Sponsors Link

7 Cara Mengatasi Aki Tekor Motor Matic dengan Mudah

Sponsors Link

Semua jenis sepeda motor di seluruh dunia memiliki komponen mesin motor, meskipun setiap motor berbeda tetap saja pada mesin motor memiliki kesamaan pada bagian komponen-komponen. Memang pada umumnya komponen mesin motor mudah rusak kalau pemakaian yang tidak berhati-hati. Maka dari itu kita harus merawat motor kita dengan cara pemakaian dirubah, mungkin anda yang sering membawa motor dengan ugal-ugalan, lebih baik mulai sekarang anda haru merubah membawa motor dengan benar jangan ugal-ugalan. Apalagi anda yang sedang mengendarai motor matic, karena motor matic bisa dibilang komponen motor matic yang paling mudah rusak.

Dari sekian banyak jenis sepeda motor matic terbaik di Indonesia, tetap saja motor matic akan cepat rusak pada saat anda memakai motor matic dengan cara ugal-ugalan. Makanya cara merawat motor matic agar awet harus diperhatikan, sehingga motor matic anda tidak mudah rusak dan kelihatan awet walaupun motor matic anda sudah lama digunakan. Bagi anda yang ingin motor matic tetap awet, anda harus mengecek semua komponen-komponen mesin motor. Untuk cara mengecek mesin motor sangat mudah dilakukan bagi anda semua, baik seorang pemula maupun yang sudah berpengalaman atau sudah ahli dibidang otomotif pada motor. Hal ini hanya di ingatkan saja agar motor matic anda tetap awet.

Nah berbicara soal kerusakan pada komponen motor matic kali ini kami akan membahas soal “cara mengatasi aki tekor motor matic”. Memang kerusakan-kerusakan motor memiliki penyebab, sehingga motor kita sering mengalami kerusakan, begitu juga dengan motor matic. Apalagi kerusakan pada bagian komponen aki motor, baik motor matic, motor kopling manual maupun otomatis, motor sport dan berbagai jenis motor lainnya. Ini merupakan salah satu hal yang dibenci oleh dengan kerusakan aki motor yang seperti ini, apalagi akinya hingga tekor. Untuk anda yang ingin mengatasi motor matic anda agar tidak tekor pada bagian aki, langsung saja mengikuti beberapa cara yang ada dibawah ini.

1. Jangan Memaksa untuk Menyalakan Starter Elektrik, Jika Motor Susah Dihidupkan

Mungkin hal ini sering terjadi kalau aki pada motor matic kita cepat tekor, karena pada saat kita menyalakan motor selalu kita memaksa menyalain motor dengan starter elektrik. Bagi anda yang sering melakukan hal yang seperti langsung saja diganti, pada umumnya kita boleh memakai starter elektrik. Namun perlu diingatkan saja kalau anda yang ingin menyalakan motor dengan menggunakan starter elektrik jangan dipaksakan apabila motor susah dihidupkan.

Ini dikarenakan penggunaan starter elektrik, akan membuat aki motor matic akan tekor. Starter elektrik menggunakan aki untuk sumber dayanya, sehingga akan mempermudahkan bagi kita ketika mau menghidupkan motor matic.

2. Nyalakan Motor Minimal 15 Menit Untuk Setiap Hari

Didalam bagian aki motor terdapat 2 plat, dimana kedua plat terdiri dari kutub positif dan juga negatif yang merupakan bahan dasar PbCa atau kalsium timbal. Plat ini akan bekerja sebagai cairan sulfat yang mengantarkan suatu energi listrik ke komponen-komponen listrik lainnya, dengan bantuan dari Kiprok atau semacam Diode Bridge. Lama kelamaan, pada sel-sel yang terdapat didalam aki menjadi mati atau tekor, nah untuk cara mengatasinya anda harus melakukan pemanasan pada motor kurang lebih selama 15 menit untuk setiap harinya.

