Sponsors Link

6 Cara Mengatasi Motor Kehabisan Oli Mesin

Sponsors Link

Oli merupakan sebuah komponen pada kendaraan yang berperan vital. Oli juga salah satu komponen yang terpenting, walaupun pada masalah oli tidak terlalu membahayakan. Salah satu komponen yang bisa mendinginkan mesin dari suatu gesekan-gesekan yang terjadi adalah oli. Bahkan oli juga merupakan komponen yang mampu melindungi dinding celah, mulai dari komponen yang satu hingga ke komponen lainnya.

Oli ini memegang peran terpenting pada saat mesin motor bekerja atau performa dari mesin motor sendiri. Mungkin semua pengendara pernah mengalami masalah dengan oli motor yang sudah habis atau mungkin masalah oli lainnya. Pasti ini sangat mengganggu pada pengendara motor, karena dapa mengurangi performa mesin motor dan bisa saja terjadi suara dari mesin akan lebih kasar.

Bahkan masalah-masalah lainnya yang sering terjadi bisa membuat motor anda terasa aneh dan tidak nyaman saat berkendara. Maka dari itu, kita harus sering mengecek oli motor dan selalu menggantikan oli yang baru agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Mungkin anda bertanya, lebih baik mengganti oli mesin sendiri atau jasa bengkel? Memang pilihan yang seperti ini sangat membingungkan. Mungkin anda bisa melihat dari beberapa sudut pandang, agar anda bisa mengetahui bagaimana cara anda mengganti oli sendiri dengan cara orang lain yang sedang mengganti oli.

Memang setiap komponen mesin motor akan bermasalah ketika kehabisan oli mesin. Makanya kami sarankan anda harus memperhatikan keadaan oli pada mesin motor, apalagi oli sedang bermasalah, misalnya oli pada mesin motor bocor atau mungkin anda memakai oli yang berlebihan. Ini juga akan mendapatkan dampak buruk penggunaan oli motor berlebihan. Itulah sebabnya kalau kami katakan bahwa “anda harus memperhatikan dengan keadaan oli pada mesin motor”. Berbicara soal oli yang bermasalah, kini kami akan membahas cara mengatasi motor kehabisan oli mesin. Berikut ulasannya.

1. Perhatikan Seal Klep

Tempat Seal ini berada di bagian sela antara sambungan pada mesin motor. Pada seal usahakan anda membawa motornya harus perlahan-lahan, jangan sampe seal ini rusak atau robek. Ketika ini terjadi, besar kemungkinan akan terjadi motor anda kebocoran oli mesin. Bahkan seiringnya berjalan waktu akan mengakibatkan oli pada mesin motor cepat habis.

Anda bisa melihat atau memeriksa dari bagian sambungan pada mesin yang kelihatan sealnya. Nah apabila pada bagian yang seperti itu terdapat suatu rembesan, ini berarti pada seal klep akan mengalami kebocoran. Solusi dari masalah ini anda harus menggantikan yang baru dan untuk menggantinya motor anda harus melakukan penurunan mesin.

2. Mengganti Oli Secara Rutin

Memang pada poin yang satu ini anda harus perhatikan baik-baik, pada umumnya masalah ini hanya sepeleh karena cuma mengganti oli saja. Namun bagi anda yang jarang mengganti oli atau tidak sesuai dengan aturan yang sudah diterapkan oleh motor anda sendiri, maka ini akan membuat kerusakan pada komponen-komponen lainnya. Bisa saja ini akan terjadi motor keluar asap pada knalpot.

Mungkin anda bertanya kapan saya harus mengganti oli? Bagi anda yang ingin mendapatkan hasil maksimal pada beberapa bagian mesin motor dan agar dapat terlindungi dengan cara sempurna, kami sarankan anda mengganti oli pada setiap 2500 hingga 3000 km penggunaan. Mungkin bisa jadi tergantung dari pemakaian dengan jarak tempuh yang dimiliki motor itu sendiri.

3. Memilih Oli Yang Sesuai Dengan Mesin

Memilih oli yang sesuai memang perlu diperhatikan, jangan sampai memilih oli yang kekentalan dan juga jangan sampai memilih oli yang encer. Sehingga bisa saja ini akan menyebabkan oli keluar dari knalpot dan cara mengatasinya sangat mudah. Bahkan ini bisa terjadi kehabisan oli pada mesin motor.

Maka dari itu anda harus memilih oli yang sesuai dengan mesin atau mungkin standar pabrikannya. Perlu diperhatikan, ketika anda ingin mengganti oli pastikan anda mengetahui kebutuhan dari jenis oli motormu. Untuk mengetahui jenis oli motor, anda bisa membaca pada buku pedoman yang sudah disediakan oleh pabrik.

4. Perhatikan Ring Piston

Perhatikan pada ring piston, apabila ring piston rusak atau aus, satu-satunya anda harus lakukan adalah pemeriksaan, “Apakah rusak atau tidak”. Namun masalah ini anda bisa menghindar dengan selalu melakukan perawatan seperti anda melakukan cara membersihkan mesin motor.

Bahkan ketika ring piston aus, hal ini bisa menyebabkan pelumas oli mesin pada bagian cylinder tidak akan tersapu dengan sempurna. Dengan begitu ini akan mengakibatkan oli pada mesin motor habis dan dapat merusakan bagian komponen-komponen lainnya.

Bahkan ini juga sering terjadi kalau kita salah memasang ring pistonnya. Sehingga dapat mengakibatkan oli pada mesin akan berkurang dengan seiring waktu juga akan habis. Bahkan pemasangan ring piston yang tidak tepat akan membuat pencampuran oli yang tidak terbakar atau bisa dibilang campuran yang tidak sempurna.

5. Pertahankan Oli Agar Tidak Menguap

Oli yang berbentuk cairan pada dasarnya akan mudah menguap ketika terkena panas. Terjadinya oli yang menguap biasanya karena didapati kemacetan dalam perjalanan. Suhu yang terdapat pada kemacetan bisa dibilang cukup tinggi, sehingga hal ini akan membuat oli menguap. Bahkan ini bisa terjadi oli akan mengalami kebocoran. Nah bagi anda yang tidak ingin terjadi hal yang demikian pastikan setiap pagi anda harus memanasi motor anda.

6. Pemakaian Harus Hati-Hati

Mengendarai motor dengan tidak berhati-hati atau ugal-ugalan, ini akan membuat motor anda kehabisan oli. Dikarenakan mengendarai motor secara gaspol atau full to full, stop go dan juga pemakaian throttle tidak beraturan bisa membuat oli motor anda akan habis pada mesin. Makanya kalau anda ingin memakai motor, jangan membawa motor secara kasar, karena pemakaian motor yang kasar akan membuat mesin menjadi panas dan penguapan oli, serta lama kelamaan oli habis pada mesin motor.

Memang cara sederhana merawat motor agar umurnya panjang harus diperlukan. Sehingga motor kita terasa nyaman walaupun sudah lama pemakaian. Pada saat motor kita kerusakan pada mesin, anda juga harus mengecek komponen mesin yang rusak. Cara mengecek mesin motor juga sangat mudah untuk dilakukan oleh kita semua, seperti anda sedang melakukan cara mengatasi motor kehabisan oli mesin.

Sponsors Link
, , , ,

Leave a Reply