Categories
Masalah Teknis

4 Cara Memperbaiki Starter Motor Mio dengan Mudah

Tingginya minat masyarakat dalam mengendarai motor dan sebagai pilihan moda transportasi yang paling banyak digunakan, menjadi sepeda motor merupakan alat transportasi paling populer saat ini. Memiliki sepeda motor merupakan kewajiban yang harus dipenuhi minimal satu sepeda motor dalam satu keluarga. Hal ini didasatkan pada kelebihan sepeda motor dibandingkan dengan alat transportasi lainnya seperti mobil dan kendaraan umum.

Berbagai keunggulan sepeda motor tersebut diantaranya adalah kemudahan penggunaan, praktis, harga yang terjangkau, bentuk ramping dan kecil, kemampuan melewati berbagai kondisi jalan baik sempit maupun jalanan yang sangat macet, serta kebutuhan lahan parki yang kecil. Namun dibalik keunggulan atau kelebihan sepeda motor tersebut, tetap ada beberapa kekurangan yang perlu diperhatikan.

Sama halnya dengan sepeda motor lainnya yang juga pasti akan mengalami masalah teknis, Yamaha Mio yang didapuk sebagai salah satu dari 10 sepeda motor matic  terbaik di Indonesia ini pastinya juga dapat mengalami masalah teknis. Salah satu masalah teknis yang dapat muncul dan sangat menganggu pengendaranya adalah starter motor mio. Permasalahan starter ini menjadikan motor tidak akan berfungsi Untuk itu, perlu cara memperbaiki starter motor mio yang bermasalah yang dijelaskan pada beberapa bagian di bawah ini.

  1. Pahami penyebab motor Mio tidak dapat distarter.

Beberapa penyebab motor tidak bisa distarter harus dipahami terlebih dahulu sebelum melakukan perbaikan. Cara mengecek mesin motor diperlukan untuk mengetahui komponen mana saja yang mengalami kerusakan sehingga mesin motor matic Mio tidak mau distarter. Berikut beberapa penyebab motor matic mio tidak mau distarter:

  • Starting CVT bermasalah

Kondisi bagian starting CVT yang kotor dan banyak endapan dapat menghambat kinerjanya pada saat distarter sehingga mesin tidak dapat menyala baik dengan starter elektrik maupun manual. Kondisi ini biasanya ditandai dengan munculnya suara kasar pada saat tombol starter pada motor ditekan. Pembiaran terhadap kotoran dan endapan pada starting cvt dapat menyebabkan motor sama sekali tidak dapat distarter.

  • AKI dalam kondisi mati

Kondisi aki yang mati dapat mempengaruhi berbagai komponen kelistrikan pada motor dan dapat menimbulkan starter pada motor tidak berfungsi karena tidak adanya pasokan listrik dari aki. Kondisi aki yang tekot atau mati seringkali disebabkan oleh Cara merawat AKI motor yang salah. Untuk mencegah agar aki tidak mati, perawatan dan pengecekan berkala perlu dilakukan untuk memastikan kondisi aki. Untuk aki cair, selalu perhatikan batas cairan aki agar tidak berada dibawah garis normal dan tambahkan cairan aki bila dibutuhkan. Untuk aki kering, periksakan kondisi aki pada bengkel resmi yang ada.

  • Regulator rectifier rusak

Regulator rectifier atau yang secara umum disebut sebagai kiprok merupakan komponen yang berfungsi sebagai penstabil tekana dan arus yang masuk kedalam aki. Arus yang masuk kedalam aki perlu diatur agar tidak terlalu besar maupun terlampau kecil. Rusaknya regulator recifier akan mempengaruhi besaran arus yang masuk kedalam aki. Besaran arus yang tidak terkontrol menyebabkan AKI mudah soak  dan rusak. Kondisi tersebut dapat menjadi penyebab motor mio tidak bisa distarter.

  • Kerusakan dinamo

Dinamo merupakan komponen penting pada starter elektrik yang dapat menjadi pemicu motor matic mio tidak bisa distarter elektrik. Namun kerusakan pada dinamo ini sangat jarang terjadi dan apabila memang rusak, ada dua komponen dinamo yang menjadi penyebab yakni putusnya kumparan yang ada pada dalam dinamo serta adanya keausan pada sikat.Pemeriksaan kerusakan pada dinamo ini dapat dilakukan setelah dua upaya tersebut diatas diakukan terlebih dahulu.

  • Busi motor sudah tidak berfungsi

Busi merupakan komponen mesin yang berfungsi sebagai pengantar perapian bahan bakar kedalam mesin. Kondisi busi yang tidak berfungsi dapat menyebabkan mesin tidak mendapatkan pasokan dari bagian perapian bahan bakar sehingga motor tidak bisa distarter. Busi yang tidak berfungsi dapat dipicu oleh adanya air, berkarat, serta umur busi yang sudah sangat tua.

  1. Lakukan perbaikan pada komponen yang bermasalah.

Setelah melakukan cara mengecek mesin motor yang benar untuk mengetahui komponen mana saja yang mengalami kerusakan atau masalah teknis sehingga menyebabkan starter motor Yamaha Mio tidak bisa berjalan. Dalam proses perbaikan ini, sebaiknya anda mempercayakan kepada teknisi berpengalaman yang ada di bengkel bengkel resmi Yamaha. Memilih teknisi berpengalaman Yamaha tersebut penting agar proses perbaikan dapat dilakukan dengan baik.

  1. Lakukan beberapa langkah pencegahan.

Setelah berhasil mengatasi Sepeda Motor Matic Yamaha Mio yang mengalami kerusakan pada starter, langkah selanjutnya adalah melakukan pencegahan agar kondisi tersebut tidak terulang. Cara merawat motor matic perlu dilakukan dengan baik karena sebagian besar kerusakan pada komponen starter disebabkan oleh kondisi perawatan motor yang tidak baik.

  1. Gunakan Starter Manual.

Alternatif lain sebagai Cara memperbaiki starter motor mio adalah dengan menggunakan starter manual apabila hanya starter elektrik saja yang mengalami kerusakan. Cobalah menstanrdart tengah kan motor lalu mulai menstater manual motor matic Yamaha Mio anda dengan cara mengengkolnya serta menarik gas sampai penuh dan menekan rem. Menstarter manual motor matic Mio ini harus dilakukan dengan perlahan karena biasanya akan lebih susah dan membutuhkan tenaga lebih dibandingkan dengan starter elektrik.

Cara memperbaiki starter motor mio diatas merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam proses mengembalikan fungsi starter motor sehingga motor dapat digunakan secara optimal.

Leave a Reply