Perlu diingatkan saja bagi kita semua, kalau ingin memanasin motor, lebih baik menggunakan starter manual daripada starter elektrik dan usahakan jangan dipaksakan kalau motor susah hidup ketika anda menggunakan starter elektrik

3. Jangan Menggunakan Aksesoris yang Berlebihan

Memang pada umumnya kita selalu menggunakan aksesoris yang berlebihan, misalnya menggunakan lampu yang berlebihan sebagai hiasan, memakai audio dan mengganti klakson pada motor yang tidak sesuai dengan pabrikan. Sehingga motor kita lebih terlihat keren dan menarik yang berbeda dari motor lainnya. Hal-hal ini akan membuat aki menjadi tekor atau mungkin cepat habis dan hingga motor menjadi rusak.

4. Periksa Ketinggian Cairan Pada Aki

Pastikan pada poin ini anda harus memerikasa bahwa air aki harus seimbang atau setara dan jangan berlebihan. Nah apabila sudah mendakati batas bagian bawah, langsung saja menambahkan suatu cairan air suling (H2O) ke bagian dalam aki dan hingga hampir tersentuh batas atas. Walaupun cairan pada aki sejenis asam sulfat, namun anda harus menggunakan air suling, sehingga proses pada pengisian aki dapat menjaga suatu derajat kesamaan cairan didalam aki.

5. Perhatikan Pada Saat Anda Mematikan Motor, Pastikan Kalau Kelistrikan Lainnya Dalam Keadaan Mati

Memang ketika kita mematikan motor langsung dibiarkan begitu saja dan kita tidak memastikan kalau listrik motor lainnya masih menyalah. Maksudnya hal ini untuk bertujuan pada saat kita menyalakan mesin motor, akan menyebabkan konsumsi aki lebih besar. Kebiasaan yang seperti ini akan membuat aki pada motor matic kita menjadi tekor. Dikarenakan penggunaan komponen pada kelistrikan motor yang secara bersamaan, ini akan membuat tegangan listrik tidak stabil pada saat menyalakan mesin motor matic kita.

6. Periksa Terminal Aki

Untuk cara mengatasi yang berikutnya anda harus mengkuatkan untuk bagian baut pada terminal aki, usahakan tidak terjadi kebocoran dibagian sambungan aki atau suatu katup pada terminal aki. Kebocoran pada aki sangat berbahaya untuk motor kita dan keselamatan dalam mengendarai motor. Terutama pada cairan sulfat yang dapat dapat terjadi mengikis logam atau korosi dan sangat mudah terbakar.

Selain itu jika ada kelonggaran di salah satu bagian aki, ini akan membuat kerak putih sehingga dapat menghalangi proses jalannya aliran listri pada aki. Apabila anda memeriksanya dan terdapat kerak putih, langsung saja anda melakukan pembersihan dengan cara menggunakan air panas serta sikat kawat untuk membersihkannya. Hal-hal ini akan membuat aki tekor pada motor matic.

7. Periksa Keadaan Kiprok Pada Aliran Arus Listrik Ke Aki

Komponen bekerja sebagai regulator yang menyuplai listrik menuju bagian dalam aki pada saat proses pengisian. Nah apabila ada indikasi yang membuat lampu pada motor redup atau lampu motor tidak menyala dengan sempurna. Ini kemungkinan besar Kiproknya yang rusak, bahkan hal ini akan menyebabkan aki tekor, solusinya anda harus cepat mengganti Kiprtok yang rusak dengan yang baru.

Itulah pembahasan mengenai “cara mengatasi aki tekor motor matic”. Semoga dengan pembahasan ini, anda bisa mendapatkan pencerahan, agar motor anda tidak menjadi tekor dan kerusakan. Kami juga sarankan anda harus memperhatikan aki dan jangan sampai tekor, aki yang tekor atau rusak berarti warning bagi keselamatan kita.

Sponsors Link
, , , ,

Leave a Reply