ada perlunya dengan perawatan pada bagian knalpot setidaknya kurang lebih 5-6 ribu kilometer selain dibersihkan performanya pun bisa terjaga. Agar kotoran didalam knalpot terbuang bisa dengan cara membakar knalpot agar kotoran terbuang yang sering pada motor 2 tak yang emang kotoran yang terlalu banyak.

ada beberapa cairan ataupun cara untuk membersihkan knalpot yang bisa kita coba seperti menggunakan cairan ataupun lainnya.

6. Kampas kopling

Cara Mengatasi Motor Mio Kurang Tenaga yang terakhir adalah kampas kopling. Untuk mengecek kampas koplingitu sendiri hampir sama dengan Cara Merawat Mesin Motor Matic.

Perlu di ketahui sebelumnya bahwa  fungsi kampas kopling adalah sebagai penjaga transmisi motor agar stabil. kampas kopling yang pemakainnya sangat sering dipakai lama-kelamaan akan menjadi habis dan jika kampas habis biasanya tenaga akan berkurang karena transmisi tidak stabil disaat dikendarain.

Sponsors Link

untuk harga kampas kopling itu sendirit biasanya lumayan tapi kalau penggunanya pemakaiannya tepat pastinya kampas motor tersebut tetep awet juga. Berikut di atas adalah beberapa Cara Mengatasi Motor Mio Kurang Tenaga yang dimana hampir sama dengan Penyebab Motor Kurang Tarikan.

intinya dari sini adalah kita sebagai pemilik kendaraan sudah seharusnya menjaga dan merawat motor kendaraan kita agar tetap fit. Apabila kita sudah merawatnya dengan baik dengan cara service berkala bukan berarti kita akan terhindar dari penyakit ini. karena faktor ke ausan dari sparepart juga mempengaruhi jadi penyebab motor mio kita kurang tenaga.

Selain itu juga ada faktor modifikasi yang berlebihan ataupun kurang tepat , sehingga settingan yang kita buat atau bengkel kita buat kurang tetap yang akan membuat tarikan ataupun tenaga motor kita kurang baik.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 17th, November 2017 / 09:15 Oleh :
Kategori : Masalah Teknis

Leave a Reply